Sponsors Link

7 Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi Paling Aman dan Cepat Sembuh

Sponsors Link

Amandel memang penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Pada dasarnya amandel memiliki beberapa kategori atau tingkatan yakni ringan (T1), sedang (T2), berat (T3), dan sangat berat (T4). Penderita amandel harus pintar memilih konsumsi makanan serta menjaga asupan gizi seimbang agar peradangan tidak semakin memburuk.

ads

Selain bahaya amandel kita juga harus mewaspadai rasa sakit dan gejala yang menyertai penyakit amandel sendiri yang dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Seringkali orang beranggapan bahwa satu-satunya cara untuk mengobati amandel adalah dengan melakukan operasi. Padahal saat ini sudah banyak cara mengobati amandel tanpa operasi.

Pada kesempatan kali ini tim dokterdarah akan membahas berbagai cara mengobati amandel tanpa operasi yang wajib diketahui penderita amandel. Apa sih yang bisa kita lakukan agar amandel kita bisa pulih? Simak ulasan berikut ini.

1. Istirahat

Ya, cara ini terdengar sepele dan tidak masuk akal. Namun segala jenis penyakit dapat sembuh jika salah satu komponen ini terpenuhi. Istirahat yang cukup dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kondisi tubuh yang drop ketika menderita suatu penyakit termasuk peradangan amandel.

2. Minuman hangat dan madu

Minuman hangat yang ditambahkan dengan madu dipercaya dapat membantu pembengkakan pada amandel. Anda juga dapat menambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi untuk menambah efek penyembuhan. Vitamin C sendiri sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan dibutuhkan dalam jumlah tinggi agar proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat.

3. Ramuan herbal

Ramuan herbal sudah dipercaya selama ratusan tahun oleh penduduk Indonesia untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, cara mengobati amandel tanpa operasi salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal seperti campuran jahe, gula, dan juga madu. Ramuan ini dapat mengurangi rasa sakit amandel serta meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Larutan garam

Cara mengobati amandel tanpa operasi lainnya adalah dengan menggunakan garam yang dilarutkan pada air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur secara rutin setiap hari.

5. Diet makanan lunak dan makanan pedas

Melakukan diet makanan merupakan salah satu cara jitu mengobati amandel tanpa operasi. Beberapa makanan penyebab amandel yang menjadi pantangan penderita amandel sangat perlu dihindari. Selain itu anda juga wajib memperbanyak konsumsi makanan lunak.

Cara ini memang tidak serta merta mengobati amandel tapi secara perlahan dan bertahap dapat mempercepat proses penyembuhan. 


6. Konsumsi sayuran dan buah

Buah-buahan dan juga sayuran dipercaya meningkatkan imunitas serta mempercepat proses penyembuhan dari radang amandel. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti nanas, jambu biji, mengkudu baik langsung maupun dibuat jus sebagai obat amandel yang ampuh.

7. Menerapkan pola hidup sehat dan seimbang

Pola hidup merupakan langkah utama jika anda ingin mengobati berbagai penyakit. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang maka hal tersebut dapat menjadi obat ampuh bagi penyakit amandel anda. Rajin berolahraga serta memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit dapat meningkat.

Cara di atas sering juga disebut sebagai cara konservatif dalam mengobati amandel. Yakni suatu cara pengobatan dengan menghindarkan obat-obat, zat kimia termasuk operasi. Penderita amandel juga perlu mempelajari tentang ciri-ciri amandel kronis, penyebab infeksi amandel, dan tanda-tanda amandel kambuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan