Sponsors Link

4 Cara Mengobati Hidung Berdarah Akibat Pukulan Paling Efektif

Sponsors Link

Pukulan yang keras di area hidung bisa berakibat parah, mulai dari terjadi pendarahan hingga membuat tulang hidung patah atau mengalami deviasi septum. Jika dibiarkan, tentu saja hal ini akan berakibat fatal bagi kondisi hidung dan sistem pernapasan ke depannya. Oleh karena itu, Anda perlu secepatnya mengetahui cara mengobati hidung berdarah akibat pukulan.

ads

Tidak usah jauh-jauh ke rumah sakit, pendarahan di hidung yang ringan ternyata bisa diatasi dengan cara mengatasi hidung berdarah akibat benturan berikut ini.

  1. Air Larutan Garam

Selain bisa mengatasi sakit gigi, air larutan garam ternyata bisa mengobati hidung yang berdarah akibat benturan. Anda hanya memerlukan ½ sdm garam dan air hangat yang diaduk hingga larut. Ambil beberapa tetes dan masukkan ke dalam lubang hidung. Air larutan garam akan membasahi permukaan dalam hidung dan mencegah terjadinya perpecahan pembuluh darah lebih lanjut.

  1. Larutan Bawang Putih

Bau menyengat dari bawang putih tidak hanya mampu digunakan sebagai cara mengatasi hidung berair karena penyebab flu di pagi hari.  Anda hanya perlu membuat larutan dari bawang putih—bisa dengan menumbuknya atau memblender hingga halus.

Dengan bantuan kapas, simpan larutan tersebut di area lubang hidung untuk 3 hingga 4 menit. Jika Anda malas menghaluskan bawang, cukup iris saja lalu tempelkan di sekitar lubang hidung.

  1. Kompres Es Batu

Meski terbuat dari air putih tanpa campuran apapun, es batu bisa menjadi bahan dalam cara mengobati hidung berdarah akibat pukulan yang ampuh. Keampuhan tersebut berasal dari suhu dinginnya. Suhu dingin diketahui mampu memperkecil pembuluh darah sehingga pendarahan yang terjadi bisa diminimalisasi.

Namun jangan gunakan es batu ketika flu karena es batu tidak mampu menjadi cara melegakan hidung tersumbat karena flu. Es batu juga bisa meredakan rasa sakit karena tahapan operasi sinus dan mengatasi pembengkakan di area hidung sebagai bagian dari bahaya operasi polip hidung.

  1. Teh Lada Merah

Mengonsumsi lada merah dalam jangka panjang ternyata bagus untuk kesehatan tekanan darah. Dalam kaitannya dengan cara mengobati hidung berdarah, lada merah ternyata mampu menjadi stimulus bagi sel dalam  mengatur tekanan dari darah yang keluar karena pembuluh darah yang pecah.


Lada merah bisa Anda konsumsi dengan cara dijadikan teh jika dicampurkan ke dalam satu gelas air hangat. Konsumsi teh lada merah tidak lama setelah hidung Anda berdarah karena pukulan. Teh lada merah mampu menghentikan pendarahan dengan cepat.

Mendapatkan pendarahan di hidung memang agar riskan, namun tidak lagi jika Anda sudah mengetahui cara mengobati hidung berdarah akibat pukulan. Akan tetapi jika pukulan yang terjadi cukup keras hingga membuat telinga Anda membutuhkan alat pendengaran telinga yang bagus untuk mampu mendengar dengan jelas, sudah barang tentu Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Untuk terhindar dari segala efek samping akibat pukulan yang sudah membuat hidung Anda mengalami pendarahan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengecek kesehatan hidung Anda secara general.

Beberapa keluhan lain yang muncul harus Anda waspadai barangkali Anda mengalami sinusitis atau rhinitis. Perbedaan sinusitis dan rhinitis bisa Anda tanyakan langsung pada dokter terkait.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan