Sponsors Link

15 Cara Mengobati Hidung Tersumbat untuk Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Hidung tersumbat adalah indikasi bahwa sistem pernapasan Anda sedang menghadapi sebuah masalah. Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, baik kualitas udara hingga gejala dari penyakit tertentu. Akan tetapi, alasan utama kenapa hidung Anda bisa tersumbat adalah karena adanya peradangan yang terjadi pada selaput lendir. Melalui lendir yang diproduksi cukup banyak, segala hal yang mengganggu sistem pernapasan Anda akan dikeluarkan.

ads

Jika Anda mengalami hidung tersumbat dan kerap menjadi penyebab flu di pagi hari, ada banyak jenis pengobatan alami yang bisa Anda lakukan di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan. Beberapa cara mengobati hidung tersumbat  yang ampuh untuk anak-anak dan dewasa adalah sebagai berikut.

  1. Tetap terhidrasi

Peradangan yang terjadi pada selaput lendir Anda mengindikasikan tingginya produksi zat kimia bernama histamin di dalam tubuh. Dehidrasi akan membuat kinerja zat histamin menjadi lebih sibuk karena harus mengatur cairan di dalam tubuh. Dengan demikian, penanganan terhadap radang menjadi minimal. Oleh karena itu, menjaga tubuh untuk tetap tehidrasi meringankan kinerja zat histamin dan membuat peradangan pada selaput lendir Anda mereda.

  1. Perbanyak minum air putih hangat

Oleh karena itu untuk membuat Anda tetap terhidrasi, ada baiknya Anda harus memperbanyak minum air putih. Jangan asal minum air ketika hidung tersumbat, beberapa kondisi yang menyebabkan hidung Anda tersumbat seperti peradangan pembuluh darah bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih hangat. Memperbanyak minum air putih hangat juga bisa meredakan penyebab mimisan pada anak.

  1. Perbanyak minum jeruk nipis hangat

Tidak cukup dengan mengonsumsi air putih hangat, Anda juga bisa menambahkan campuran lain dalam minuman yang Anda konsumsi. Jeruk adalah pilihan yang tepat karena vitamin C merupakan bagian dari antioksidan yang bisa memperkuat sistem imun Anda dari gangguan radikal bebas yang membuat hidung tersumbat.

  1. Menggunakan semprotan saline

Membuat semprotan saline juga cukup sebagai cara melegakan hidung tersumbat karena flu dan penyebab lainnya. Saline adalah larutan garam. Untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan segelas air dan beberapa sendok teh garam. Untuk digunakan dalam cara mengobati hidung tersumbat, larutan saline biasnya dihirup oleh hidung dan dikeluarkan kembali menggunakan lubang hidung yang berbeda.

  1. Berkumur dengan air garam hangat

Selain digunakan sebagai cairan semprot, Anda juga bisa memanfaatkan larutan garam sebagai obat kumur. Air garam cukup ampuh dalam mengusir segala jenis bakteri di mulut dan pangkal tenggorokan atau kerongkongan. Air garam hangat mampu turut mengobati hidung yang tersumbat.

  1. Mengompres hidung dengan air hangat

Jika Anda tidak berani atau belum pandai menyemprot salin, maka cara paling mudah untuk mengobati hidung tersumbat adalah dengan melakukan kompres. Anda bisa menggunakan handuk atau kain katun yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat dan diperas hingga tidak menetes. Setelah itu, Anda kompres di area hidung. Kompres air hangat bisa melebarkan pembuluh darah serta mengencerkan cairan di hidung.


  1. Menghirup uap air (steaming) murni

Alternatif lain dari semprotan saline adalah dengan melakukan steaming menggunakan uap air murnit. Anda bisa menggunakan air sumur yang dipanaskan. Biarkan air mendidih dan tempatkan ke dalam baskom. Anda bisa melakukan steaming dengan waktu yang tidak terlalu lama yakni sekitar 5 hingga 10 menit atau sampai sumbatan di hidung Anda berkurang. Cara ini juga ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan bersin yang terus menerus.

  1. Menghirup uap air (steaming) dengan campuran minyak kayu putih

Selain steaming menggunakan air murni, cobalah untuk menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Minyak kayu putih memiliki aroma yang bisa mempercepat proses mengobati hidung tersumbat Anda. Jika steaming yang Anda lakukan hanya terbatas pada kepala dan tubuh bagian atas, usahakan untuk menutup mata karena uap air yang bercampur dengan minyak kayu putih akan membuat mata Anda perih.

  1. Menghangatkan badan

Kinerja steaming dalam mengobati hidung tersumbat Anda adalah dengan memberikan suhu yang hangat ke area pernapasan. Selain dengan steaming, Anda juga bisa melakukannya dengan cara berendam di dalam air hangat. Selain mendapatkan uap yang baik untuk pernapasan, seluruh tubuh Anda juga akan merasa hangat. Jika Anda sedang mencari cara menyembuhkan alergi hidung, menghangatkan bada bisa menjadi salah satu alternatif.


  1. Memijat hidung

Cara mengobati hidung tersumbat yang lainnya adalah dengan memijat hidung pelan-pelan. Pijatan di dalam hidung akan merangsang sumbatan yang terdapat di dalamnya mencair dan terbuang dari saluran hidung Anda. Pijatlah dengan lembut hingga membuat hidung Anda lebih nyaman dan lapang. Memijat hidung juga ampuh sebagai cara menghilangkan bersin yang terus menerus.

Selain 10 cara mengobati hidung tersumbat di atas, masih banyak cara lainnya yang bisa Anda praktikkan. Jika dilakukan dengan benar dan berkala maka hidung tersumbat yang Anda derita akan segera di atas. Apalagi hidung tersumbat biasanya menjadi gejala dari penyakit flu yang merepotkan. Ada pun cara-cara alternatif tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Membuang cairan ingus
  2. Tidur dengan bantal tambahan
  3. Mengonsumsi makanan pedas
  4. Mengonsumsi bawang putih
  5. Mandi air hangat

Meski cara mengobati hidung tersumbat cukup banyak, mencegah hidung tersumbat adalah pilihan terbaik agar Anda bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan nayaman. Oleh karena itu, tetaplah menjaga kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan Anda dengan rutin memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT jika mendapatkan keluhan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung