Sponsors Link

16 Cara Mengobati Polip Paling Aman dan Ampuh

Sponsors Link

Polip adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya daging lembut jinak didalam sebuah selaput, mengandung banyak cairan dan berwarna bening. Polip bisa terjadi di mana saja, seperti di rahim, telinga, tulang pipi, namun di Indonesia paling sering ditemukan yaitu polip hidung. Adapun selaput polip dapat membesar dan semakin membengkak bila tidak diberikan penanganan dan pengobatan yang tepat dan cepat. Polip hidung biasanya tumbuh di sekitar tepi hidung atau sinus. Saat masih berukuran kecil, banyak orang yang meremehkan polip karena memang tidak ada timbul masalah yang menganggu.

ads

Namun saat polip membesar dan meradang akibat bakteri, virus, jamur yang telah terinfeksi, maka polip akan menutup saluran pernapasan Anda. Sehingga biasanya gejala penyakit ini seperti susah bernafas, hidung tersumbat, sakit kepala, pilek, mendengkur saat tidur, hilangnya indra penciuman, keluarnya cairan dari hidung dengan jumlah yang banyak, dan lain lain. Polip sendiri lebih sering diderita oleh usia remaja menuju dewasa. Tapi tidak menutup kemungkinan, usia muda dapat terkena penyakit ini apabila tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. baca juga : Penyebab Polip Hidung , Cara Mencegah Polip di Hidung)

Tips Mengobati Polip Secara Alami

Cara penyembuhan yang paling ampuh dan cepat adalah melakukan operasi. Tapi ternyata ada banyak cara alami yang bisa anda coba pula untuk mengobati polip. Cara mengobati polip secara alami antara lain :

  1. Makanan Kaya Vitamin C

Jika anda terkena polip, anda bisa mulai mencoba atau membiasakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah jeruk, dan lain lain. Karena menurut penelitian, didalam buah yang memiliki rasa masam terkandung kandungan zat seperti viaflavonoid. Kandungan zat ini berguna dalam menjaga keseharan pembuluh darah dan jaringan dalam hidung anda. Dengan mengkonsumsi Vitamin C untuk tubuh, akan memberikan sistem kekebalan tubuh yang baik pula. Sehingga tubuh tidak rentan atau tidak mudah diserang berbagai bakteri, virus, dan jamur yang membawa bibit penyakit.

  1. Jeruk Nipis & Jahe

Siapa sangka anda bisa mengobati penyakit polip menggunakan bahan bahan yang mudah anda temukan sehari hari. Cara pembuatan ramuan menggunakan jeruk nipis dan jahe sangatlah mudah. Cukup peras beberapa buah jeruk, kemudian campurkan dengan pototngan jahe yang sebelumnya telah dihaluskan. Aduk sejenak dan pastikan tercampur rata. Anda juga bisa menambahkan daun sirih, daun serai, dan cengkeh. Rebuslah semua bahan itu hingga mendidih, maka setelah disaring maka ramuan tersebut siap diminum. Sebaiknya buat dan minumlah ramuan ini disetiap pagi hari dan rutinkan selama kurang lebih satu bulan.

  1. Temu Putih dan Sambiloto

Bahan – bahan herbal memberikan banyak manfaat, baik dalam segi kecantikan maupun kesehatan, seperti temu putih dan sambiloto. Tidak banyak orang yang tahu bahwa kedua bahan ini dpaat digunakan untuk mengobati penyakit polip yang sedang meradang. Cara pembuatan obat dari kedua bahan ini juga sangatlah mudah. Rebuslah semua bahan dengan air sebanyak 700 cc, kemudian biarkan hingga air tersisa kurang lebih 300 cc saja. Lakukan penyaringan dan biarkan hingga dingin. Minumlah hasil saringan dari rebusan itu sebagai teh. Minumlah ramuan teh ini sedikitnya 2x dalam sehari.


  1. Kunyit dan Benalu Teh

Cara pembuatan ramuan dari kunyit dan benalu teh tidak jauh berbeda dengan membuat ramuan ramuan dari bahan herbal lainnya. Cucilah bahan terlebih dahulu hingga benar – benar bersih, kemudian rebuslah hingga mendidih. Saring ramuan tersebut, dinginkan. Lalu minumlah dengan rutin sebanyak 2x dalam sehari. Kunyit adalah salh satu rempah yang memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat bermanfaat menjadi filter dan penangkal dari mikororganisme jahat yang membawa virus, bakteri dan jamur sumber penyakit. simak pula :

  1. Daun Cemara dan Daun Sirih

Daun cemara dan daun siri adalah salah satu daun dari tumbuhan yang bisa anda gunakan utnuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Caranya mudah, anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun cemara dan daun sirih. Selain itu, siapkan pula beberapa ruas kunyit. Cuci semua bahan menggunakan air yang bersih. Kupas dan parut hingga halus beberapa ruas kunyit tersebut. Setelah parutan kunyit siap, rebuslah hingga mendidih semua bahan ramuan yang telah dipersiapkan. Buka penutup panci dari rebusan tersebut dan gunakan uapnya untuk mengobati polip anda. Anda bisa menghirup sebanyak-banyaknya uapnya. Cara ini adalah salah satu cara terampuh untung mengurangi pembengkakan polip atau mencegah polip kembali meradang dan semakin membesar.

  1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Brokoli adalahs alah satu sumber alami yang didalamnya terkandung senyawa sulforaphane yang berguna untuk kesehatan ussu dan juga menghambat pertumbuhan polip. Cara kerja brokoli adalah menghancurkan bibit sel penyakit polip yang biasa disebut apoptonis. Sebaiknya jika anda ingin mencoba mengkonsumsi brokoli sebagai obat polip, hindari untuk memasaknya dengan cara apapun itu. Karena menurut ahlis, dengan memasak brokoli anda bisa merusak sekitar 90% kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Oleh karena itu, cukup cuci dengan bersih saja potongan brokoli tersebut, kemudian makanlah dalam keadaan mentah.

  1. Dandelion

Dandelion yang kaya akan Vitamin C dan nutrisi bisa anda gunakan sebagai solusi untuk mengobati polip. Dandelion bekerja dengan cara mengurangi jumlah lendir yang didalam hidung anda. Adanya produksi lendir berlebih didalam hidung tentunya akan menganggu saluran pernapasan dan membuat anda susah untuk mencium bau.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh yang biasa digunakan oleh sebagian orang sebagai bahan antiseptic ini ternyata bisa pula mengobati polip. Minyak pohon the sendiri selain mengandung antioksidan, juga sebagai anti inflamasi, anti bakteri yang dapat melarutkan lendir sehingga tidak menumpul didalam sinus atau rongga hidung. Selain itu kadungan zat dekongestan juga bermanfaat mengurangi pembengkakkan dan mengurangi jumlah air dalam rongga hidung.

  1. Bawang Putih

Sudah banyak yang mengetahui tentang khasiat dan manfaat dari bawang putih sendiri. Bawang putih yang memiliki antioksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi ini bisa anda cincang dengan halus. Kemudian dikonsumsi dengan air putih saja. Mungkin akan terasa aneh rasanya, namun cara ini dipercaya dapat menyembuhkan polip anda secara ampuh dan cepat.

  1. Kunyit

Siapa sangka kunyit dapat mengobati polip. Anti inflamasi didalam kunyit berguna untuk melawan bakteri dan virus yang terinfeksi didalam tubuh, selain itu juga dapat menghentikan gejala pembengkakkan. Kunyit juga mengandung senyawa dekongestan. Untuk cara penggunaannya, cukup ambil 1 sendok teh bubuk kunyit kemudian larutkan bubuk tersebut didalam susu hangat. Anda bisa menggunakan segala macam varian susu dengan berbagai rasa. Minumlah ramuan ini di pagi hari dan malam hari sebelum hendak tidur.

  1. Paprika Merah

Sudah pernah mengkonsumsi paprika merah? Jika belum, sebaiknya anda bisa mulai mengkonsumsinya. Karena didalam paprika merah terkandung banyak betakaroten, lycopene, dan karotenoid. Selain itu terdapat pula senyawa N-acetylcysteine atau (NAC) yang berkhasiat sebagai pencegah kanker. Selain itu paprika merah juga dapat mengurangi pembengkakkan pada penyakit polip.

  1. Teh Herbal

Kenyataannya, bahan herbal memberikan begitu banyak manfaat. Hal ini dikarenakan bahan herbal lebih sedikit kemungkinan terkontaminasi zat kimia yang jahat dan tidak baik apabila dikonsumsi oleh tubuh. Anda bisa membeli di supermarket untuk mendapatkan berbagai macam teh herbal yang dijual, namun anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Anda bisa menggunakan berbagai tumbuhan hijau seperti daun dandelion atau ramuan dari air selada untuk gunakan sebagai bahan uatama dari teh herbal anda. Sebaiknya, pilihlah sayuran yang sudah biasa anda konsumsi sehari – hari, sehingga akan memudahkan anda dalam mengkonsumsi teh tersebut.

  1. Bunga Jerami

Jika ingin menggunakan bunga jerami untuk salah satu cara pengobatan penyalit polip, anda tmelakukan pilihan yang tepat. Tahukah anda bahwa uap dari bunga jerami memberikan sensasi hangat dan menyegarkan untuk saluran pernapasan terutama rongga hidung. Uap dari bunga jerami juga dapat ampuh mengusir bakteri, virus, dan jamur, yang terkurung dalma rongga hidung anda. Cara penggunaannya adalah ambil beberapa tangkai bunga jerami, cuci terlebih dahulu kemudian rebuslah didalam panci yang tertutup. Biarkan selama kurang lebih 3 menit dalma keadaan mendidih, lalu buka penutup pancinya. Terakhir, gunakanlah uapnya menjadi salah satu alat terapi. Anda bisa kapan saja melakukan metode pengobatan ini, namun beberapa ahli menyarankan untuk melakukannya sebelum dan setelah bangun tidur.

  1. Lobak dan Madu

Paduan antara lobak dan madu mungkin sedikit aneh bagi beberapa orang. Namun ternyata hal ini dapat berpengaruh besar pada kesembuhan penyakit polip yang anda derita. Anda hanya perlu menyiapkan kurang lebih sebanyak 200 gram lobak yang telah diparut hingga halus, kemudian siapkan pula 2 cangkir madu. Madu yang digunakan pun tidak ada batasan, anda bisa menggunakan madu dari merek mana saja. Setelah semua bahan tersedia, campurkanlah parutan halus lobat tadi dengan 2 cangkir madu. Aduklah secara perlahan hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu saringlah ramuan tersebut dan minumlah. Lakukanlah ini secara rutin, maka penyakit polip akan segera terobati dan tidak akan kembali lagi.

  1. Membilas Hidung

Saat mengalami penyakit polip terutama dibagian rongga hidung atau sinus, itu menandakan bahwa rongga hidung anda sering dalam keadaan yang tidak bersih. Terdapat banyak cairan yang didalamnya ada bakteri, virus, dan jamur yang menempel. Cara yang paling mudah adalah biasakan untuk membilas atau berkumur di hidung. Pastikan anda membilas menggunakan air yang bersih pula. Dengan metode yang sangat mudah ini, anda bisa secara langsung memaksa produksi lendir berlebih didalam hidung untuk keluar. Sehingga hal ini membuat hidung anda terasa tidak sepenuh biasanya dan mengembalikan sedikit demi sedikit fungsi dari hidung.

  1. Menahan Nafas

Cara terakhir yang juga bisa anda lakukan adalah dengan menahn nafas sejenak. Mungkin terlihat dan terdengar tidak masuk akl. Namun percayalah, hal ini ternyata sangat bekerja dala  proses penyembuhan penyakit polip. Anda bisa melakukan metode ini secara reguler. Cobalah untuk menahan nafas sepanjang yang anda bisa, dan  paling tidak lakukan ini selama 3x sehari. Hal ini dapat menahan pertumbuhan jaringan bakteri dan jamur yang terdapat didalam hidung anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan