Sponsors Link

10 Cara Mengobati Polip Tanpa Operasi Paling Manjur dan Efektif

Sponsors Link

Polip di hidung terjadi karena adanya pertumbuhan jaringan dalam rongga hidung. Polip sendiri sebenarnya tidak begitu berbahaya jika masih berukuran kecil, namun jika polip anda semakin membesar tentunya anda perlu ke dokter dan dokter biasanya menyarankan anda melakukan operasi. Akan tetapi masih banyak orang yang takut mendengar kata operasi, dan anda mungkin salah satunya. Meski demikian anda tidak perlu khawatir, 10 cara ini dapat anda lakukan untuk mengobati polip tanpa perlu melakukan operasi.

ads

Cara Mengobati Polip

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk cara mengobati polip tanpa operasi :

  1. Minum atau pakai obat yang mengandung kortikosteroid/steroid

Kortikosteroid atau lebih sering disebut steroid merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengurangi peradangan. Obat ini bentuknya bisa berupa semprotan (spray), tablet, suntikan maupun krim. Obat yang paling sering digunakan biasanya yang berbentuk semprotan (spray). Obat semprot tersebut dapat membantu mengurangi peradangan atau memperkecil ukuran polip anda. Jika obat berbentuk spray tidak berhasil mengurangi peradangan, anda dapat menggunakan obat yang berbentuk tablet atau suntikan. Obat yang mengandung kortikosteroid tidak dapat digunakan sembarangan karena menimbulkan efek samping jika digunakan tidak sesuai anjuran. Oleh sebab itu, anda perlu meggunakannya sesuai dengan resep dokter.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Makan-makanan yang mengandung antioksidan di dalamnya rupanya dapat membantu anda mengurangi ukuran bahkan menghilangkan polip secara alami. Kandungan antioksidan juga dapat melindungi anda dari kemungkinan adanya jaringan yang rusak di tempat polip anda tumbuh sebelumnya. Antioksidan dapat anda temukan dalam makanan-makanan seperti kacang-kacangan berwarna hitam dan merah, sea food, buah zaitun, juga buah berry. Selain makan-makanan yang mengandung antikoksidan, anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin A dan vitamin C untuk membantu mencegah polip muncul.

  1. Gunakan campuran tea tree oil dengan minyak esensial lain

Tea tree oil merupakan bahan alami yang dapat membantu anda untuk menyingkirkan polip sebab mengandung antiseptik, antibakteri, serta antijamur yang dikenal efektif membantu menghilangkan polip.  Meski demikian, tidak dianjurkan jika penderita polip langsung meneteskan cairan tea tree oil pada polip anda. Anda perlu mencampurkan tea tree oil dengan minyak esensial lainnya, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jarak (kastroli), atau minyak almond. Berikut cara mudah menggunakan campuran tea tree oil dengan minyak esensial lainnya untuk mengurangi ukuran polip anda.

  • Campurkan satu sendok teh minyak esensial pilihan anda (minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jarak (kastroli), atau minyak almond) dengan 5 tetes tea tree oil.
  • Kemudian masukkan ke dalam botol tetes agar mudah dicampur dan mudah digunakan.
  • Jika polip anda berada di tempat yang mudah dijangkau, anda dapat meneteskan campuran minyak tadi pada pembersih kuping yang bersih dan langsung mengoleskannya ke polip.
  • Jika polip anda berada di tempat yang sulit dijangkau, miringkan kepala anda ke belakang lalu teteskan satu atau dua tetes minyak campuran tadi masing-masing ke lubang hidung anda. Lakukan pengobatan ini satu sampai dua kali sehari.

Selain dengan botol tetes, anda juga dapat menyiapkan ramuan ini di botol spray atau semprot agar lebih praktis. Anda hanya perlu menyiapkan tea tree oil, air bersih, dan garam laut dan campurkan dengan takaran sebagai berikut.

  • 1 ons air bersih
  • 1/8 sendok teh garam laut
  • 1 tetes tea tree oil

Kemudian anda tinggal mencampur bahan-bahan tersebut dan meletakkannya ke dalam botol spray. Pastikan anda mengocok campuran tersebut sebelum menggunakannya.

  1. Hirup uap panas

Cara yang satu ini tentunya sangat mudah dilakukan karena anda dapat melakukannya di rumah. Mandilah dengan air hangat lalu hirup uapnya. Uap yang keluar dari air hangat tersebut bagus untuk menyembuhkan polip. Selain menghirup uap air hangat, anda juga dapat menghirup uap dari rebusan air bawang merah. Mengapa bawang merah? Bawang merah terkenal sebagai obat untuk menghilangkan mampet. Terlebih bawang merah mengandung senyawa belerang yang baik untuk mencegah bakteri dan infeksi jamur.

Anda hanya perlu mencincang bawang merah secukupnya lalu merebusnya kurang lebih 5 menit. Saat sedang merebus, jangan lupa untuk menghirup uap rebusan bawang merah tersebut. Setelah  5 menit, saring rebusan bawang merah dan konsumsi rebusan tersebut selama 2-3 kali sehari. Lakukan cara ini selama beberapa minggu dan lihat perubahannya.

  1. Minum air rebusan bawang putih

Tidak hanya bawang merah, bawang putih juga punya beragam manfaat yang baik untuk tubuh kita. Bawang putih mengandung antioksidan dan antibakteri yang tentu berkhasiat untuk menyembuhkan polip. Caranya sama seperti membuat campuran bawang merah sebelumnya. Anda hanya perlu merebus kemudian menyaring ramuan tersebut. Untuk hasil lebih baik, anda dapat langsung mengkonsumsi sebutir bawang putih.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel sangat cocok bagi orang yang mengalami masalah alergi. Seperti diketahui, salah satu akibat munculnya polip adalah karena inflamasi akibat alergi. Itu sebabnya cuka sari apel dapat membantu anda untuk menyembuhkan polip. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi cuka sari apel.  Ambil 2 sendok makan cuka sari apel dan campur dengan segelas air hangat. Untuk menambah rasa, anda dapat menambahkan satu sendok makan madu. Konsumsi campuran tersebut 2-3 kali sehari dan rasakan perubahannya.

  1. Jahe dan kunyit

Dua bumbu dapur yang satu ini dikenal luas baik bagi tubuh. Itu sebabnya anda dapat menggunakan dua bumbu dapur ini untuk membantu mengobati polip. Yang pertama anda dapat menggunakan jahe. Caranya pun sangat mudah dimana anda hanya perlu membuat minuman dengan bahan dasar jahe. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masukkan irisan jahe ke dalam air, lalu rebus sekitar 10 menit.
  • Saring rebusan jahe, kemudian konsumsi.
  • Anda dapat mencampur hasil rebusan jahe tersebut dengan madu atau jus lemon agar lebih nikmat.

Berbeda dengan jahe yang perlu direbus, mengobati polip dengan kunyit jauh lebih mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bubuk kunyit dan mencampurnya dengan air hangat. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur setiap harinya. Tidak hanya itu, anda juga dapat menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit pada susu hangat anda setiap pagi dan malam sebelum tidur. Hasilnya polip anda akan mengecil serta mengurangi rasa sakit.


  1. Gunakan campuran garam epsom dan air

Mengobati polip dengan menggunakan garam epsom penggunaannya hampir sama seperti cara mengobati polip dengan cuka sari apel. Anda hanya perlu mencampur satu sendok makan garam epsom dengan air hangat. Tunggu sampai garam larut dalam air hangat, kemudian simpan dalam botol berbentuk spray. Campuran air hangat dan garam epsom pun siap digunakan. Semprotkan cairan tersebut ke masing-masing lubang hidung untuk menghilangkan polip.

  1. Konsumsi minyak jarak (kastroli)

Sebelumnya telah dibahas campuran tea tree oil dan minyak jarak (kastroli) dapat membantu mengobati polip. Jika tea tree oil tidak dapat digunakan secara langsung pada polip dan harus dicampur dengan minyak esensial lainnya, minyak jarak dapat digunakan secara langsung  untuk mengobati polip. Minyak jarak membantu memperkuat imunitas tubuh sehingga tubuh mampu melawan bakteri dan virus dengan sendirinya. Cara mengobati polip dengan minyak jarak sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsi satu sendok makan minyak jarak setiap pagi sebelum makan. Mengkonsumsi minyak jarak dapat mengurangi ukuran polip anda bahkan mencegahnya kambuh lagi.

  1. Madu dan lobak

Campuran madu dan lobak ternyata juga dapat membantu anda mengobati polip. Lobak sepertidiketahui merupakan makanan yang dapat menyembuhkan polip sebab dapat membersihkan saluran hidung. Cara membuat campuran keduanya juga terbilang sangat mudah. Parut kira-kira 200 gram lobak,  lalu campurkan dengan madu, kemudian aduk hingga lobak dan madu tercampur rata. Selanjutnya anda hanya perlu mengkonsumsi satu sendok makan campuran tersebut setiap pagi dan malam hari.

, ,
Oleh :
Kategori : Polip