Sponsors Link

8 Cara Mengobati Radang Hidung Paling Cepat dan Ampuh

Sponsors Link

Radang selaput lendir hidung disebut juga sebagai rhinitis alergi. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan pada zat yang tertentu yang terhirup sehingga mengakibatkan gejala alergi. Penyebab kondisi ini biasanya adalah pohon, serbuk sari rumput, tungau debu, spora jamur serta ketombe hewan peliharaan.

ads

Kondisi radang hidung ini dapat menimbulkan beberapa gejala seperti hidung tersumbat, pilek, hidung gatal, bersin-bersin, sakit tenggorokan hingga sakit kepala. Bahkan disertai pula gejala mata berair atau bengkak, batuk kering, kelemahan, kelelahan dan lingkaran hitam di bawah mata. Berikut dijelaskan lebih lanjut cara mengobati radang hidung dengan aman dan cepat yang dapat Anda coba.

  1. Air Garam

Cara pertama untuk mengatasi radang hidung adalah mencuci hidung menggunakan air garam.  Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam dengan baking soda dalam 2 gelas air hangat. Gunakanlah nose bulb untuk menghirup larutan ini ke dalam lubang hidung dan biarkan larutan tersebut mengalir keluar melalui lubang hidung. Tiuplah hidung Anda secara perlahan untuk membuang sisa larutan atau lendir dan lakukan cara ini pada lubang hidung lainnya. Anda pun dapat melakukan cara ini hingga alergi hidung sembuh atau membaik. Air garam juga dapat Anda konsumsi sebagai cara mengatasi rhinitis alergi dan cara mengobati polip secara alami.

  1. Uap

Dengan menghirup uap secara teratur, saluran hidung dan lendir yang berlebihan bahkan iritasi dapat teratasi. Uap sangat membantu menyingkirkan gejala radang hidung seperti hidung tersumbat, bersin-bersin dan sakit tenggorokan. Caranya tuangkan air mendidih dalam sebuah wadah besar kemudian tambahkan minyak esensial seperti minyak kayu putih sebanyak 3-4 tetes. Setelah itu tutuplah kepala Anda dengan handuk dan condongkan di atas wadah tersebut. Hiruplah dalam-dalam uap tersebut selama 5-10 menit dan tiuplah hidung secara menyeluruh. Anda dapat menerapkan cara mudah hingga alergi hidung sembuh.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan kuat dan anti flamasi yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Rempah-rempah satu ini juga dapat meringankan gejala radang hidung seperti hidung tersumbat, mulut kering dan bersin-bersin. Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan madu masing-masing sebanyak 6 sendok makan kemudian simpanlah campuran ini dalam wadah tertutup. Konsumsilah ramuan ini sebanyak 1 sendok teh 2 kali setiap hari pada saat musim alergi tiba. Alternatif lainnya Anda dapat menambahkan kunyit pada 1 gelas susu hangat atan masukkan kunyit dalam masakan setiap hari.

  1. Bawang Putih

Kandungan kuersetin dan antihistamin alami dalam bawang putih dapat menyembuhkan radang hidung akibat alergi. Untuk mengobati radang hidung dengan bawang putih, Anda cukup mengunyahnya dalam keadaan mentah sebanyak 2-3 siung tiap hari. Selain itu, Anda pun dapat menambahkan bawang putih mentah maupun bawang putih bubuk dalam masakan untuk memerangi gejala radang hidung. Anda pun dapat menggunakan bawang putih ini sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.


  1. Jahe

Di dalam jahe terdapat zat antihistamin alami, antibakteri, antivirus, ati flamasi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jahe juga sangat baik dikonsumsi sebagai cara mengatasi suara hilang akibat batuk. Kandungan zat-zat bermanfaat ini tentu saja dapat meringankan gejala radang hidung seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, hidung meler hingga sakit kepala.

Cara meramu jahe sebagai obat radang hidung juga mudah. Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan jahe parut, cengkeh serta kayu manis  ke dalam 1 cangkir air. Setelah itu rebuslah campuran tersebut selama 5 menit dan saringlah sarinya. Tambahkan madu dan sari lemon pada sari jahe tersebut dan minumlah sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Vitamin C

Tidak hanya digunakan sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu, Vitamin C juga dapat menyembuhkan segala jenis luka maupun peradangan. Untuk mengatasi radang hidung, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, nanas, tomat dan strawberry.


  1. Sup

Sup dapat dikonsumsi sebagai cara menyembuhkan hidung meler, mengatasi radang hidung dan gejala tenggorokan kering. Hal ini karena di dalam sup terdapat protein, mineral serta vitamin yang dapat menyembuhkan luka. Anda perlu mencoba mengonsumsi sup ayam hangat kaya daging dan sayuran yang dapat mengencerkan hidung tersumbat.

  1. Konsumsi Makanan Pedas

Menurut beberapa riset, makanan-makanan pedas seperti cabai dan lobak dapat dikonsumsi untuk mengatasi penyumbatan pada hidung. Hal ini karena di dalam makanan pedas terdapat capsaicin yang sangat berkhasiat untuk menipiskan lendir yang keluar dari hidung.

Itulah 8 cara mengobati radang hidung dengan mudah dan cepat tanpa efek samping yang dapat Anda coba. Biasannya gejala radang hidung ini tidak terlalu diperhatikan karena memang mirip dengan flu biasa. Namun, jika radang hidung yang dialami berlangsung lebih dari 2 minggu, Anda perlu memeriksakannya pada dokter untuk mendapat penanganan lanjut.

, , , ,