Sponsors Link

8 Cara Mengobati Radang Telinga dengan Bahan-bahan Alami

Sponsors Link

Radang telinga atau dikenal dengan nama otitis media adalah infeksi yang menyerang bagian tengah telinga. Pada bagian tengah telinga yang terletak di belakang gendang teling ini terdapat 3 tulang kecil yang berfungsi menangkap getaran suara.  Penyakit radang telinga memang dapat menyerang siapa saja. Namun anak-anak berusia dibawah 10 tahun mempunyai risiko lebih tinggi terkena radang telinga.

ads

Hal ini karena saluran eustachius tempat menghantarkan suara pada anak kecil ukurannya lebih kecil daripada orang dewasa. Pada umumnya penyebab telinga sakit berupa radang telinga ini adalah infeksi bakteri dan virus. Berikut disajikan cara mengobati radang telinga dengan bahan-bahan alami secara cepat dan mudah.

  1. Bawang Putih

Cara mengobati radang telinga atau macam-macam penyakit telinga lainnya dengan bawang putih sangatlah mudah. Anda dapat merebus dahulu beberapa siung bawang putih kemudian ambil sarinya. Kemudian barulah oleskan ramuan tersebut pada bagian luar dan dalam telinga yang menderita radang telinga. Dengan menaruh bawang putih pada telinga bagian luar, maka proses pengempesan bengkak dapat berjalan lebih cepat.

Anda juga dapat meneteskan air bawang putih pada telinga untuk menghambat pergerakan bakteri penyebab radang telinga. Tidak hanya itu, ramuan bawang putih ini pun dapat digunakan sebagai cara mengobati telinga berdengung dengan cepat.

  1. Bawang Merah

Selain bawang putih, Anda pun dapat menggunakan bawang merah sebagai ramuan untuk mengatasi radang telinga. Caranya haluskan bawang merah tanpa direbus dan campurkan dengan air rebusan daun sirih yang telah disaring sarinya. Ramuan ini dapat Anda teteskan satu hingga dua kali sehari. Bawang merah sudah terkenal ampuh untuk membunuh aktivitas bakteri penyebab radang telinga. Selain itu bawang merah juga dapat mempercepat pengeringan luka yang terjadi pada bagian tengah dan bagian dalam telinga. Manfaat bawang merah lainnya adalah dapat digunakan sebagai cara mengobati telinga berdarah.

  1. Kunyit

Bahan rempah-rempah satu ini juga dapat digunakan untuk mengobati radang telinga. Langkahnya pun sangat mudah, Anda cukup menghaluskan kunyit, daun iler dan biji mahoni kemudian peras sarinya. Setelah itu campurkan minyak wijen yang sebelumnya telah dipanaskan. Barulah teteskan ramuan tersebut pada bagian dalam telinga yang sakit sebanyak dua kali sehari. Selain menyembuhkan radang telinga, ramuan ini juga dapat meredakan rasa nyeri pada telinga.

  1. Madu

Madu mempunyai khasiat sebagai obat alami untuk mengobati radang telinga. Kandungan antioksidan dalamm madu dapat bersifat sebagai antibiotik yang dapat menyembuhkan luka. Anda dapat menggunakan madu yang telah dicampur dengan air hangat matang kemudian meneteskannya pada telinga yang sakit. Selain menyembuhkan radang telinga, madu juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati telinga bernanah dengan cepat. 


  1. Minyak Mustard

Dengan menggunakan minyak mustard, radang telinga yang Anda derita dapat sembuh lebih cepat. Anda hanya perlu meneteskan satu hingga dua kali minyak mustard pada rongga telinga yang sakit. Minyak mustard sebagai penyembuh radang telinga aman digunakan untuk anak-anak maupun dewasa.

  1. Minyak Kacang

Minyak kacang pun dapat Anda gunakan untuk mengobati radang telinga. Langkahnya sangat mudah, tuangkan minyak kacang pada satu sendok makan lalu letakkan sendok tersebut di atas lilin atau kompor. Minyak kacang sangat efektif digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri tiada henti pada telinga.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat Anda gunakan untuk mengatasi radang telinga yang disebabkan karena bakteri dan virus. Salah satu obat radang telinga alami ini dapat berfungsi sebagai pengencer endapan kotoran yang tidak dibersihkan dalam telinga. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai cara mengatasi telinga kemasukan air.


  1. Daun Kemangi

Untuk mengatasi radang telinga, Anda dapat mengambil beberapa lembar daun kemangi kemudian dibuat jus. Di dalam daun kemangi terdapat eugenol, borneol dan anti bakteri yang dapat menyembuhkan luka maupun infeksi dalam rongga telinga. Dengan kandungan ketiga zat tersebut dalam daun kemangi, maka infeksi dapat dicegah untuk masuk ke bagian gendang telinga. Daun kemangi juga dapat digunakan sebagai cara mengobati telinga sakit karena headset.

Itulah 8 bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati radang telinga. Penggunaan bahan-bahan alami tersebut tentunya tidak akan menimbulkan efek samping. Lain halnya dengan penggunaan obat-obat kimiawi, jika digunakan tidak sesuai dosis dan anjuran dokter dapat berakibat buruk pada kesehatan telinga.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal