Sponsors Link

40 Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat

Sponsors Link

Radang tenggorokan adalah kondisi munculnya reaksi inflamasi pada daerah tenggorokan. Reaksi inflamasi ini dimaksudkan untuk melawan patogen yang membahayakan tubuh kita. Radang tenggorokan apabila dibiarkan akan menimbulkan rasa tidak nyaman setiap kali kita menelan atau bahkan bernapas. Dalam jangka panjang, radang tenggorokan yang tidak ditangani secara efektif akan menimbulkan berbagai penyakit yang lebih sulit disembuhkan.

ads

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara-cara mengobati radang tenggorokan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anda segera terbebas dari radang tenggorokan.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu jenis tumbuhan yang terbukti cukup ampuh dalam mengobati radang tenggorokan. Karena termasuk dalam kategori bumbu dapur, tentunya tidak akan sulit bagi anda untuk menemukanya. Kandungan senyawa alicin yang dimiliki oleh bawang putih memiliki khasiat ampuh untuk membunuh bakteri dan juga tentunya mengurangi peradangan.

Untuk melakukan pengobatan dengan bawang putih, cobalah untuk mengambil satu buah bawang putih dari siungnya. Kupas dan cuci bawang putih tersebut hingga bersih. Setelah itu kunyah bawang putih tersebut hingga halus. Setelah kunyahan dirasa cukup halus, anda dapat menggunakan air putih untuk berkumur lalu minumlah air tersebut secara perlahan dari mulut. Setelah semuanya selesai, anda dapat meminum madu untuk menghilangkan rasa tidak enak dari memakan bawang putih tadi.

  1. Air Garam

Air garam ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Garam pada dasarnya memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh beberapa jenis bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan.

Cara menggunakan air garam sebagai pengobatan cukup mudah, anda cukup menyiapkan satu gelas air putih dan melarutkan 1 – 2 sendok garam. Untuk mengobati radang tenggorokan, kumurlah air tersebut hingga dirasa cukup. Namun apabila anda juga memiliki dahak, anda dapat meminum larutan air garam tersebut untuk membantu menghilangkanya.

  1. Sup Ayam

Ini adalah salah satu cara pengobatan yang paling nikmat bagi anda. Cukup sediakan sup ayam hangat pada meja makan anda. Makan perlahan selama kondisinya masih hangat. Kandungan sup kuah dari ayam akan membantu anda untuk mengurangi rasa sakit dari radang tenggorokan.

Namun perlu diingat bagi anda pecinta sambal dan kerupuk, hindari dulu untuk mencampurkan makanan tersebut dalam sup ayam anda. Hal tersebut hanya akan membuat kondisi radang anda menjadi tambah parah.

  1. Lemon dan Madu

Pada dasarnya lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan inilah yang akan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan patogen. Namun kombinasikan segelas air perasan lemon dengan madu. Anda juga dapat menentukan takaran sendiri terkait banyaknya madu yang anda gunakan sesuai selera. Setelah itu aduk secara merata dan minum larutan tersebut sampai habis.

  1. Wedang Jahe

Sebagai salah satu bumbu dapur yang sarat manfaat, jahe memiliki kandungan senyawa zingiberin yang memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Selain melancarkan sirkulasi darah dan detoksifikasi, jahe juga dapat mengatasi peradangan.

Cukup sediakan jahe tumbuk dan air panas secukupnya kemudian campurkan  keduanya dengan komposisi sesuai selera. Lalu minum perlahan wedang jahe tersebut sampai habis. Sensasi hangat yang ditimbulkan oleh wedang jahe tersebut akan membantu meringankan gejala pada radang tenggorokan anda.


  1. Mintak Kayu Putih

Penggunaan minyak kayu putih sebagai cara pengobatan radang tenggorokan pada dasarnya mengambi intisari pengobatan dari terapi steaming. Steaming adalah cara pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan uap untuk melancarkan sirkulasi darah, meringankan sakit kepala, mengurangi gejala peradangan, dan bahkan penghilang stress.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan minyak kayu putih sebenarnya cukup simpel. Sediakan satu baskom air panas yang masih mengeluarkan uap. Masukan beberapa tetes minyak kayu putih kepada air panas tersebut lalu hiruplah aroma yang keluar dari uapnya. Lakukan metode ini beberapa kali sampai radang tenggorokan anda membaik.

  1. Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang memilk tekstur yang lembut dan mengandung banyak nutrisi. Kandungan potasium pada pisang terbukti dapat meredakan peradangan. Selain itu beberapa dampak positif seperti menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah “paket lengkap” yang akan anda dapatkan dari mengonsumsi buah pisang.

  1. Menambah Durasi Istirahat

Pada dasarnya radang tenggorokan adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Ada cukup melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan daya tubuh anda. Salah satu upaya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan beristirahat. Dalam kondisi sakit, tentu anda harus menambah durasi istirahat anda pada beberapa hari ke depan. Tidur lebih awal dapat membantu anda untuk mencapai kesembuhan.

  1. Mengurangi Aktivitas Fisik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, upaya paling ampuh untuk menyembuhkan radang tenggorokan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menambah durasi istirahat, menghindari atau mengurangi aktivitas fisik juga menjadi salah satu cara yang dianjurkan. Kelelahan berlebih saat sakit hanya akan membuat anda sembuh lebih lama.

  1. Hindari Stress

Selama anda sakit, hindari untuk mengambil beban kerja yang tinggi. Mengambil suatu tanggung jawab yang besar dan dikejar deadline juga merupakan keadaan yang dapat memicu stress. Apabila anda sedang sakit, sebisa mungkin hindari hal-hal seperti ini agar proses penyembuhan tidak terhambat.

  1. Minum Banyak Air Putih

Air adalah salah satu unsur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan banyak hal. Salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi air sebanyak 2-3 liter per hari akan membantu anda untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan lebih cepat. Pembiasaan minum air putih yang cukup juga membantu anda terhindar dari segala jenis penyakit.

  1. Berhenti Merokok

Asap rokok mengandung banyak zat yang berbahaya bagi tenggorokan. Salah satu penyumbang terbesar terjadinya tumor tenggorokan adalah asap rokok. Selain menyebabkan tumor, banyak dampak negatif terutama pada bagian tenggorokan anda. Berhenti merokok terbukti menjadi cara yang ampuh untuk terbebas dari penyakit ini.

  1. Hindari Menjadi Perokok Pasif

Anda terjebak dalam suatu lingkungan perokok? Tempat kerja anda terkontaminasi asap rokok? Segera hindari! Apabila anda berada pada posisi ini, maka waktu penyembuhan akan menjadi sangat lama. Menjadi perokok pasif sama bahayanya dengan menjadi perokok aktif. Dalam masa penyembuhan coba hindari lingkungan ini. Dalam jangka panjang cobalah untuk mencari tempat kerja yang baru, lingkungan yang bebas dari asap rokok. Kesehatan adalah hal yang cukup penting, so jangan pertaruhkan kesehatan anda!

  1. Permen Pelega Tenggorokan

Permen yang memiliki kandungan mint memang dapat membantu melegakan tenggorokan anda. Dalam keadaan sakit tenggorokan, simpanlah beberapa bungkus dari permen ini untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat radang tenggorokan.

  1. Belimbing

Buah belimbing adalah salah satu jenis buah buahan yang mudah ditemukan di pasaran. Selain bisa diolah menjadi rujak, buah belimbing juga ternyata memiliki khasiat untuk meredakan radang tenggorokan. Selain bisa dikonsumsi langsung, olahan belimbing menjadi jus juga masih berkhasiat untuk meredakan radang tenggorokan.

  1. Teh Chamomile

Tek chamomile adalah tumbuhan semusim yang biasa ditemukan di daratan Eropa. Akan tetapi tumbuhan ini sekarang juga dapat ditemukan di daratan Australia dan Amerika Utara. Tumbuhan ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit sakit perut dan juga radang tenggorokan. Dianjurkan untuk mengonsumsi teh ini sebelum sarapan pada pagi hari.

  1. Jeruk Nipis

Penggunaan jeruk nipis cukup manjur untuk mengobati radang tenggorokan. Ambilah satu sendok madu lalu dicampur dengan perasan jeruk nipis. Anda dapat memakan campuran tersebut sebanyak 2-3 sendok makan sekali konsumsi. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkait penyembuhan radang tenggorokan yang anda alami.

  1. Sambiloto, Kunyit, dan Daun Buaya

Pertama siapkan lima gram daun sambiloto. Setelah itu siapkan pula 10 gram kunyit dan 40 gram daun buaya yang telah dikupas kulitnya. Campurkan seluruh bahan tersebut dan direbus dengan menggunakan dua gelas air putih sampai menyusut hingga satu gelas saja. Anda dapat meminum ramuan tersebut secara teratur selama beberapa hari sampai anda mendapatkan kondisi radang tenggorokan yang membaik.

  1. Daun Sambun Nyowo dan Daun Pegagan

Untuk ramuan yang satu ini anda harus memiliki 5 lembar daun sambun nyowo dan 10 gram daun pegagan. Haluskan kedua daun tersebut dan masak mendidih dengan air sebnayak 200-300 ml hingga matang. Saring airnya dan tunggu hingga hangat. Minum perlahan ramuan tersebut dua kali sehari setelah makan.

  1. Akar Terong Kering dan Sambiloto

Untuk ramuan yang ini, anda memerlukan 30 gram akar terong kering dan 15 gram sambiloto kering. Rebus kedua bahan tersebut dengan 600 cc air hingga tersisa kira-kira sepertiganya. Setelah matang, campurkan larutan tersebut dengan madu sesuai selera. Anda disarankan untuk meminum larutan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

  1. Kunyit dan Garam.

Siapkan 1/4 sendok teh kunyit beserta 1/2 sendok teh garam. Campurkan kedua ramuan tersebut dengan segelas air hangat. Campurkan kedua bahan tersebut dengan air hangat yang ada lalu anda dapat meminumnya perlahan untuk meredakan radang tenggorokan.

  1. Daun Sirih dan Gula Batu

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, anda dapat menyediakan 50 lembar daun sirih dan dua ons gula batu. Sediakan pula dua gelas air putih. Pertama anda harus merebus semua daun sirih dengan airn yang ada selama 30 menit. Setelah selesai melakukan proses perebusan, ambilah sebuah wadah utnuk melakukan penyaringan tehadap hasil rebusan yang ada. Tambahkan 2 ons gula batu lalu aduk secara merata. Anda dapat meminum larutan ini sebanyak satu sendok makan selama dua jam sekali untuk hasil yang maksimal.

  1. Turi Merah

Pertama-tama ambilah segenggam turi merah. Lalu sediakan air secukupnya untuk merebus turi merah tersebut. Anda dapat menggunakan rebusan turi merah tersebut untuk berkumur. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda sebaiknya berkumur sebanyak 4 kali dalam sehari dengan air rebusan turi merah.

  1. Daun Patikan Kerbau

Anda hanya perlu menyiapkan daun patikan kerbau secukupnya. Cuci dan rebus daun tersebut hingga dirasa cukup. Berkumurlah dengan air rebusanya sebanyak 4 kali dalam sehari untuk menyembuhkan radang tenggorokan anda.

  1. Menghisap Uap Air

Anda hanya perlu memasak air hingga mendidih dan letakan dalam suatu wadah. Kemudiah basahi handuk dan letakan di kepala anda. Lalu hiruplah dalam-dalam uap yang dihasilkan dari air panas tersebut

Cara Pengobatan Radang Tenggorokan Dengan Antibiotik

  1. Bela-laktam

Apabila anda pernah mendengar jenis antibiotik penisilin dan amoxicilin, jenis obat-obatan tersebut adalah golongan bela-laktam. Biasanya setelah mengonsumsi antibiotik jenis ini, hanya dibutuhkan dua minggu hingga munculnya tanda-tanda perbaikan dari pasien. Antibiotik ini memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

  1. Sefalosporin

Sefaosporin adalah golongan antibiotik yang termasuk ke dalam cedadroxil dan juga cephalexin. Dari beberapa penelitian yang dilakukan terhadap atibiotik golongan ini, telah terbukti bahwa antibiotik ini memiliki dampak yang lebih signifikan dibanding antibiotik jenis beta-laktam. Banyak jenis antibiotik golongan sefalosporin yang digunakan. Namun yang paling umum digunakan adalah cephalexin dan cefadroxil.

  1. Makrolida

Dalam obat-obatan golongan ini, jenis obat yang digunakan adalah eritromisin, azitromisin dan yang lainnya. Obat-obatan ni adalah jenis obat-obatan yang memberikan khasiat yang paling manjur dibanding jenis antibiotik yang lain. Anda cukup meminumnya sebanyak 4-5 kali sampai khasiatnya mulai terasa. Sejalan dengan khasiatnya yang tinggi, efek samping penggunaan obat ini juga paling tinggi diantara penggunaan obat lainya.

Namun perlu disadari bersama bahwa penggunaan antibiotik adalah jenis penyembuhan yang harus mendapatkan persetujuan dan pengawasan dari tenaga medis. Beberapa alasan diantaranya adalah ada beberapa pertimbangan yang perlu dikonsultasikan bersama tenaga medis seperti efek samping, risiko alergi, dan dosis yang tepat.

  1. Ramuan Akar Licorice

Akar licorice adalah salah satu jenis bahan alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah radang tenggorokan. Untuk meredakan sakit tenggorokan, anda dapat mencari pelega tenggorokan yang mengandung bahan licorice yang ada didalamnya. Penggunaan akar licorice yang masih alami juga merupakan salah satu alternatif untuk meredakan radang tenggorokan anda.

Beberapa toko herbal yang menyediakan licorice biasanya juga menjual akar licorice secara bersamaan. Cara pengolahanya pun tergolong sederhana. Anda cukup mencampurkan akar licorice ke dalam air yang mendidih hingga dingin. Saring air hasil rebusan akar licorice lalu kumur selama beberapa kali dalam sehari.

  1. Ramuan Akar Marshmallow 

Akar marshamallow adalah salah satu tanaman yang sering digunakan dalam meredakan radang tenggorokan. Kebudayaan dari Mediteranian ini memang sudah cukup lama dilakukan oleh masyarakat asli. Pengobatan dengan menggunakan akar marshamallow terbukti dapat membunuh bakteri infeksi pada tenggorokan.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa penyembuhan dengan menggunakan akar marshmallow dapat mengobat iritasi pada selaput lendir pada tenggorokan. Cara penggunaan akar marshmallow adalah dengan menambahkan 1-2 bagian pendek dari akar marshmallow ke dalam secangkir air panas. Tunggu hingga dingin lalu minum perlahan. Anda juga dapat menambahkan madu untuk memperkuat khasiat penyembuhanya.

  1. Bunga Echinacea

Bunga Echinacea adlah salah satu bahan herbal yang dipercaya dapat mengobati radang tenggorokan. Bunga ini memiliki khasiat dalam meningkatkan kesehatan dengan cara yang alami. Kandungan senyawa dalam bunga Echinacea adalah senyawa yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Untuk pengobatanya sendiri, anda dapat memasukan bunga Echinacea ke dalam air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa kali hingga peradangan mereda.


32. Teh Cuka Sari Apel dan Madu

Cuka sari apel juga merupakan salah satu bahan yang dapat mengatasi radang tenggorokan. Bahan ini memiliki khasiat ampuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Pada dasarnya cuka sari apel memliki kandungan asam yang tinggi yang dapat membunuh bakteri dan virus. Selain itu dengan ditambahkanya madu, khasiat obat alami ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda akan menjadi semakin tinggi.

Perlu diperhatikan bagi anda yang memiliki gejala penyakit lambung untuk tidak mengonsumsi obat ini, gunakan hanya untuk berkumur saja

  1. Baking Soda

Bakin soda ternyata dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Bahan alami ini mudah untuk didapatkan dan tidak menimbulkan efek samping. Baking soda pada dasarnya juga dapat membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan. Untuk menggunakanya, anda cukup mencampurkan satu sendok baking soda dengan satu cangkir air hangat. Aduk hingga merata lalu gunakanlah untuk berkumur

  1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah salah satu ramuan yang terbukti ampuh dalam memerangi radang tenggorokan. Perlu kita ketahui bersama, bahwa minyak cengkeh mengandung senyawa Eugenol yang bersifat menenangkan dan dapat membunuh bakteri. Cara penggunaanya adalah dengan menghirup aroma dari minyak cengkeh hingga terasa aromanya.

  1. Jus Buah Delima

Buah delima pada dasarnya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Vitamin c pada buah delima dapat membantu menyembuhkan infeksi yang menyerang pada tenggorokoan. Kandungan asringet yang ada pada buah delima juga dapat membuat jaringan tubuh menjadi lebih baik. Apabila anda tidak menyukai rasa dari jus buah delima, anda dapat menggunakanya hanya untuk berkumur saja.

  1. Daun Kemangi

Daun yang satu ini biasanya digunakan sebagai lalapan dalam beberapa makanan. Namun siapa sangka ternyata daun ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan anda. Anda cukup merebus daun kemangi dengan air panas hingga mendidih, kemudian peras dan saring airnya. Minum sebanyak 3-4 kali sehari hingga anda merasakan manfaatnya.

  1. Hindari Minum Susu

Apabila anda sedang berada dalam situasi terkena radang tenggorokan, hindari minum susu terlebih dahulu. Susu adalah salah satu jenis minuman dengan tingkat kekentalan yang pekat dan dapat memperparah lendir pada tenggorokan. Meminum susu saat terkena radang tenggorokan akan memperlambat proses penyembuhan dari radang anda.

  1. Telur orak-arik

Kandungan protein yang cukup tinggi dari telur orak-arik pada dasarnya dapat membantu anda dalam mendapatkan nutrisi yang baik untuk melawan infeksi pada tenggorokan anda. Namun harus anda perhatikan dalam pembuatan telur orak-arik, anda harus menghindari penggunaan garam dan juga minyak. Penggunaan bahan-bahan tersebut hanya akan memperparah kondisi radang yang anda alami.

  1. Gunakan Masker Saat Berkendara

Apabaila anda sedang terkena radang tenggorokan, pastikan anda menggunakan masker atau penutup hidung ketika anda berkendara. Bagi anda yang sering mengendarai motor atau menggunakan angkutan umum, anda tentunya akan bertemu dengan berbagai jenis polutan yang tersebar di udara. Kontaminasi dari polutan tersebut akan menghambat proses penyembuhan radang anda dan malah mungkin akan memperparah keadaan radang pada tenggorokan anda.

  1. Akar alang-alang

Banyak yang belum mengetahui akan khasiat dari tanaman ini, tapi tanaman alang-alang juga terbukti ampuh dalam memberikan kesembuhan bagi radang tenggorokan yang anda alami. Anda cukup mengambi segenggam alang-alang, lalu direbus hingga matang. Setelah melalui proses perebusan, anda dapat menyaring larutan tersebut. Minum sebanyak 3-4 kali dalam sehari sampai keadaan anda membaik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan