Sponsors Link

5 Cara Mengobati Rhinitis Vasomotor Secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Rhinitis merupakan respon hidung dari peradangan, sedangkan rhinitis vasomotor hampir serupa dengan rhinitis alergi yang disebabkan karena pembuluh darah melebar di membran hidung. Rhinitis vasomotor yang merupakan salah satu dari macam macam rhinitis sendiri bisa terjadi karena kelembapan yang tinggi, bau yang terlalu menyengat seperti parfum, alkohol, berada di lingkungan dingin dan juga faktor lingkungan lainnya. Apabila ini terjadi, maka cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami menjadi jalan terbaik untuk menyembuhkan tanpa menimbulkan efek samping seperti beberapa cara yang kami berikan kali ini.

ads
  1. Air Saline

Cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan air saline untuk mengeluarkan lendir dari hidung dengan bantuan cairan tersebut yang juga bisa digunakan untuk cara mengobati polip. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam State Medical Society of Wisconsin membuktikan jika air garam yang digunakan secara teratur pada nasal bisa memperbaiki gejala rhinitis vasomotor.

  • Campurkan 1 sendok teh garam dan sedikit baking soda dalam 2 cangkir air hangat.
  • Masukkan air tersebut dalam salah satu lubang hidung lalu keluarkan kembali dengan perlahan.
  • Lakukan cara serupa pada lubang hidung yang lainnya.
  1. Jahe

Jahe merupakan cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi rhinitis vasomotor. Jahe akan bekerja sebagai antihistamin alami dan juga memiliki banyak khasiat seperti anti bakteri, anti inflamasi, anti virus dan juga meningkatkan kekebalan untuk meringankan gejala rhinitis vasomotor seperti pilek, batuk, hidung tersumbat dan sakit kepala. Jahe ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu yang efektif dan juga cara mengatasi suara hilang akibat batuk.

  • Campur 1 sendok makan jahe parut dengan cengkeh secukupnya dan juga kayu manis bersama 1 gelas air.
  • Rebus selama 5 menit lalu saring dan tunggu hingga dingin.
  • Tambahkan dengan sedikit madu dan jus lemon lalu minum sebanyak 3 kali sehari.
  • Cara lain bisa dilakukan dengan cara mengunyah jahe setiap hari atau dicampur dengan masakan.
  1. Kunyit

Kunyit sangat baik digunakan sebagai cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami dan juga berbagai jenis alergi lainnya seperti obat radang tenggorokan. Kandungan antioksidan kuat dan juga anti inflamasi dalam kunyit akan meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi gejala rhinitis vasomotor seperti pilek, bersin, mulut kering dan batuk.

  • Campur 6 sendok makan kunyit bubuk dan 6 sendok madu mentah lalu campur dan simpan dalam wadah kedap udara.
  • Ambil 1 sendok teh campuran tersebut dan minum 2 kali sehari.
  • Cara lain juga bisa dilakukan dengan mencampur 1 gelas susu hangat dengan kunyit dan minum setiap hari.

  1. Bawang Putih

Dalam bawang putih mengandung quercetin dan antihistamin alami yang berguna untuk menyembuhkan rhinitis vasomotor. Selain itu, bawang putih juga mengandung antibiotik, anti bakteri, antiviral dan juga kekebalan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini dan juga menyembuhkan gejala radang tenggorokan.

  • Kunyah 2 hingga 3 siung bawang putih mentah setiap hari.
  • Tambahkan bawang putih bubuk atau bawang putih mentah dalam masakan sehari hari.
  1. Cuka Apel

Cuka apel menjadi obat alami rhinitis vasomotor yang juga sangat efektif karena mengandung antibiotik dan juga antihistamin alami. Dengan ini, cuka apel bisa digunakan untuk mengurangi gejala jenis rhinitis ini seperti bersin, hidung tersumbat, pilek dan lain sebagainya sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa juga digunakan untuk cara mengatasi tenggorokan gatal.

  • Tambahkan 2 sendok teh cuka apel dengan 1 gelas air hangat.
  • Tambahkan dengan 1 sendok makan madu dan sedikit air perasan lemon.
  • Minum air ini sebanyak 3 kali sehari sampai rhinitis bisa disembuhkan.

Cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami yang sudah kami berikan diatas bisa anda coba dengan mudah untuk menyembuhkan jenis rhinitis ini dalam waktu singkat tanpa menimbulkan efek samping. Semoga bisa bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan