Sponsors Link

15 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Dan Mudah

Sponsors Link

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga cara meluruskan tulang hidung yang bengkok. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena gejala hingga efek samping yang dihasilkan sinusitis akan sangat mengganggu kesehatan tubuh. Sinusitis tentu saja perlu segera diatas untuk mencegah dan menghindari segala kemungkinan buruk terjadi. Bagaimana cara mengobati sinusitis? Berikut ini cara mengobati sinusitis yang sehat dan alami.

ads

1. Menghirup Uap

Cara mengobati sinusitis dengan menggunakan uap ini cukup bermanfaat untuk memperlancar pernapasan dan membuat lendir yang menyumbat rongga cara mengatasi alergi hidung keluar. Caranya cukup siapkan air panas di mangkuk besar ataupun sedang dan hiruplah uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut. Selain membuat pernapasan Anda lega, hal ini mampu menyembuhkan sinusitis secara alami.

2. Membersihkan Saluran Hidung Dengan Air Garam

Air garam ternyata cukup ampuh untuk mengobati sinusitis. Karena air garam akan membersihkan rongga hidung secara keseluruhan. Cukup bilas rongga hodung Anda dengan menggunakan campuran air garam secara rutin.

3. Kompres Air Hangat

Mengapa? Kompres Air hangat akan meredakan sakit kepala yang sering terjadi selama Anda menderita sinusitis. Selain itu, kompres air hangat juga dapat menyembuhkan sinusitis, cukup dengan kompres bagian hidung atau sekitar hidung dengan menggunakan air hangat. Hal ini ampuh untuk melancarkan lendir yang menempel pada rongga hidung untuk keluar dan melegakan pernapasan Anda.

4. Meminum obat Dekongestan

Dekongestan merupakan obat yang memang dapat digunakan untuk menyembuhkan sinusitis. Obat ini bekerja langsung mampu mencegah perkembangan virus, mengurangi penyumbatan dan pembengkakan. Untuk menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

5. Semprotan dekongestan

Selain dalam bentuk obat, dekongestan pun tersedia dalam bentuk semprotan. Hal ini memiliki fungsi yang sama, hanya saja semprotan dekongestan lebih praktis. Cukup semprotkan rongga hidung dengan semprotan dekongestan. Jangan lupa baca aturan pakai.

6. Menggunakan Bromelain

Apa itu bromelain? bromelain merupakan suplemen yang mampu mengatasi sinusitis dengan cara mengurangi pembengkakan di saluran cara mengobati hidung berdarah akibat pukulan. Dengan protein yang terkandung di dalamnya, bromelain mampu Anda mengobati sinusitis. Namun, sebelum menggunakan ini, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.


7. Minum Air Putih Yang Cukup

Air putih memang selalu ampuh untuk mencegah segala penyakit, termasuk sinusitis. Air putih mampu mengembalikan mineral dalam tubuh kembali. Hal ini akan membuat sinus tetap lembab. Untuk pengobatan sebaiknya hindari kafein untuk sementara waktu.

8. Mengonsumsi makanan yang mengandung rempah-rempah dan pedas

Mengapa demikian? Karena rasa pedas akan mengencerkan lendir agar keluar dengan mudah. Jika Anda mengonsumsi rempah-rempah, pastikan untuk mencampurkannya dengan rasa pedas seperti cabai, mustard, wasabi ataupun lobak.

9. Makan Nanas

Nanas ternyata mampu mengobati sinusitis. Bagaimana cara kerjanya? Nanas mengandung bromelain yang dapat mengurangi peradangan pada bagian rongga sinusitis. Anda dapat mengonsumsi nanas secara langsung atau mencampurkannya dengan makanan lain. Namun, jangan mengonsumsi nanas dengan obat dokter karena akan mengurangi efek kandungan dari nanas.

10. Uap Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mengandung bahan minyak esensial yang mampu mengatasi sinusitis. Anda cukup mengambil air panas di dalam mangkuk kecil yang masih mengeluarkan uap. Lalu masukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Setelah itu hirup lah tepat setelah minyak kayu putih masuk ke dalamnya.

11. Minum Air Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang mampu mengobati sinusitis. Karena jahe mengandung antiperadangan yang mampu mencegah dan mengatas peradangan pada rongga hidung. Cukup campurkan dua ruas jahe ke dalam air hangat lalu diminum secara rutin hingga ciri-ciri sinusitis Anda mereda.

12. Jus Buah dan Minyak Oregano

Bagi sebagian orang mungkin belu mengetahui apa itu minyak oregano. Minyak oregano ini memiliki fungsi sebagai anti-biotik alami. Cukup campurkan beberapa tetes minyak ini pada jus kesukaan Anda sebelum diminum. Atau Anda dapat mencampurkan minyak oregano pada air putih.

13. Jus Stroberi

Karena stroberi mengandung vitamin C yang tinggi yang mampu mengatasi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh agar virus tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh.

14. Gunakan Filter Udara Di Ruangan Anda

Hal ini cukup penting untuk me-recharge udara yang Anda hirup. Selain itu, Hal ini mampu menjaga kelembapan agar ruangan tetap sehat. Serta mampu menyaring debu agar Anda tidak terkena virus dan memperburuk perawatan pasca operasi sinusitis yang Anda derita.

15. Menggunakan obat tetes hidung steroid

obat ini juga mampu mengatasi pengobatan alternatif sinusitis. Obat ini bekerja untuk mengurangi peradangan dan mencegah penyebaran virus dan bakteri. Untuk menggunakan obat ini, cukup semprotkan secara langsung pada bagian hidung, hal ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa tidak nyaman pada hidung dan saluran pernapasan. Tetap baca aturan pakai, ya.

Selain beberapa hal diatas, adapun yang perlu Anda lakukan sebagai gaya hidup sehat untuk mengobati bahaya sinusitis kronis, seperti dibawah ini:

  1. Hindari minum susu
  2. Tidak merokok, mengonsumsi alkohol ataupun kopi.
  3. Olahraga ringan di pagi hari selama 15 menit setiap hari.
  4. Mengurangi konsumsi teh.
  5. Menggunakan masker selama berkativitas, hingga menjaga kebersihan tubuh.

Dengan demikian, cara mengobati sinusitis secara alami dan sehat untuk tubuh Anda. Hal ini dapat Anda terapkan dirumah. Namun, untuk pemakaian obat-obatan tetap konsultasikan ke dokter dan membaca aturan pakai untuk mencegah terjadinya efek samping. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan