Sponsors Link

15 Cara Mengobati Telinga Berair dan Bau

Sponsors Link

Telinga berair merupakan salah satu jenis penyakit yang umum dan pernah dialami oleh sebagian masyarakat, apalagi di Indonesia. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab eseorang mengalami telinga berair ini. Telinga berair akan membuat membuat penderitanya merasakan situasi yang tidak nyaman. Telinga berair juga akan merasakan rasa sakit yang sangat mengganggu apabila tidak segera mendapat penanganan secara tepat dan cepat.

ads

Telinga berair akan membuat kemampuan pendengaran seseorang menjadi sangat minim. Jangan pernah menganggap remeh telinga berair yang anda alami. Tanpa adanya usaha yang tepat untuk menanganinya, telinga berair dapat menyebabkan kerusakan di gendang telinga. Penyebab telinga berair ini harus diketahui secara akurat agar segala upaya pengobatan yang dilakukan dapat menyembuhkanya secara efektif. Apabila penyakit ini tidak sembuh setelah beberapa saat, segera periksakan diri di bagian dokter ahli THT atau melakukan pengobatan secara mandiri.

Untuk dapat melakukan upaya pengobatan yang maksimal, tentu anda sekalian wajib mengetahui dan dapat memberikan penanganan yang tepat penyakit telinga berair sesuai dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa cara pengobatan telinga berair yang telah diketahui

1. Cotton Bud

Pada kasus telinga berair, jangan berikan penanganan yang sembarangan dan menggunakan sembarang alat untuk mengobati telinga anda. Penanganan yang salah hanya akan menimbulkan dampak yang lebih buruk bagi penyakit anda yang satu ini. Penggunaan cotton bud adalah salah satu cara yang dianjurkan karena alat ini tidak akan mudah tertinggal atau lepas di dalam telinga anda. Anda dapat mengoleskan minyak bayi atau baby oil terlebih dahulu sebelum menggunakanya. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar cotton bud tidak mengenai bagian gendang telinga anda.

Cara ini mampu untuk membantu melunakan kotoran yang telah menggumpal dalam telinga anda. Lakukan secara hati-hati agar kotoran telinga dapat keluar dari telinga. Apabila anda menggunakan cotton bud dengan sembarangan, kotoran telinga penyebab telinga berair akan malah semakin terdorong ke dalam dan dapat menutup saluran telinga anda. Penanganan yang sesuai akan membuat kotoran dapat keluar dari telinga tanpa menimbulkan iritasi.

2. Obat Tetes

Dalam beberapa kasus telinga berair, penggunaan obat tetes adalah satu alternatif yang dapat anda andalkan. Tentu memilih obat tetes yang sesuai adalah hal yang penting. Penting juga untuk membeli obat tetes yang telah mendapat rekomendasi dari dokter sebelumnya.

Obat tetes yang direkomendasikan biasanya mengandung senyawa gliserin atau peroksida hidrogen yang memiliki dampak untuk mempermudah mengeluarkan kotoran telinga yang telah menumpuk. Penanganan yang cepat juga akan membuat kotoran tidak dapat terakumulasi dengan bakteri yang dapat menyebabkan telinga berair.

3. Air Garam

Salah satu alternatif yang dapat anda coba dalam mengobati telinga berair adalah air garam. Selain mudah ditemukan, pengobatan ini juga tidak menghabiskan biaya yang besar. Cara pengobatanya pun tergolong mudah, anda cukup melarutkan garam secukupnya didalam air hangat pada langkah pertama. Kemudian untuk  mengobati telinga berair yang sedang anda derita, teteskan masing masing telinga dua tetes saling bergantian.

Cara ini ampuh mencegah telinga berair karena kotoran mudah dikeluarkan. Sedari dulu garam memang dikenal memiliki sejumlah senyawa yang dapat menghambat proses infeksi dari bakteri. Lakukan metode ini secara teratur dalam beberapa hari sampai keadaan telinga anda membaik.


4. Cuka dan Alkohol

Salah satu metode pengobatan telinga berair yang mudah dan murah adalah menggunakan cuka dan alkohol. Kedua benda ini dapat anda temukan dengan mudah di sekitar anda. Untuk melakukan pengobatan dengan cuka dan alkohol, anda harus menyediakan kedua bahan ini secukupnya sebelum dicampurkan. Perlu diingat bahwa alkohol yang perlu disediakan adalah alkohol dengan kandungan 70%.

Campurkanlah beberapa tetes alkohol ke dalam cuka yang anda miliki. Selanjutnya campuran ini dapat anda berikan pada cotton bud / kapas. Masukan cairan tersebut ke dalam telinga anda dan oleskan pada bagian yang berair tersebut. Cara ini dapat mengeluarkan cairan dari telinga anda dan juga menghentikan debit cairan yang keluar dari telinga anda.

5. Handuk Hangat

Salah satu cara mengobati telinga berair yang paling mudah dan murah adalah dengan merendam handuk didalam air panas. Caranya sangat simpel, pertama anda cukup merendam handuk kecil kedalam air hangat selama beberapa waktu. Perkiraan waktu tidak memerlukan durasi yang lama, asalkan air telah menyerap ke seluruh bagian haduk, berarti handuk telah siap untuk digunakan

Setelah air hangat meresap ke seluruh sisi handuk, peraslah perlahan handuk tersebut dan tunggu hingga hanga. Setelah air dari handuk sudah tidak menetes, anda dapat menempelkan handuk tersebut pada lubang telinga yang berair. Hangatnya handuk dapat merangsang air didalam telinga untuk keluar melalui saluran pada telinga dan akhirnya terserap oleh handuk.

Lakukan cara sederhana ini berulangkali terus menerus dengan sabar sampai telinga anda yang berair dapat segera normal kembali. Pastikan anda juga tidak menempelkan handuk terlalu keras atau sembarangan agar tidak memperparah keadaan telinga anda.

5 Cara diatas adalah beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan pada telinga berair dengan menggunakan benda di sekitar kita. Cara-cara tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Selain beberapa alternatif cara diatas, tentunya kita juga memiliki beberapa alternatif lain untuk menyembuhkan keadaan telinga berair. Cara selanjutnya yang akan dibahas adalah pengobatan secara tradisional. Bagi anda yang memang mencintai jenis pengobatan tradisional, beberapa alternatif yang akan kami berikan tentunya dapat membantu anda untuk melakukan pengobatan dengan lebih baik.

6. Bawang Merah

Telinga berair tentu akan sangat mengganggu keseharian anda. Bingung mencari alternatif pengobatan? Tenang! Bumbu dapur seperti bawang merah yang mudah didapat ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit anda!

Pertama-tama anda cukup menyediakan sesiung bawang merah kecil. Tumbuklah bawang merah tersebut hingga benar-benar halus lalu tambahkan dengan air yang tidak begitu banyak. Aduk air dan tumbukan bawang merah hingga merata dan ambil saja ekstraknya. Setelah mendapatkan ekstrak bawang merah, segera panaskan ekstrak bawang merah tersebut.

Dari keseluruhan bagian bawang merah yang anda,  anda sebenarnya cukup membutuhkan  ekstrak dari bawang merah saja namun dalam keadaan hangat.  Setelah itu anda bisa meneteskan ekstrak tersebut ke dalam telinga sebanyak 2-3 tetes. Tunggulah 5 menit lalu anda dapat memiringkan kepala anda untuk membuat cairan keluar dengan sendirinya. Lakukan metode ini secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal!

7. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu obat alami juga yang memiliki manfaat lain sebagai obat ampuh dalam mengatasi telinga berair yang anda derita. Memang biasanya daun ini dikenal sebagai salah satu jenis sayur yang sering dijadikan lalapan sebagai masyarakat pedesaan. Memiliki tekstur yang lembut serta aroma yang menggoda membuat daun ini sangat pas menjadi santapan. Namun apabila anda dapat mengolahnya dengan cara yang sedikit berbeda, daun ini juga dapat merangkap sebagai obat ampuh bagi telinga berair!

Untuk pengolahan daun kemangi, pertama siapkan 4 atau 5 lembar daun kemangi dyang telah anda bersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya tumbuklah daun kemangi tersebut sampai benar-benar lembut. Hasil lumatan daun kemangi inilah yang dapat Anda ambil ekstraknya dengan memeras hingga keluar kandungan air kental yang menjadi ekstrak daun kemangi.

Sama seperti ekstrak jus bawang merah yang telah dibahas sebelumnya, anda perlu memanaskannya terlebih dahulu supaya hangat dan siap pakai. Penggunaan pipet untuk meneteskan 2-3 tetes ke dalam telinga yang berair cukup dianjurkan. Agar mendapat hasil yang maksimal,  anda dapat menggunakan cairan ini sebanyak dua kali dalam sehari.

8. Minyak Neem

Minyak Neem juga dikenal dengan nama Margosa. Minyak ini pada dasarnya adalah sebuah jenis minyak yang diambil dari sebuah tanaman atau daun bernama neem. Nama daun atau minyak neem ini memang tidak begitu familiar di telinga anda, namun minyak ini memiliki banyak manfaat dan menjadi jawaban yang mutakhir sebagai solusi dari telinga berair.

Untuk mengaplikasikan minyak neem sebagai salah satu alternatif pengobatan telinga, pertama anda harus mengambil beberapa tetes minyak neem. Selanjutnya anda harus meneteskan 2-3 tetes minyak neem ini ke dalam telinga anda yang berair. Untuk melakukannya, penggunaan pipet sangat dianjurkan untuk melakukan metode pengobatan ini secara efisien. Tunggulah sekitar 10-15 menit sebelum anda dapat memiringkankepada anda kembali untuk membuang cairan minynak neem. Sebagai pengobatan tradisional, anda perlu melakukan metode ini sebanyak 2-3 kali dalam satu hari agar telinga anda cepat terbebas dari penyakit tersebut.

9. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman / herbal yang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik bagitubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi. Bumbu dapur yang satu ini adalah salah satu jenis bumbu dapur yang cukup terkenal sebagai media pengobatan.

Selain berperan sebagai salah satu bumbu makanan yang nikmat, tidak diragukan lagi bawang putih memang memiliki sejuta manfaat bagi penyembuhan beberapa jenis penyakit. Tapi sayang, terkadang aroma dari bumbu dapur yang satu ini cukup menyengat di hidung. Hal ini membuat tanaman tidak banyak dikonsumsi langsung, melainkan hanya dijadikan sebagai bumbu.

Untuk melakukan pengobatan dengan bawah putih, anda perlu menyiapkan 2-3 siung bawang putih. Selanjutnya cucilah bawang putih tersebut hingga benar-benar bersih dan siap untuk digunakan pada tahapan selanjutnya. Setelah itu, anda dapat melumat bawang putih tersebut hingga benar-benar halus. Campurkan beberapa cc air dan peraslah larutan tersebut sehingga anda telah mendapatkan ektrak bawang putih

Pakailah pipet untuk meneteskan ekstrak bawang putih tersebut secara langsung ke dalam telinga sebanyak 3-4 tetes dalam sekali pemakaian. Jangan terburu-buru untuk membalikan kepada anda. Tunggulah beberapa saat. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan telinga anda setelah 5 menit berlalu. Biarkan kandungan antibiotik pada bawang putih bekerja dan membunuh bakteri jahat yang membuat telinga anda menjadi berair. Metode ini bisa diulang sebanyak 2 kali dalam sehari selama beberapa hari sampai telinga tak berair lagi.

10. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak dan mudah untuk ditemukan di Indonesia. Tidak sedikit pula manusia yang pada akhirnya menjadikan kunyit sebagai herbal tradisional. Tidak heran karena memang manfaat dari tanaman / rempah ini tidak hanya untuk menyedapkan masakkan melainkan juga untuk kesehatan. Manfaat kunyit antara lain adalah untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan sebagainya. Setidaknya itulah hal yang diketahui masyarakat secara umum. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit yang belum banyak diketahui adalah untuk membersihkan wajah. Kunyit juga dapat menghilangkan flek hitam pada kulit.

Setelah kita mendengar penjelasan singkat diatas, ternyata rempah ini juga efektif dalam mengobati berairnya telinga. Hal ini disebabkan oleh kandungan kunyit yang mampu untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam telinga anda. Tentunya tidak sulit bagi kita semua untuk menemukan bumbu dapur yang satu ini di Indonesia. Selain itu, kunyit ini bisa dicampurkan bersama dengan daun anggrek untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila anda telah mendapatkan kunyit dan bunga anggrek tersebut, selanjutnya anda bisa menumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Pastikan anda telah mengupas dan mencuci bersih kedua bahan tersebut. Anda dapat mencampurkan air secukupnya pada tumbukan tersebut. Nantinya anda akan sampai pada tahap penyaringan hasil tumbuhan untuk mendapatkan ekstrak dari kunyit tersebut. Ekstrak dari tumbukan tersebut dapat membantu meredakan penyakit telinga berair yang sedang anda derita. Anda cukup meneteskanya pada telinga berair anda sebanyak 2-3 tetes dalam satu kali pemakaian. Lakukan serutin mungkin metode ini agar anda mendapatkan pengobatan yang maksimal.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun pada dasarnya adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan atau penumbukan buah pohon zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini terkenal karena memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan tubuh seperti lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit zat besi.

Penggunaan minyak zaitun telah meluas dalam berbagai keperluan harian manusia seperti obat-obatan, masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, dan yang paling terkenal adalah bahan kosmetik. Sebagai tambahan, minyak zaitun juga memiliki kandungan zat antioksidan dan senyawa antiinflamasi. Hal ini membuat kulit menjadi halus dan terawat. Selain dioleskan ke kulit, konsumsi secara teratur dari minyak zaitun juga dapat memberi anda manfaat antioksidan. Hal ini sangat berguna dalam melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan. Kandungan-kandungan tersebut juga dipercaya dapat membantu manusia untuk segera terbebas dari penyakit telinga berair yang sedang dideritanya.

Cara pengaplikasianya cukup sederhana. Anda cukup mengambil beberapa tetes minyak zaitun untuk dicampurkan bersama dengan bunga mullein. Setelah anda mengaduk kedua bahan tersebut secara merata, anda telah mendapatkan obat penyembuh penyakit telinga tradisional di depan mata anda. Teteskan secara perlahan kepada telinga yag terinfeksi. Penggunaan secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari akan membantu anda mendapatkan hasil yang optimal!

12. Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa hebat. Bayangkan, kulit manggis ternyata mampu untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit berbahaya yang sulit diobati. Kulit manggis dapat dijadikan sebagai bahan obat alami yang untuk pengobatan berbagai jenis kanker.
Fakta telah membuktikan bahwa kulit manggis memiliki senyawa xanthone yang saat ini banyak diproduksi untuks sebagai alternatif untuk pengobatan berbagai penyakit berbahaya. Senyawa ini dapat mencegah diabetes, mencegah kanker, dan melawan radikal bebas yang tentu dapat mengancam kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dari kulit manggis juga terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Cara pengobatan menggunakan kulit manggis untuk telinga air adalah sebagai berikut. Anda dapat meramu kulit manggis dengan cara mengambil beberapa lembar kulit manggis untuk selanjutnya dapat direbus di dalam air. Air rebusan kulit manggis tersebutlah yang setelah mendidih bisa anda saring. Minumlah secara teratur satingan kulit manggis tersebut agar telinga berair anda sembuh lebih cepat. Tak lupa anda juga dapat mendapatkan madu sesuai selera untuk menambah rasa manis pada larutan tersebut.


13. Daun Sirsak

Daun sirsak adalah salah satu daun yang terkenal baik untuk menjaga maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sama halnya dengan kulit manggis, daun sirsak ini dapat memabntu anda untuk mengobati masalah telinga berair serta beberapa kondisi penyakit kronis lainnya. Cara penggunaan daun sirsak sangatlah mudah. Hal ini akan membuat anda mempertimbangkan ulang untuk membuat daun sirsak sebagai salah satu alternatif pengobatan pada telinga berair anda.

Pertama-tama anda harus menyiapkan beberapa lembar daun sirsak. Selanjutnya anda perlu untuk mencuci bersih daun sirsak tersebut. Setelah itu barulah anda sediakan air sesuai kebutuhan yang akan dipergunakan untuk merebus daun sirsak ini. Setelah melalui proses perebusan, anda dapat menyaring dan meminumnya secara teratur.

14. Daun Miana

Daun miana mungkin adalah salah satu jenis daun yang cukup asing untuk berdengung di telinga anda. Namun perlu anda ketahui bahwa jenis daun bagus untuk kesehatan, termasuk kesehatan telinga anda. Untuk memproses daun miana sendiri sebenarnya cukup sederhana. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa olahan daun ini juga lebih manjur apalagi ditambah dengan lengkuas merah muda dan juga daun sambiloto.

Untuk memproses daun ini, anda akan menggunakan cara yang hampir sama dengan beberapa cara meramu obat herbal lain di atas. Pertama, bahan-bahan seperti daun miana, sambiloto dan lengkuas merah muda dapat dibersihkan terlebih dahulu. Setelah benar-benar halus anda dapat memeras hasil tumbukan dedaunan tersebut. Hasil perasan dari obat herbal tadi selanjutnya dapat anda teteskan ke bagian dalam telinga berair yang anda alami. Proses yang rutin akan memberikan anda kesembuhan secara lebih cepat.

15. Biji Mahoni

Biji mahoni adalah salah satu alternatif yang dapat anda coba sebagai salah satu alternatif pengobatan telinga berair. Beberapa kandungan yang ada pada biji mahoni dapat membantu anda untuk segera menyelesaikan permasalahan pada telinga anda. Menambahkan beberapa bahan lain seperti daun iler dan kunyit juga akan semakin membantu anda dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada langkah pertama, anda perlu untuk menyediakan biji mahoni, daun iler, kunyit dan juga minyak wijen. Anda perlu untuk menumbuk ketiga bahan dedaunan terlebih dulu secara bersama-sama. Sembari menumbuk, anda dapat menghangatkan minyak wijen dalam panci agar bisa siap pakai nantinya. Apabila anda telah mendapatkan hasil tumbukan yang benar-benar halus, anda dapat langsung menambahkan mijak wijen hangat ke dalam hasil tumbukan tersebut. Teteskan ke dalam telinga anda secara teratur agar keesembuhan dapat segera tercapai.

Berikut tadi adalah 15 cara pengobatan yang dapat anda terapkan untuk mengobati telinga berair. Tapi perlu kami ingatkan bahwa perubahan gaya hidup yang menjunjung kebersihan akan menghindarkan anda dari penyakit telinga berair maupun penyakit lainya. Mencegah lebih baik daripada mengobati!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan