Sponsors Link

21 Cara Mengobati Telinga Berdengung Secara Alami

Sponsors Link

Sebelum kita mencari tahu cara mengobati telinga berdengung, mari kita coba membaca beberapa hal berikut. Telinga pada dasarnya merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Keberadaan telinga membuat kita bisa mendengar dan juga mengetahui informasi dari berbagai sumber. Telinga juga merupakan alat kelengkapan komunikasi sehari-hari yang penting dan sangat membantu interaksi antar manusia. Telinga memiliki beberapa fungsi vital yang memegang kunci kehidupan sehari-hari pada manusia. Jelas maka dari itu penting bagi kita untuk dapat menjaga kesehatan pada telinga. Suatu kekurangan kecil saja pada telinga kita, maka akan berdampak cukup parah bagi kelancaran keseharian kita.

ads

Tentu setiap organ tubuh manusia tidak luput dari kata sakit dan gangguan yang ada. Tentu salah satunya adalah organ pendengaran telinga kita sendiri. Banyak sekali penyakit yang dapat menjangkit organ kita yang satu ini. Maka dari itu karena telinga harus dijaga performansinya setiap hari dan setiap waktu, segala gangguan harus dapat diatasi secepat mungkin. Ditambah lagi memang gangguan yang ada pada telinga sangatlah beragam dan bermacam-macam. Mengenali beberapa gangguan yang ada pada telinga tentunya akan membantu kita untuk memberikan penanganan yang ekstra cepat untuk mencegah keadaan yang lebih parah.

Salah satu gangguan yang sering terjadi pada manusia terkait dengan telinga adalah telinga berdengung. Tentu setiap dari kita mungkin pernah merasakan perasaan ini, telinga berdengung. Ya seperti suatu keadaan dimana ada suara dan getaran tingkat tinggi pada telinga kita. Biasanya asalnya dari dekat daerah gendang telinga. Keadaan ini cukup mengganggu apabila terjadi secara terus menerus. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara penanggulangan apabila terjadi keadaan telinga berdengung atau dengan kata lain mengobati telinga berdengung. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai pengobatan untuk telinga berdendung.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sarat akan manfaat. Mengonsumsi bawang putih pada dasarnya dapat menurunkan risiko peradangan. Selain itu mengonsumsi bawang putih juga dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar, Banyak sekali manfaat dari mengonsumsi bumbu dapur ini apabila anda dapat menahan aroma tidak enak yang dihasilkanya. Kandungan antibakteri yang dimiliki pada bawang putih juga cukup besar. Hal ini dapat membantu anda untuk mengobati telinga berdengung yang sedang kita rasakan.

Untuk pengobatan menggunakan bawang putih bagi telinga berdendung anda cukup mengikuti beberapa langkah berikut. Pertama anda perlu menyiapkan 2 siung bawang putih. Hancurkan lalu goreng bersama dengan minyak wijen di dalam kuali sebanyak 1 sendok makan. Biarkan adonan tersebut menjadi dingin sampai siap untuk digunakan. Anda lalu dapat mengoleskanya pada telinga yang berdendung.

Penggunaan secara teratur dapat memberikan manfaat yang maksimal. Sebisa mungkin anda melakukanya selama satu minggu penuh agar pengobatan dapat berjalan dengan lancar

  1. Bawang Merah

Pada dasarnya, selain bawang putih, ternyata bawang merah juga bisa digunakan untuk mengobati telinga berdengung yang sedang anda rasakan. Berikut adalah caranya.

Pertama-tama anda dapat memotong sesiung bawang merah. Kemudian bawang tersebut dimasukkan ke dalam microwave selama kurang lebih 2 menit. Tunggulah sampai dingin kemudian saringlah bawang tersebut. Anda dapat menggunakan 2-3 tetes jus bawang merah tersebut ke telinga yang terinfeksi. Diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum anda dapat membersihkan adonan tersebut. Menggunakan ramuan ini selama beberapa hari ke depan akan dapat memberikan efek yang maksimal pada anda.

  1. Minyak Mustard

Apabila anda mengalami kejadian telinga berdendung, ternyata minyak mustard bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan. Minyak ini dapat membuat sirkulasi darah anda menjadi meningkat. Minyak mustard juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur untuk mengobati infeksi pada telinga. Minyak mustard juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membersihkan kotoran telinga yang telah menimbun.

Untuk menggunakan minyak mustard sendiri, pertama Hangatkan sedikit minyak mustard di dalam microwave. Setelah itu aplikasikan beberapa tetes minyak mustard pada telinga yang terinfeksi. Tunggulah selama beberapa menit sebelum anda dapat membersihkan larutan tersebut. Kotoran telinga akan segera melunak setelah diberikan larutan tersebut. Kotoran juga dapat dibersihkan dengan menggunakan cotton bud. Gunakanlah setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal mengobati telinga berdengung anda.


  1. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Pada umumnya jahe memang terkenal sebagai obat batuk yang mujarab. Namun jahe juga dapat digunakan sebagai cara mengobati telinga berdengung yang sedang dialami. Jahe dapat membantu melancarakan sirkulasi darah dan membuat patogen kelimpungan. Jahe juga memiliki efek dapat membasmi radikal bebas.

Untuk menggunakan jahe sebagai pengobatan alami anda cukup melakukan beberapa hal berikut. sediakan air panas sebanyak 1 cangkir dan jahe parut satu sendok makan. Seduh jahe tersebut selama kurang lebih 10 menit lalu anda dapat menambahkan madu secukupnya. Setelah hangat, anda dapat meminum ramuan tersebut beberapa kali dalam sehari. Anda juga dapat mengunyah jahe iris mentah yang telah anda siapkan. Hal tersebut dapat membuat tekanan telinga menjadi berkurang dan mengobati telinga berdengung anda.

  1. Nanas

Nanas adalah salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan penyakit telinga berdengung anda Pada dasarnya memang nanas dapat menyebabkan asam lambung naik. Namun ternyata enzim pada asam lambung tersebut baik untuk menurunkan peradangan. Bromelain adalah nama enzimnya. Selain itu nanas juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi.

Mengolah nanas sebagai obat dapa tergolong sangat sederhana. Anda cukup membeli nanas di pasar dan dikupas hingga siap makan. Anda dapat mengonsumsinya beberapa kali dalam sehari. Anda dapat mengonsumsinya secara berkala sampai peradangan anda dapat disembuhkan. Hal ini jugalah yang secara langsung dapat menghilangkan telinga berdengung yang ada. Pemilihan nanas juga penting dalam pengobatan menggunakan nanas. Memilih nanas yang matang dan manis dapat membuat anda lebih menikmati pengobatan yang sedang anda jalani.

  1. Labu

Labu pada dasarnya dapat anda jadikan sebagai obat penyembuh alami untuk penyakit telinga berdengung. Labu pada dasarnya memiliki kandungan vitamin A yang dapat menyembuhkan anda. Kekurangan vitamin ini seringkali memang menjadi penyebab munculnya telinga berdengung.

Untuk menjadikan labu sebagai pengobatan alami, anda cukup menyediakan labu yang sudah dipotong-potong. Anda dapat menambahkan olahan labu potong tersebut ke makanan anda. Anda dapat menamabhkanya ke dalam sup, salad, atau dimakan langsung setelah diolah terlebih dahulu. Apapun olahanya, anda akan tetap mendapatkan manfaat dari konsumsi vitamin A yang masuk ke dalamnya untuk secara langsung dapat meredakan perkara telinga berdengung yang anda alami.

  1. Mengurangi Konsumsi Garam

Pada dasarnya salah satu pemicu keadaan terjadinya dengung pada telinga adalah akibat dari tekanan darah yang tinggi. Salah satu pemicu tekanan darah yang tinggi adalah konsentrasi dari garam yang tinggi pada tubuh. Dengan mengurangi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh, tentu akan dapat mengobati atau meredakan dengung pada telinga yang tengah anda rasakan. Perlahan anda akan merasakan penurunan intensitas dengungan sampai pada akhirnya dapat menghilang sama sekali. Maka dari itu mengurangi konsumsi garam juga dapat menjadi salah satu cara mengobati telinga berdengung.

  1. Mengurangi Asupan Kafein

Pada dasarnya minuman yang mengandung kafein akan membuat anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang hipertensi. Kafein membuat aliran darah yang mengalir ke leher dan kepala menjadi berkurang pula. Pada suatu konsentrasi yang tidak dapat ditolerir lagi oleh tubuh, anda akan mendapatkan keadaan hipertensi. Hal ini juga yang pada dasarnya akan memunculkan kondisi telinga berdengung. Mengurangi asupan kafein akan menghindarkan anda dari telinga berdengung.

  1. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba pada dasarnya adalah salah satu bahan yang daoat membuat aliran darah menuju daerah otak, kepala, serta leher menjadi meningkat. Dengan mengonsumsi gingko biloba tentu peredaran darah akan menjadi lebih baik. pembuluh kapiler yang bekerja di saraf sekitar telinga akan merasakan dampaknya juga. Pengobatan dengan metode ini memang bukan cara instan. Anda akan tetap membutuhkan waktu untuk menghilangkannya. konsumsi ginkgo biloba ini bersama obat lain tentu akan disarankan agar membuat anda dapat mengobati telinga berdengung dengan lebih cepat.

  1. Mengetuk Pelan Kepala

Keadaan telinga berdengung yang anda alami dapat terjadi dari beberapa kondisi. Misal anda baru saja pulang dari tempat yang cukup berisik. Hal ini dapat diatasi dengan mengetuk-ngetuk kepala. Sesudah pulang dari klub atau konser, mungkin bagian koklea telinga anda akan mengalami sedikit permasalahan

Untuk mengatasinya, anda dapat menutup dulu kedua telinga menggunakan kedua telapak tangan. Setelah itu arahkan jari-jari ke bagian belakang dan biarkan menempel di kepala bagian belakang. Setelah itu anda dapat mengetuk perlahan kepala anda dengan menggunakan jari tengah secara berulang. Pada metode ini, anda juga dapat menempatkan jari telunjuk di atas jari tengah. Metode ini akan secara otomatis memproduksi suara seperti dentuman drum pada telinga anda. Anda dapat melakukanya sebanyak 40-50 kali. Secara perlahan suara dengungan pada telinga akan menghilang

  1. Meredam Suara

Metode akan digunakan oleh dokter dengan pertimbangan tertentu. Memyamarkan bising pada telinga anda adalah tujuan utama dari melakukan metode peredaman suara. Dalam metode ini, anda dapat menggunakan beberapa alat untuk membantu anda menyamarkan bunyi berisik bagi telinga anda.

Salah satu alat yang biasanya dipakai adalah kipas angin. Pada dasarnya kipas angin akan berperan sebagai mesin derau putih yang akan menghasilkan suara seperti hembusan angin. Kipas angin dapat meredam bising pada telinga secara sempurna dengan penggunaan yang tepat.

Dokter juga biasanya akan memberikan alat khusus penyamar suara dengungan.  Penggunaan alat ini dengan memasangnya langsung ke telinga pasien. Alat ini akan memunculkan gelombang derau putih yang dihasilkan secara berkelanjutkan. Dengan demikian, dengungan yang mengganggu yang timbul di dalam telinga Anda dapat tersamarkan.

  1. Mengurangi konsumsi nikotin dan alkohol

Pada dasarnya nikotin dan alkohol tak hanya merusak kesehatan tubuh. Kedua zat tersebut juga berperan besar dalam kerusakan telinga. Pembuluh darah yang terkena kandungan nikotin dan alkohol akan menjadi stress dan membesar. Anda perlu membatasi keduanya untuk dapat terus menjaga kesehatan telinga anda.

  1. Mengurangi stres

Stres pada dasarnya merupakan salah satu penyebab dari telinga berdengung. Bukan hanya telinga berdengung saja. Apabila anda stres, segala macam penyakit tentu akan menjadi sangat mudah menyerang anda. Berolahraga dan memperbanyak meditasi serta memperdalam keimanan dapat membuat anda lebih mudah untuk terhindar dari stres!

  1. Menghindari suara-suara keras

Bagi anda sekalian penggemar konser dan musik keras-keras, anda sebaiknya hindari dulu aktivitas tersebut. Apabila telinga dalam keadaan tidak sehat, kedua aktivitas tadi dapat dengan mudah merusak keadaan telinga dan memperparahnya. . Apabila anda juga bekerja di tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang cukup tinggi, anda sebaiknya mengungsi terlebih dahulu. Bahkan suara pesawat terbang juga dapat mengganggu keadaan telinga anda. Berada di suatu tempat yang mengadakan proyek dengan keselamatan telinga yang rendah juga berbahaya bagi keadaan anda. Sebisa mungkin apabila anda bekerja dalam lingungan kerja dengan tingkat kebisingan yang cukup tinggi, biasakan untuk selalu membawa pengaman telinga agar telinga anda mendapat perlindungan yang semestinya.

  1. Diet Sehat

Pada dasarnya diet yang seimbang dapat membuat anda menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Selain itu anda juga tentu dapat menurunkan berat badan berlebih yang ada pada tubuh anda. Ternyata diet seimbang juga dapat membantu anda untuk menyembuhkan keadaan telinga berdengung yang ada. Pada dasarnya diet akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah menurun. Pada keadaan ini anda akan lebih mudah terhindar dan mengobati telinga berdengung yang anda alami.

Diet yang dilakukan secara benar jugamampu memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kondisi tersebut, infeksi serta penyakit akan sulit menembus pertahan tubuh anda. Tentunya hal ini termasuk dengan masalah telinga berdengung. Memulai gaya hidup yang sehat yang tentunya juga diimbangi dengan olahraga akan mampu meredakan tinnitus

  1. Menambah kualitas tidur

Pada kondisi kurang tidur, tentu anda akan lebih mudah terserang segala penyakit. Kurang tidur juga akan berdampak secara langsung pada konsentrasi, indra penglihatan, serta pada pendengaran anda. Pada kondisi seorang tidur terlalu sedikit atau memiliki tidur yang tidak berkualitas, seseorang akan menjadi sangat mudah untuk terserang berbagai macam penyakit. Telinga berdengung adalah salah satunya. Biasakan untuk tidur 8 jam setiap harinya dengan suasana tidur yang baik dan dapat membuat anda terlelap.

  1. Kulit Manggis

Pada dasarnya kulit manggis lebih dikenal sebagai obat anti kanker. Namun siapa sangka, ternyata kulit manggis ini juga mampu mengobati telinga berdengung. Anda cukup merebusnya bersamaan dengan daun sirsak. Setelah anda merebus kedua daun tersebut sampai lodoh, diamkan sejenak agar tidak terlalu panas. Saringlah larutan dari kedua bahan utama tersebut ke dalam sebuah wadah. Setelah itu anda dapat meminumnya setiap hari secara rutin. Tak lupa anda juga dapat menambahkan madu sesuai selera untuk cita rasa yang lebih baik. Meminumnya secara rutin dapat dengan segera menghindarkan anda dari telinga berdengung yang mungkin anda alami.


  1. Biji Mahoni

Telinga berdengung dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Begitu juga dengan berbagai macam metode pengobatan yang bisa anda aplikasikan untuk mengobatinyna. Salah satu yang bisa mengobati penyakit anda ini mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Ya, Biji mahoni. ternyata biji mahoni sangat berguna untuk mengobati telinga berdengung dengan singkat. Anda hanya perlu menumbuknya bersamaan dengan beberapa ramuan lain seperti daun iler dan kunyit. Anda juga dapat menambahkan minyak wijen secukupnya. Setelah ramuan telah lengkap segera hangatkan ramuan tersebut. Ketika semuanya telah terbentuk secara maksimal, anda dapat meneteskanya ke bagian telinga yang berdengung. Diamkan selama beberapa menit dan anda siap untuk membersihkan larutan tersebut dari telinga anda

  1. Daun iler

Ramuan ini memiliki khasiat yang sama seperti biji mahoni. Cara pengolahanya pun sama persis, anda dapat merebusnya dalam minyak wijen untuk segera diteteskan pada telinga anda yang berdengung. Tanpa efek samping dan mudah untuk dibuat, daun iler yang telah dicampurkan dengan berbagai macam ramuan lain dapat terbilang efektif. Anda hanya memerlukan 2-3 tetes saja. Dengan pemakaian 1-2 kali dalam sehari anda akan merasakan khasiatnya. Pemakaian yang rutin dalam jangka waktu yang lebih panjang tentu akan membuat anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Menggunakan obat tetes

Pada zaman yang serba canggih ini, anda tentu dapat menemukan berbagai macam pengobatan. Salah satunya adalah pada keadaan telinga berdengung yang sedang anda alami. Apabila anda gagal untuk memberikan pengobatan secara mandiri, anda tentu dapat mencoba beberapa obat tetes untuk telinga yang sudah beredar lebih dulu di pasaran. Anda cukup membeli di apotek terdekat lalu segera mengaplikasikanya pada telinga anda.

Hanya sebelum menggunakan obat tetes tersebut, kami ingatkan untuk membeli obat tetes dengan merk yang terpercaya. Mengikuti saran dokter terlebih dahulu juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk segera membebaskan diri dari telinga berdengung dengan teknik atau menggunakan obat yang tepat dan sesuai. Jangan sampai anda membeli jenis obat bodong yang tidak memiliki khasiat sama sekali atau bahkan malah memperparah keadaan telinga anda. Kenali dengan baik obat tetes yang anda akan gunakan serta cara penggunaanya. Melakukan research secara mendalam sebelum membeli dan memakai obat tetes untuk telinga anda adalah tindakan yang bijak dan sangat disarankan untuk dilakukan.

  1. Mengenali sebab telinga berdengung

Cara ini adalah cara yang paling simpel dan mudah. Anda terlebih dahulu harus bisa dengan bijak mengetahui darimana asalnya telinga berdengung tersebut berasal. Apabila dengungan berasal dari lingkungan kerja yang bising, anda perlu menghindarinya. Apabila berasal dari kesehatan yang menurun, anda perlu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Apabila berasal dari stress, anda harus segera menenangkan diri anda.

Pada dasarnya cara ini adalah salah satu cara yang perlu dilakukan pada tahap awa sebelum menentukan pengobatan mana  yang akan diambil. Karena tentunya penyebab telinga berdengung sangat beragam dan bermacam-macam. Mengenalinya dengan baik tentu akan membuat anda akan memilih cara pengobatan yang paling tepat dan terhindar dari metode pengobatan telinga yang salah dan tidak berguna.

Demikianlah sejumlah cara mengobati telinga berdengung yang dapat kami bagikan kepada anda. Namun pada dasarnya akan selalu kami ingatkan untuk senantiasa menjaga kebersihan telinga. Selalu mengonsumsi makanan sehat dan menjaga performansi serta penggunaan telinga adalah salah satu kunci untuk dapat terhindar dari segala jenis penyakit yang dapat senantiasa menjangkit. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selamat mencoba dan semoga anda selalu diberkahi kesehatan yang melimpah!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan