Sponsors Link

20 Cara Mengobati Telinga Bernanah Segala Usia

Sponsors Link

Telinga bernanah adalah suatu keadaan yang ditimbulkan akibat infeksi pada telinga. Berawal dari sebuah cidera atau luka pada bagian dalam telinga, nanah dapat muncul akibat adanya mikroba yang menginfeksi luka tersebut. Nanah pada dasarnya adalah cairan yang biasanya berwarna putih, kuning, atau hijau yang disebabkan dari luka pada bagian tubuh. Nanah sendiri muncul dari sel darah putih yang mati akibat terjadinya peradangan.

ads

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan keadaan telinga bernanah adalah cidera yang tidak ditangani secara baik oleh penderitanya, pemakaian alat pembersih telinga yang kotor atau tajam, serta kondisi lingkungan yang memungkinkan mikroba penyebab peradangan dapat menyerang anda dengan cepat.

Apabila anda telah mengalami telinga bernanah, pengobatan secara cepat dan tepat sangat dibutuhkan untuk segera mengatasi situasi ini. Apabila dibiarkan, infeksi pada telinga anda akan menjadi tambah parah. Kemungkinan yang lebih buruh adalah nanah akan mulai menjalar ke tempat lain dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tapi jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengobati telinga bernanah.

1. Garam Panas

Pada jenis pengobatan telinga bernanah yang satu ini, anda membutuhkan garam dapur halus yang telah dipanaskan dengan microwave. Setelah proses pemanasan selesai, anda perlu untuk mengikat garam tersebut dalam sebuah sapu tangan yang lembut. Ikat kuat agar tidak terjadi kebocoran garam selama proses pengobatan.

Apabila persiapan anda telah selesai, anda dapat menggunakan sapu tangan tersebut untuk mengompres bagian telinga yang sedang terinfeksi selama beberapa saat. Cara ini cukup manjur untuk segera meredakan nanah pada telinga anda. Alat dan bahan yang digunakan pun relatif murah dan dapat anda temukan dengan cepat di rumah anda.

2. Daun Kemangi

Pemakaian daun kemangi bukan hanya diaplikasikan sebagai lalapan dalam makanan. Daun yang satu ini memang memiliki beberapa khasiat dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang dirasakan oleh manusia. Salah satunya adalah daun ini dapat mengobati telinga bernanah. Bagi anda yang sedang terjangkit penyakit ini, anda dapat segera mengambil daun kemangi secukupnya.

Selanjutnya bersihkan daun tersebut sebelum akhirnya dilumat hingga halus. Setelah anda melumat daun kemangi tersebut, anda dapat mengoleskanya pada bagian telinga anda yang tengah mengalami peradangan tersebut. Apabila sulit menempel, anda dapat mencapurkan hasil tumbukan daun kemangi dengan beberapa tetes air.

Perlu diperhatikan, bahwa pemakaian tumbukan daun kemangi ini hanya boleh dilakukan pada telinga bagian luar. Hindari mengoleskan tumbukan daun telangi terlalu dalam agar tidak masuk ke dalam lubang telinga. Dalam penerapanya anda bisa mencobanya terlebih dahulu pada bagian tangan untuk mengetes apakah tumbukan daun kemangi sudah cukup lengket untuk dapat menempel saat dioleskan pada bagian telinga anda yang terluka dan bernanah tersebut.

3. Daun Kemangi dan Minyak Kelapa

Pengobatan daun kemangi memiliki beberapa variasi. Untuk kasus telinga bernanah, selain anda dapat menumbuknya secara langsung hingga halus lalu dioleskan pada luka, anda juga dapat mencampurkanya dengan beberapa bahan tambahan. Salah satu bahan yang dianjurkan adalah minyak kelapa. Caranya pun cukup mudah, anda hanya membutuhkan minyak kelapa segar secukupnya.

Campurkan minyak kelapa tersebut pada lumatan daun kemangi yang telah anda miliki. Aduk hingga merata. Setelah kedua bahan telah dicampurkan, anda tinggal mengoleskanya pada bagian yang terluka. Untuk hasil yang maksimal, anda harus menggunakanya secara rutin sebanyak 2 kali sehari.


4. Obat Tetes Herbal

Pemakaian obat tetes herbal juga merupakan salah satu alternatif yang banyak diminati penderita telinga bernanah. Anda cukup menyiapkan beberapa bahan yang sesuai seperti cuka sari apel, minyak zaitun, minyak pohon teh, dan juga koloid perak dengan takaran secukupnya.

Campur semua bahan tersebut dan diaduk  hingga merata. Setelah anda mendapatkan larutan ramuan tersebut, teteskan secukupnya pada bagian telinga yang terluka. Pastikan anda memakainya secara rutin sampai keadaan telinga anda membaik. Jangan lupa untuk segera membersihkan sisa dari pemakaian obat tetes tersebut dari telinga anda setiap kali anda meneteskanya.

5. Daun Sambiloto

Daun sambiloto mungkin bukanlah nama yang asing bagi anda apabila anda adalah pecinta obat-obatan herbal. Daun ini memiliki sejumlah manfaat pengobatan bagi tubuh untuk beberapa jenis penyakit. Untuk pengobatan telinga bernanah sendiri, anda cukup menumbuk daun sambiloto ini hingga benar-benar halus.

Kemudian anda harus mengambil ekstrak dari tumbukan daun sambiloto untuk dijadikan obat bagi telinga anda. Teteskan ekstrak tumbukan daun sambiloto pada bagian telinga yang mengalami infeksi. Pastikan anda memakainya secara rutin 1-2 kali sehari sampai keadaan telinga anda membaik.

6. Daun kentutan dan Garam

Penggunaan daun kentutan dan garam adalah salah satu cara untuk menyembuhkan telinga bernanah yang sedang anda alami. Cara membuatnya pun cukup muda. Anda cukup mencampurkan garam dapur halus dengan ekstrak daun kentutan secukupnya. Untuk mendapatkan ekstrak daun kentutan, anda cukup menumbuknya hingga halus terlebih dahulu.

Setelah ditumbuk, campurkan hasil tumbukan dengan air untuk kemudian diperas untuk mendapatkan ekstraknya. Setelah pencampuran kedua bahan tadi selesai, selanjutnya anda hanya cukup meneteskan larutan tersebut pada telinga yang terinfeksi. Jangan lupa untuk terus meneteskan obat herbal ini ke bagian telinga anda secara rutin sampai adanya tanda-tanda kesembuhan dari telinga anda.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya juga salah satu jenis tanaman yang mungkin sering anda jumpai dimana saja. Selain untuk kecantikan, ternyata lidah buaya juga memiliki sejumlah manfaat terkait penyembuhan. Untuk penyembuhan pada telinga yang bernanah, anda cukup mengupas kulit luar dari tanaman lidah buaya. kemudian anda dapat mengambil daging dari lidah buaya tersebut lalu dilumat sampai benar-benar halus. Setelah mendapatkan tekstur yang cukup lembut, segera oleskan lidah buaya tersebut kepada telinga anda yang tengah mengalami infeksi. Penggunaan secara rutin selama beberapa minggu kedepan juga dianjurkan agar anda mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan lidah buaya ini.

8. Daun wungu dan Garam

Daun wungu dan garam adalah salah satu jenis obat tradisional berikutnya yang dapat menyembuhkan telinga bernanah. Anda cukup mencampurkan daun wingu dengan garam dapur halus secara merata. Kemudian siapkan sebuah wadah untuk merebus campuran tersebut hingga mendidih di atas api panas.

Setelah mendidih, letakan larutan tersebut pada suatu ruangan terbuka. Setelah dingin, anda dapat menggunakan sapu tangan untuk dibasahi dengan cairan tersebut. Terakhir oleskan cairan daun wungu dan garam untuk mengobati telinga anda. Oleskan secara teratur selama beberapa hari ke depan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Batang dan Daun Bandotan

Daun bandotan mungkin bukanlah nama yang asing bagi anda pecinta obat-obatan herbal. Daun ini memiliki sejumlah manfaat pengobatan bagi tubuh untuk beberapa jenis penyakit. Namun bukan hanya daun bandotan yang memiliki efek pengobatan, ternyata anda juga dapat menggunakan batangnya sekaligus untuk mendapatkan efek pengobatan dari telinga bernanah.

Untuk pengobatan telinga bernanah sendiri, anda cukup menumbuk daun dan batang bandotan hingga benar-benar halus. Kemudian anda harus mengambil ekstrak dari tumbukan yang ada  untuk dijadikan obat bagi telinga anda. Anda dapat segera mengoleska hasil tumbukan tersebut pada daerah yang terinfeksi dan mengeluarkan nanah. Pastikan anda mengoleskanya secara teratur untuk mendapatkan hasil  yang maksimal.

10. Kurma dan Madu

Pada dasarnya kurma dan madu adalah sejenis kudapan yang alami yang memiliki banyak dampak positif bagi tubuh. Selain cita rasanya yang dapat memanjakan lidah, kandungan anti bakterial yang dimiliki oleh kurma dan madu juga dapat membantu anda untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang sedang mendera. Mengkonsumsi kurma dan madu secara teratur tentu dapat membantu memberikan penyembuhan bagi telinga anda.

11. Teh Bunga Mullein dan Minyak Zaitun

Penggunaan teh bunga mullein dan minyak zaitun adalah salah satu alternatif yang bisa anda coba untuk mengobati telinga bernanah. Apabila anda adalah orang yang cukup rutin mengonsumsi teh ini, anda dapat mengambil hasil endapat dari teh bunga mullein dan menyulapnya menjadi obat herbal bagi anda. Setelah anda mengumpulkan endapan yang dirasa cukup, segera campurkan bahan tersebut dengan minyak zaitun.

Proses pencampuran ini dapat memakan waktu hingga 1 hari agar kedua bahan dapat tercampur sempurna. Setelah semua proses selesai, anda dapat mengoleskan obat tersebut pada bagian telinga yang mengalami luka. Pemakaian secara rutin dan teratur sangan dianjurkan agar anda mendapatkan hasil yang optimal

12. Tribulus dan maca

Apabila masih asing bagi telinga anda, tribulus dan maca adalah bahan alami yang mungkin dapat anda temukan di toko obat terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal anda. Belilah ekstrak dari kedua bahan tersebut untuk mengurangi dampak infeksi telinga yang sedang anda alami. Di dalam kedua bahan tersebut terdapat kandungan azadirachtin yang mampu membunuh mikroba penyebab infeksi secara efektif. Penggunaan obat ini secara teratur akan memberikan kesembuhan yang relatif cepat.

13. Bawang Putih

Bawang putih memang pada dasarnya adalah salah satu jenis bumbu dapur mulitfungsi. Selain berperan penting sebagai penyedap makanan, bawang putih juga dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan manusia. Banyak kandungan dalam tanaman ini yang dapat secara langsung maupun tidak langsung mendukung proses penyembuhan maupun mempertahankan kesehatan tubuh.

Dalam kasus telinga bernanah, penggunaan bawang putih dapat diaplikasikan dengan memakan langsung bumbu dapur ini. Ambil 1 atau 2 bawang putih lalu kunyah bawang putih tersebut hingga halus. Penggunaan secara langsung juga dapat diterapkan pada telinga anda. Anda cukup menumbuk bawang putih tersebut hingga halus dan lembut kemudian oleskan hasil tumbukan pada daerah yang mengalami infeksi. Proses ini harus dilakukan secara teratur selama beberapa hari ke depan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

14. Daun pegagan dan Minyak Kelapa

Salah satu cara yang patut dicoba untuk mengobati telinga yang bernanah adalah dengan menggunakan campuran dari tumbukan daun pegagan dan minyak kelapa. Anda cukup menumbuk daun pegagan hingga halus dan lembut sebelum akhirnya dicampurkan dengan minyak kelapa. Panaskan kedua bahan tersebut dan aduk hingga merata.

Sebelum anda dapat menggunakan obat herbal ini pada telinga anda, anda disarankan untuk melakukan proses pembersihan terlebih dahulu pada telinga anda. Setelah dirasa cukup bersih, anda dapat mengoleskan obat herbal ini pada daerah yang mengalami infeksi. Oleskan secara teratur selama beberapa hari ke depan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

15. Daun basil

Penggunaan daun basil juga adalah salah satu alternatif pengobatan bagi telinga bernanah. Untuk melakukan proses penyembuhan menggunakan daun basil, anda dapat menggunakan dua cara tergantung dari situasi yang anda hadapi.

Untuk peradangan atau infeksi yang terjadi pada daerah telinga bagian luar, anda dapat melumatkan daun basil secukupnya lalu anda dapat langsung mengoleskanya pada bagian yang terkena infeksi. Jangan lupa untuk memilih daun basil dalam keadaan yang masih bagus untuk efek  yang maksimal.

Apabila anda mengalami infeksi pada bagian yang cukup dalam. Anda dapat menumbuk daun basil sampai halus dan lembut, kemudian anda dapat mencampurkanya dengan minyak kelapa. Aduk hingga kedua bahan tercampur secara merata. Kemudian untuk proses pengobatanya, anda dapat menggunakan cotton bud untuk mengoleskan obat herbal tersebut pada bagian telinga yang terinfeksi pada bagian yang cukup dalam.

16. Akar Pinang Muda

Penggunaan akar pinang muda juga dipercaya dapat menyembuhkan telinga bernanah pada anak. Untuk membuatnya anda cukup mengambil pinang muda yang masih segar secukupnya. setelah itu lakukan proses  pencucian pada akar pinang muda sampai bersih lalu akar pinang muda tersebut siap untuk ditumbuk sampai halus.

Setelah proses penumbukan selesai, peras dan tampunglah airnya, pastikan air perasan tersebut anda pisahkan dari ampasnya. Pastikan anda telah membersihkan telinga anda sampai benar-benar bersih sebelum anda menggunakan cairan tersebut sebagai obat telinga. Terakhir teteskan 2-3 tetes air dari akar pinang muda olahan anda tadi ke dalam telinga yang mengalami infeksi.

Jangan biarkan tetesan air perasan daun pinang yang anda teteskan berantakan dan keluar telinga, untuk mengatasi hal  tersebut anda dapat menutupi telinga dengan kapas bersih supaya airnya tidak keluar. Pemakaian obat herbal ini secara rutin sangat dianjurkan agar anda lekas terbebas dari telinga bernanah tersebut.

17. Kulit Manggis

Kulit manggis adalah salah satu obat herbal yang cukup populer di kalangan pengobatan herbal untuk beberapa jenis penyakit. Obat herbal ini juga ternyata bisa diaplikasikan untuk menyembuhkan telinga bernanah yang kerap kali mengganggu anda.

Cara pemakaian dari kulit manggis yaitu. siapkan kulit manggis secukupnya, setelah itu siapkan air dan wadah yang akan digunakan untuk merebus kulit buah manggis. Lakukan proses perebusan sampai mendidih. Setelah itu anda harus  menyaring larutan kulit manggis hasil rebusan tadi. Anda dapat mencampurnya juga dengan rebusan air daun sirsak. Setelah semua tercampur, anda dapat menambahkan madu pada obat herbal yang satu ini sesuai selera. Meminum larutan kulit manggis ini secara rutin akan membantu memberikan pengobatan yang maksimal.

18. Daun Sirsak

Sama halnya dengan daun manggis, daun sirsak juga memiliki khasiat yang hampir sama dalam penyembuhan telinga bernanah. Proses membuatnya pun tidak rumit.  Anda hanya butuh untuk  menyiapkan daun sirsak secukupnya lalu cuci sampai bersih. Setelah itu anda dapat merebus daun sirsak yang telah anda siapkan barusan hingga mendidih.

Setelah anda merebus daun sirsak tadi, saringlah air rebusanya hingga anda mendapatkan larutan siap minum. Setelah itu anda dapat langsung meminum air rebusan daun sirsak ini sebagai obat herbal bagi telinga anda. Pastikan anda tertib dalam mengonsumsi larutan ini agar mendapatkan proses penyembuhan yang sempurna.


19. Propolis

Propolis pada dasarnya adalah sebuah zat yang didapat dari ekstrak resin yang dikumpulkan oleh lebah pekerja khusus yang memiliki tugas untuk mencari senyawa resin dari daun yang baru tumbuh pada bagian kulit pohon dengan jenis tertentu. Senyawa yang telah dikumpulkan kemudian dicampurkan dengan sedikit lilin lebah, madu, dan enzim sebelum akhirnya propolis dapat diproduksi secara alami.

Propolis sendiri  berguna untuk menambal sarang lebah yang bocor dan memperkuat sarang lebah sebagai sarana perlindungan utama para lebah. Selain dari pada itu fungsi  dari propolis yang tidak sangat berguna bagi kelangsungan hidup lebah adalah untuk membungkus bangkai binatang mati yang telah masuk kesarang lebah agar tidak menyebarkan penyakit yang dapat membahayakan para lebah.

Propolis sendiri ternyata mengandung zat yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Propolis mengandung ratusan bahan kimia yang bahkan sampai sekarang belum dapat diidentifikasi secara sempurna oleh para ilmuwan. Namun yang perlu diketahui adalah konsumsi propolis dapat meningkatkan daya tubuh manusia secara signifikan. Bahka propolis sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri yang resistan terhadap antibiotik buatan manusia.

Khasiatnya yang beragam tentu telah tergambar dari deskripsi propolis yang telah anda baca barusan. Dewasa ini penggunaan propolis adalah salah satu andalan dalam melawan segala jenis infeksi. Tentu dalam kasus telinga bernanah, propolis juga tetap dapat diandalkan sebagai salah satu obat yang kredibel dan dapat menyembuhkan penyakit tersebut secara efektif dari telinga anda.

20. Obat Tetes Telinga

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengolah tanaman herbal, jangan khawatir. Anda tetap dapat mengandalkan beberapa jenis obat tetes yang memang dikhususkan untuk mengobati telinga bernanah. Anda cukup membeli obat tersebut pada apotek terdekat yang ada. Tentu dalam proses pembelian, anda harus tahu benar obat jenis apa yang anda butuhkan. Anda juga disarankan untuk bertanya terlebih dahulu dengan apoteker yang ada agar anda dapat membeli obat tetes yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keadaan yang sedang anda alami.

Pengunaan obat tetes pada umumnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat menemukan beberapa merk yang memiliki efek serupa, yaitu penyembuhan bagi anda. Hanya perlu dicatat bahwa anda harus berhati-hati agar kandungan dalam obat tetes tersebut bebas dari alergen yang (mungkin) anda miliki. Berkonsultasi dengan tenaga medis terpercaya sebelum membeli obat juga menjadi alternatif yang baik untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sekian beberapa jenis cara pengobatan yang dapat anda aplikasikan dalam memberikan pengobatan bagi telinga bernanah. Namun perlu disadari bahwa anda tidak harus berhadapan dengan situasi tersebut apabila anda rajin merawat kesehatan tubuh, terutama telinga. Memelihara sistem kekebalan tubuh juga menjadi salah satu kunci terbebas dari penyakit macam ini. Terakhir hindari penggunaan benda tajam dalam membersihkan telinga anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati 🙂 Selamat mencoba, semoga artikel ini berguna bagi anda semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan