Sponsors Link

6 Cara Mengobati Telinga Budek Sebelah secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Tidak lepas dari permasalahan kesehatan, organ telinga Anda juga bisa mengalami berbagai jenis gangguan dari ringan hingga serius. Meski organ telinga berada di dalam, namun tidak menutup kemungkinan kotoran, bakteri, dan virus bisa masuk dan menimbulkan kelainan. Anda harus menggunakan alat pendengaran telinga yang bagus jika kemampuan mendengar Anda sudan hilang karena budek.

ads

Hilangnya kemampuan mendengar tentu akan sangat mengganggu. Karena dengan begitu, Anda tidak bisa hidup dengan normal. Kehidupan dan aktivitas sehari-hari Anda pun akan terganggu. Kendati demikian, ada beberapa cara mengobati telinga budek sebelah secara alami yakni sebagai berikut. Menggunakan Ramuan Herbal

  1. Jahe

Jahe diketahui memiliki senyawa antibiotik dan antijamur yang bagus untuk mencegah dan mengobati infeksi pada telinga. Umumnya, infeksi yang terjadi di dalam rongga telinga adalah penyebab utama kenapa telinga Anda tidak bisa mendengar dengan normal atau budek. Nutrisi-nutrisi dalam jahe mampu meregulasi dan mengaktifkan sistem saraf yang memfasilitasi mobilitas gelombang transmisi suara menuju otak.

Penggunaan jahe untuk gangguan telinga seperti budek memanfaatkan air perasaannya sebagai obat. Anda hanya perlu mememarkan satu batang jahe lalu rebus dalam air panas selama 15 menit. Jika diminum secara rutin setiap hari, nutrisi-nutrisi dalam jahe bisa membuat gangguan telinga Anda semakin membaik.

  1. Kunyit

Khasiat yang sama dengan Jahe bisa Anda temukan di dalam kunyit. Manfaat kunyit memang banyak, sama halnya dengan bawang putih. Jika Anda memiliki banyak stok bawang putih, ketahuilah cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih karena cara tersebut cukup berguna.

Manfaat kunyit bagi pendengaran dan proses pengobatan gangguan telinga seperti cara mengobati telinga budek sebelah secara alami berasal dari kandungan bioaktif dan medicinal properties yang membantu otak dan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, kunyit juga memiliki banyak kandungan mineral potasium yang berguna dalam menjaga kesehatan telinga.

  • Siapkan kunyit, minyak wijen, daun iler, dan biji mahoni,
  • Haluskan kunyit, daun iler, dan biji mahoni lalu peras,
  • Campurkan dengan 3 sdm minyak wijen yang sudah dipanaskan,
  • teteskan ke dalam rongga telinga setelah mendingin.
  1. Echinacea

Sebagai herbal populer yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai kelainan kesehatan tubuh, Echinacea juga mampu memberikan manfaatnya terhadap kesehatan telinga. Herbal ini juga dikenal sebagai American coneflower  yang berfungsi untuk mendorong sistem imun dalam mengatasi berbagai gejala penyakit seperti demam dan mengobati infeksi pada telinga yang bisa mengakibatkan pada kebudekan.

Dalam Echinacea terdapat antibiotik yang bisa membunuh virus di dalam telinga yang terinfeksi. Bahkan, herbal ini juga mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada organ THT yang lain seperti sinus dan jaringan telinga. Kendati memiliki rasa yang pahit, Echinacea sangat bermanfaat.

  1. Minyak Esensial

Tidak ada yang bisa menyangkal manfaat yang terdapat dalam minyak esensial. Meski belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat signifikan dari minyak esensial terhadap cara mengobati telinga budek sebelah secara alami, tetapi potensi besar muncul dari kandungan dalam minyak esensial yang kaya dan bermanfaat untuk kesehatan telinga.


Seperti halnya dalam minyak esensial eucalyptus mengatus pasokan cairan di belakang telinga dan mengatasi sensasi telinga budek karena tertutup. Minyak lainnya yang juga bermanfaat adalah minyak esensial lavender.

Minyak ini diketahui mengandung efek antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan karena infeksi di dalam telinga. Sementara itu, minyak zaitun dengan kombinasi bawang putih bisa dijadikan sebagai cara mengobati telinga budek sebelah secara alami sesuai langkah berikut.

  • Siapkan 4 siung bawang putih dan minyak zaitun,
  • Lumat bawang putih dan campurkan dengan minyak zaitun,
  • Simpan di dalam botol selama 2 hari di tempat teduh,
  • Ambil sedikit dan teteskan ke dalam telinga.
  • Berbaringlah dan biarkan menyerap.

Memberikan Tindakan Penyembuhan

  1. Kompress Air Hangat/Dingin

Selain menggunakan ramuan rempah untuk diaplikasikan ke sekitar telinga atau dikonsumsi, gangguan pendengaran berupa hilangnya kemampuan untuk mendengar juga bisa diatasi dengan beberapa tindakan penyembuhan. Tindakan ini biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan budek ringan. Salah satunya adalah dengan mengompres bagian luar telinga menggunakan air hangat atau air dingin.

Meski tidak signifikan, kompres air hangat bisa membut penyebab telinga tidak bisa mendengar dengan baik teratasi. Suhu hangat bisa melebarkan pembuluh darah yang barangkali menjadi alasan kenapa Anda tidak bisa mendengar dengan baik.


  1. Melakukan Pijatan

Selain mengompres dengan air hangat, Anda juga bisa melakukan pijatan di bagian luar telinga hingga ke daerah leher. Ada sistem saraf yang saling berkesinambungan dan saling memengaruhi. Namun untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya Anda meminta seseorang yang tahu teknik pemijatan dengan benar untuk memijat Anda.

Hal ini agar mengatasi salah urat atau titik pijat yang barangkali Anda alami. Selain itu, orang yang kompeten juga bisa mengetahui ciri-ciri telinga bermasalah serta memberikan pengobatan yang paling sesuai. Dengan begitu, hilangnya kemampuan mendengar Anda karena budek bisa segera di atasi dengan segera.

Mengalami budek atau hilangnya kemampuan mendengar tentu akan sangat mengganggu. Hal ini juga mengindikasikan bahwa ada anomali di dalam organ telinga Anda baik karena gangguan bakteri dan kuman yang menyebabkan infeksi maupun peradangan. Selama memungkinkan, Anda sudah sepatutnya mencari pengobatan dan cara mengobati telinga budek sebelah secara alami.

Kendati demikian, ada beberapa kondisi yang tampaknya mendorong Anda untuk berhenti melakukan pengobatan secara alami. Ada baiknya Anda berskonsultasi dengan dokter THT jika budek yang Anda alami disertai dengan keluarnya nanah atau darah dari rongga telinga. Atau keluhan yang Anda alami mengindikasikan adanya gangguan yang lebih serius seperti gendang telinga yang pecah.

Dokter akan mengetahui dengan pasti keluhan tersebut serta cara menyembuhkan gendang telinga yang pecah. Tujuan dari pengobatan adalah untuk menyembuhkan, jika satu cara sudah tidak memberikan efek yang signifikan maka Anda harus mencari cara lain hingga tujuan penyembuhan bisa didapatkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan