Sponsors Link

6 Cara Mengobati Telinga Sakit karena Headset Paling Aman

Sponsors Link

Pemakaian headset yang terlalu lama dapat menjadi penyebab telinga sakit. Akibatnya saraf dan pembuluh darah yang letaknya di dalam telinga mengalami penekanan sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Tidak hanya itu, telinga sakit juga dapat disebabkan karena suara dari headset yang terlalu kencang. Hal inilah yang menyebabkan gendang telinga menjadi rusak. Bahkan penggunaan headset yang terlalu sering dapat menyebabkan tuli permanen dan menjadi penyebab telinga berdengung. Oleh sebab itulah, berikut disajikan cara mengobati telinga sakit karena headset yang perlu Anda ketahui.

ads
  1. Daun Kemangi

Kandungan beta karoten dan vitamin C di dalam daun kemangi dapat berfungsi sebagai antiseptik untuk mengatasi telinga sakit karena headset. Di samping itu, Anda pun dapat menggunakan daun kemangi sebagai cara untuk mengobati telinga bernanah dan macam-macam penyakit telinga lainnya. Langkahnya cukup mudah, Anda perlu menghaluskan beberapa daun kemangi yang telah dicuci bersih. Setelah itu saringlah untuk diambil ekstraknya menggunakan kain bersih. Barulah berikan 2 tetes ekstrak kemangi tersebut pada telinga untuk mengurangi rasa sakit akibat headset. Untuk mengeluarkan sisa-sisa ekstrak daun kemangi, miringkanlah kepala Anda ke arah berlawanan.

  1. Bawang Merah

Cara mnegobati telinga sakit karena headset juga dapat menggunakan bawang merah. Hal ini karena di dalam bawang merah terdapat anti bakteri yang dapat melawan bakteri penyebab telinga sakit dan bernanah. Anda hanya perlu menumbuk beberapa suing bawang merah dan menambahkan sedikit air matang yang bersih. Ramuan tersebut dapat Anda oleskan pada telinga bagian luar karena dapat mengurangi rasa sakit di dalam telinga.

  1. Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga berkhasiat untuk mengatasi telinga yang sakit karena headset. Di dalam bawang putih terdapat zat baik yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit.  Tidak hanya itu, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan untuk cara membersihkan kotoran telinga yang membandel. Langkahnya sangat mudah, kupaslah beberapa siung bawang putih kemudian cucilah sampai bersih. Setelah itu, potonglah bawang putih menjadi dua bagian dan masukkan kedua bagian tersebut ke dalam masing-masing telinga. Anda dapat menggunakan sumbat telinga berupa bawang putih ini selama 30 hingga 35 menit atau sebelum tidur pada malam hari. Pada saat Anda menyumbat telinga dengan bawang putih memang muncul sensasi panas, namun sensasi tersebut akan berangsur-angsur hilang.

  1. Daun Peppermint

Cara mengobati telinga sakit karena headset berikutnya adalah menggunakan daun peppermint. Anda cukup mengambil daun peppermint kemudian menumbuk atau menggilingnya. Setelah itu ambil beberapa tetes daun peppermint tersebut dan balurkan pada telinga menggunakan kapas bersih.


  1. Jahe

Kandungan anti inflamasi dalam jahe mampu menyembuhkan telinga yang sakit akibat headset. Untuk ramuannya sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan perasan air jahe dan mengoleskannya di lubang telinga. Anda juga dapat mencampurkan jahe dengan minyak zaitun kemudian membalurkannya pada lubang telinga hingga meresap dalam beberapa menit.Dengan penggunaan jahe sebagai ramuan ini, maka fungsi daun telinga akan menjadi normal seperti sedia kala.

  1. Gunakan Headset dengan Benar

Ada cara menggunakan headset dengan benar agar tidak menyakiti gendang telinga yakni menggunakan volume yang tidak terlalu besar. Anda pun disarankan untuk tidak menggunakan headset saat berada dalam pesawat terbang maupun tempat ramai. Alasannya karena dalam kondisi tersebut pasti Anda akan cenderung untuk meningkatkan volume headset. Cara lain supaya telinga tidak sakit saat menggunakan headset adalah menghentikan pemakaian headset setiap 20 menit sekali. Anda pun perlu membiarkan telinga untuk beristirahat selama setengah hingga satu jam agar tidak menyebabkan penyakit telinga.

Demikian 6 cara mengobati telinga sakit karena headset yang perlu Anda ketahui. Telinga adalah organ penting dalam tubuh manusia yang wajib dijaga kesehatan dan kebersihannya. Untuk mengobati sakit telinga akibat headset dan cara menjaga kesehatan telinga secara alami, Anda juga dianjurkan untuk tidak menggunakan headset dalam jangka waktu terlalu lama.

, , ,