Sponsors Link

21 Cara Mengobati Telinga Tersumbat Paling Ampuh

Sponsors Link

Telinga tersumbat dapat terjadi karena berbagai faktor.  Sumbatan pada telinga umumnya disertai dengan gejala – gejala seperti pusing dan berkaitan dengan masalah penyakit lain berupa alergi, demam hingga sinus. Kadang kala muncul sensasi suara asing di dalam telinga seperti hembusan angin dan terganggunya daya dengar. Untuk membantu anda mendapatkan informasi mengenai cara mengobati telinga tersumbat kami mempersiapkan artikel ini bagi anda. Namun sebelum membahas lebih jauh lagi cara mengobatinya, ada baiknya kita kenali dulu jenis-jenis penyumbatan telinga berdasarkkan penyebabnya.

ads

Penyumbatan tersebut antara lain:

  • Penyumbatan akibat tekanan udara
  • Penyumbatan karena kotoran telinga
  • Penyumbatan karena Infeksi
  • Penyumbatan akibat terdapat cairan
  • Faktor lain-lain

Dengan mengetahui penyebab penyumbatan pada telinga, maka cara penanganan dan mengobatinya harus disesuikan dengan faktor penyebabnya. Setelah mengidentifikasi penyebab terjadinya sumbatan pada telinga, sebaiknya segera lakukan penanganan untuk mengurangi efek penyumbatan.  Apapun penyebabnya, tanganilah sedini mungkin untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan apalagi bila penyumbatan sudah mulai menimbulkan gejala-gejala berbahaya.

Pengobatan Telinga Tersumbat

Berikut ini cara yang mengobati telinga tersumbat sesuai faktor penyebabnya :

  1. Melakukan terapi uap atau inhalasi

Terapi uap sangat cocok dilakukan bagi anda yang mengalami radang akibat flu yang menimbulkan munculnya selaput lendir pada hidung anda. Selaput lendir tersebut kadang kala terjebak pada saluran eustachius, sebuah saluran penghubung antara hidung dan telinga bagian tengah. Kondisi itulah yang menjadi penyebabkan telinga anda terasa penuh dan hidung tesumbat saat flu. Penguapan akan membantu saluran eustachius akan terbuka. Lakukan lah terapi uap untuk mengatasi keadaan ini. Terapi uap dapat kita lakukan dengan :

  • Cara pertama, sediakan setengah liter air panas di dalam baskom, tambahkan 2 hingga 3 tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Tempatkan wajah anda tepat diatas baskom yang beruap tersebut dengan jarak antara wajah dan baskom jangan terlalu dekat agar wajah tidak terbakar panas. Gunakan handuk pada kepala untuk menghindari uap terbuang. Saat menghirup uap, tarik nafas dalam – dalam agar uap masuk kedalam ringga hidung. Lakukan sampai anda merasa cukup lega.
  • Cara kedua, sama seperti cara pertama hanya saja campuran yang anda gunakan adalah teh, herbal maupun ramuan rempah. Beberapa jenis teh seperti Chammomile memiliki efek antiradang dan antiseptik, sehingga sangat cocok untuk ditambahkan ke dalam campuran air panas tersebut.
  1. Memanfaatkan gravitasi untuk mengeluarkan cairan yang terperangkap di saluran Eustachia.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyumbatan pada telinga bisa terjadi karena adanya lendir maupun cairan yang terperangkap pada saluran penghubung antara hidung dan telinga bagian tengah (eustachia). Apabila anda merasakan kondisi demikian, anda dapat memanfaatkan tenaga gravitasi alami untuk mengeluarkan cairan maupun lendir yang terperangkap tadi. Berikut beberapa cara memanfaatkan gaya gravitasi untuk mengatasi penyumbatan pada telinga :

  • Berdiri pada satu kaki sambil miringkan sisi kepala yang mengalami penyumbatan ke bawah, kemudian melompatlah perlahan. Lakukan dengan hati – hati agar tidak terjatuh.
  • Berbaringlah pada bantal dengan posisi bagian telinga yang mengalami penyumbatan menghadap ke bawah. Lakukan pose demikian selama sejam. Perlahan – lahan gravitasi akan membawa cairan dalam telinga keluar.

  1. Menggunakan Neti Pot

Neti pot adalah alat khusus  berbentuk teko kecil yang digunakan untuk mengaliri saluran hidung.  Biasanya dilakukan untuk mengobati penyumbatan telinga yang terjadi akibat sinus. Mengaliri hidung dengan neti pot bisa meredakan gejala sinus dengan cepat tanpa menggunakan bantuan obat. Cara kerja neti pot adalah mengeluarkan lendir dari saluran hidung. Menggunakan neti pot harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Tidak diperbolehkan untuk memasukkan cairan apapun secara sembarangan kedalam telinga apabila gendang telinga sedang berlubang atau dicurigai mengalami infeksi. Sebaiknya anda pergi ke dokter.
  • Semua petunjuk untuk menggunakan neti pot harus diikuti dengan seksama. Pertama-tama isi neti pot dengan larutan yang terdiri dari 500 ml air hangat steril dan 1 sendok teh garam.
  • Setelah itu miringkan kepala dengan posisi kemiringan 45 derajat, sembari letakkan ujung neti pot di ujung  salah satu lubang hidung Anda. Larutan garam akan mengalir dari lubang hidung menuju rongga hidung, dan akan keluar dari lubang hidung yang lain. Apabila larutan tanpa sengaja masuk ke mulut anda, buang larutan tersebut. Ulangi kembali pada lubang hidung yang berbeda.
  • Apakah aman untuk menggunakan netipot terlalu sering ? Bagi mereka yang menderita sinus yang kronis maupun alergi, menggunakan neti pot setiap hari akan sangat membantu. Namun apabila kondisi sudah mulai membaik, penggunaan neti pot yang disarankan adalah tiga kali dalam seminggu.
  1. Mengunakan dekongestan dan antihistamin

Untuk penyumbatan telinga yang terjadi akibat demam maupun alergi sebaiknhya gunakan obat dekongestan. Obat dekongestan akan bekerja mengurangi pembengkakan yang terjadi di saluran telinga.  Anda dapat mengkonsumsi dekongestan dan antihistamin secara bersamaan sesuai anjuran penggunaan. Antihistamin bekerja meredakan gangguan di dalam saluran telinga dengan meredakan pembengkakan sehingga aliran udara lebih mudah melalui saluran telinga. Efek samping mengkonsumsi antihistamin akan menjadikan tenggorokan maupun saluran pernapasan terasa kering.  Untuk itu Anda sebaiknya minum banyak air putih.  Tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat dekongestan dan antihistamin secara rutin selama lebih dari satu minggu tanpa berkonsultasi dengan dokter.

  1. Melalui obat antibiotik yang disarankan dokter

Apabila telinga tersumbat yang anda alami disertai dengan rasa sakit yang begitu sensitif terhadap sentuhan bisa jadi itu dikarenakan adanya infeksi pada telinga anda. Infeksi telinga harus diobati dengan mengggunakan antibiotik agar bakteri penyebab infeksi pada telinga dapat diatasi. Jenis-jenis obat antiseptik tersebut dapat berupa obat telinga sebagai yang mengandung antiseptik, anti infeksi, dan anti alergi. Beberapa dari obat tetes telinga yang disarankan dokter juga mengandung antibiotik serta penghilang rasa sakit untuk meredakan nyeri telinga yang diakibatkan oleh alergi.

  1. Menggunakan obat tetes telinga

Bila penyumbatan disertai dengan rasa nyeri, pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan obat tetes telinga yang diresepkan, misalnya antipyrene-benzocaine. Ini adalah obat pemati rasa, yang tidak akan mengatasi penyumbatan, tetapi membantu mengurangi nyeri.

  1. Menggunakan jari untuk mengobati telinga tersumbat akibat tekanan udara

Saat telinga anda tersumbat akibat terjadi tekanan udara maka langkah mudah yang dapat anda lakukan adalah menggunakan jari telunjuk anda untuk mengatasi keadaan tersebut. Masukkan jari telunjuk ke dalam telinga dan cobalah mengguncangkan telinga secara perlahan dengan jari tersebut. Putar jari telunjuk dengan lembut di dalam lubang telinga, lakukan terus menerus sampai tercipta ruang hampa udara pada telinga.

  1. Menggunakan kompres hangat

Kompres hangat yang diletakkan pada telinga yang tersumbat akan membuka saluran eustachius yang tadinya tersumbat. Selain itu kompres hangat juga dapa mengurangi pembengkakan yang terjadi pada telinga yang diakibatkan oleh infeksi. Rendamlah handuk berukuran kecil dan agak tebal di dalam air hangat. Setelah handuk cukup hangat, peras handuk hingga tidak meneteskan air. Lipat handuk dan tempelkan pada bagian telinga yang bermasalah. Lakukan berulang- ulang hingga efek dari kompres mulai terasa. Selain menggunakan handuk, anda juga dapat menggunakan alat-alat lain mulai dari kain yang dihangatkan hingga botol yang diisi air panas.

  1. Menguap

Melakukan gerakan menguap akan mempermudah udara keluar dari dalam telinga, sehingga tekanan dalam telinga menjadi normal, dan saluran tuba terbuka. Cara untuk melakukannya adalah seperti menguap yang biasa anda lakukan. Buka perlahan – lahan sedikit mulut Anda kemudian menguaplah. Ulangi gerakan tersebut sampai anda merasakan ada letupan yang terjadi di dalam telinga anda dan sumbatan telinga sudah tidak terasa lagi. Saat letupan terjadi di dalam telinga anda, pendengaran anda akan semakin lebih jelas karena angin yang menghambat saluran pendengaran sudah terbuka.

  1. Mengunyah permen

Barangkali teknik menguap belum terlalu berhasil bagi anda. Anda dapat mencoba cara berikutnya yaitu dengan mengunyah permen karet atau melakukan gerakan mulut yang menyerupai aktifitas mengunyah permen karet. Gerakan mengunyah permen karet bertujuan untuk menyeimbangkan tekanan udara di luar telinga maupun di dalam telinga. Gerakan mengunyah permen karet dapat dimanfaatkan sebagai tindakan pencegahan terjadinya teliinga tersumbat. Saat anda mengalami perubahan ketinggian mungkin karena sedang melakukan perjalanan atau sedang naik pesawat, kunyahlah permen karet untuk mencegah terjadinya penyumbatan.  Cara seperti ini tergolong efektif. Saat anda mengunyah permen karet, produksi air liur dalam mulut akan meningkat dan memudahkan anda untuk melakukan gerakan menelan yang dapat mendorong udara keluar dari saluran eustachius telinga. Sebisa mungkin kunyah permen dalam jumlah yang banyak untuk menghasilkan gerakan mulut dan tekanan yang lebih besar lagi. Saat anda mengunyah permen berukuran kecil biasanya hal tersebut tidak terlalu efektif. Kunyah permen karet dalam jumlah yang banyak.

  1. Minum air putih

Meminum air putih dengan posisi tertentu akan menghasilkan tekanan yang memaksa angin keluar dari saluran telinga. Minumlah segelas air putih sebaiknya yang berukuran besar, dengan posisi kepala didongakkan ke arah tabung Eustachius, lakukan beberapa kali tegukan besar untuk mmenghasilkan keseimbangan tekanan pada saluran telinga telinga. Apbila dilakukan dengan teknik yang benar sumbatan pada telinga akan seketika terasa terlepas dan rasa nyeri pada telinga akan langsung berkurang.

  1. Melakukan gerakan manuver Valsalva

Manuver  Valsalva adalah pembuangan nafas secara paksa.Teknik ini digunakan hanya untuk mengatasi telinga yang tersumbat akibat tekanan udara.  Cara melakukannya dengan menjepit hidung Anda menggunakan jari kemudian tiup hidung Anda secara lembut  dengan bibir terkatup. Hal ini akan mendesak udara untuk masuk ke telinga dalam ketika saluran Eustachi terbuka. Anda akan mendengar suara letupan kecil jika melakukannya dengan benar. Lakukan dengan sangat lembut. Gerakan Valsalva tidak boleh dilakukan dengan terlalu keras, dan terlalu sering karena bisa membuat tabung Eustachian mengalami iritasi dan meradang. Anda dapapt melakukan gerakan ini denngan posisi membungkukkan badan juga. Posisi bungkuk menyerupai posisi saat melakukan peregangan otot hingga tanngan anda menyentuh ujung jari – jari kaki.

  1. Menggunakan larutan cuka dan alkohol

Cara ini digunakan untuk membersihkan kotoran di saluran telinga yang menyebabkan tersumbatnya telinga. Anda dapat membuat sendiri larutan sederhana menggunakan cuka dan alkohol jenis isopropil untuk memecah gumpalan kotoran yang terjebak di dalam telinga. Campurkan cuka apel dan alkohol dengan jumlah takaran yang seimbang lalu dengan cukup hati-hati teteskan cairan ke dalam saluran telinga menggunakan alat tetes telinga atau alat tetes mata. Biasanya beberapa saat kemudian kotoran dalam telinga akan larut dan cairan yang tadinya terperangkap dibalik kotoran tersebut akan dapat dengan mudah dibersihkan.

  1. Menggunakan hidrogen peroksida

Tidak jauh berbeda dengan larutan cuka dan alkohol, cairan ini juga dapat digunakan untuk mengusir kotoran telinga yang menjadi penyebab tersumbatnya telinga. Anda dapat meneteskan cairan hidrogen peroksida berkadar ringan (3%) beberapa tetes ke dalam telinga. Cairan tersebut akan bekerja membersihkan telinga secara alamiah. Namun penggunaan hidrogen peroksida untuk telinga haruslah berhati – hati. Apabila sebelumnya terdapat sobekan atau luka yang belum kering pada gendang telinga, sebaiknya hindari penggunaan cairan ini.

  1. Mengalirkan air hangat kedalam telinga

Mengatasi penyumbatan yang terjadi akibat kotoran telinga dapat dilakukan dengan air hangat. Untuk menggunakan air hangat sebagai pertolongan pada telinga yang tersumbat, pertama – tama, masak air pada sebuah panci hingga mendidih. Setelah air mendidih,  tuangkan pada sebuah wadah manguk hingga panas air berkurang sampai suam – suam kuku. Setelah suhu air cocok, gunakan alat injeksi tanpa jarum untuk menyedot air kurang lebih sebanyak 3 hingga 4 ml. Dengan posisi kepala dimiringkan kesalah satu sisi, masukkan ujung alat injeksi tersebut kedalam lubang telinga yang bermasalah. Lepaskan air hangat mengaliri telinga dan tunggu hingga beberapa saat lalu miringkan kembali kepala ke arah yang berlawanan untuk mengeluarkan air yang disertai kotoran dari telinga.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat atau pergi ke sauna juga merupakan langkah yang berguna untuk mengobati telinga yang tersumbat. Mandilah dan rendamlah seluruh tubuh Anda hingga mencapai batas telinga. Berendamlah hingga telinga berada di bawah permukaan air. Angkat dagu anda dan cobalah untuk menelan ludah sekuat tenaga hingga beberapa kali. Perubahan tekanan yang diakibatkan oleh uap panas yang mempengaruhi tubuh akan menyeimbangkan tekanan dalam telinga juga, selain itu uap yang dihasilkan dari air panas tersebut juga akan secara alami membantu meredakan sumbatan pada telinga. Apabila setelah melakukan mandi air hangat tersebut anda masih juga merasakan tekanan cobalah untuk membungkukkan badan hingga posisi telinga letaknya sejajar dengan lantai kemudian dengan menggunakan jari anda lakukan tekanan buatan pada telinga hingga anda tidak lagi merasakan adanya sumbatan pada telinga.

  1. Berkumur dengan larutan garam

Larutan garam yang dipakai untuk berkumur dapat membantu meringankan radang tenggorokan selama mengalami infeksi telinga, dan memberi efek rasa tenang pada saluran Eustachius. Anda dapat membuat sendiri larutan sederhana ini dengan menggunakan campuran air hangat dan garam. Campurkan air hangat dengan satu sendok teh garam, atau anda dapat menggantinya juga dengan air lemon maupun madu. Kumur – kumurlah kurang lebih selama 30 detik dan buang air bekas kumur. Larutan garam akan berperan sebagai antiseptik yang membunuh kuman-kuman penyebab infeksi.

  1. Minum sup hangat dan makanan pedas

Makanan – makanan super pedas,seperti cabe rawit segar dapat membuat saluran telinga yang tertutup menjadi terbuka. Bagi anda yang tidak tahan dengan rasa pedas, cara ini mungkin akan sedikit sulit dilakukan. Sensasi pedas yang dihasilkan oleh makanan – makanan pedas tersebut akan membantu mengeluarkan ingus dari hidung anda. Nah saat anda mulai merasakan efek pedas tersebut hembuskan hidung Anda sambil menggerakkan rahang secara memutar. Tujuan nya untuk menghasilkan letupan – letupan angin di dalam telinga Anda. Atau bila cara tersebut terlalu ekstrim anda bisa mengkonsumsi sup hangat dan pedas saja. Hal tersebut juga akan membuat lendir melembut dan dengan demikian membersihkan telinga tersumbat.


  1. Melalu pembedahan.

Prosedur pembedahan ini dilakukan saat terdapat cairan kental di dalam telinga. Cairan ini sering disebut dengan glue ear. Kondisi telinga yang demikian dinamakan otitis media serosa dimana terdapat cairan berbetuk bening dan kental pada telinga bagian tengah namun tidak sampai mengakibatkkan kerusakan pada gendang telinga karena tidak disertai adanya gejala infeksi apapun. Biasanya hal tersebut banyak dialami oleh mereka para penyelam maupun perenang yang mengalami barotrauma. Terjadinya infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA maupun alergi hidung juga dapat memicu terjadinya otitis media serosa. Untuk kasus yang lebih serius, kemungkinan disebabkan adanya gangguan pada nasofaring berupa tumor atau pembengkakan adenoid. Untuk gejalanya sendiri akan terjadi penurunan kualitas pendengaran, terjadi infeksi pada saluran pernafasan dan berlanjut hingga ke saluran telinga bagian tengah.  Telinga akan terasa seperti disumbat dan saat anda bergerak seakan – akan ada gumpalan cairan yang turut bergerak di sekitar saluran telinga dalam. Akan timbul vertigo dan nyeri dalam skala yang ringan. Alternatif pengobatan yang dilakukan dapat berupa pembedahan apabila terapi obat tidak berhasil. Bila hingga 2 minggu penggunaan obat tidak juga berhasil dokter mungkin akan menyarankan pembedahan pada telinga berupa miringotomi. Prosedur miringotomi merupakan usaha untuk mengalirkan cairan pada rongga telinga bagian tengah dengan menciptakan sebuah sayatan halus pada gendang telinga. Kadang kala prosedur ini dilengkapi juga dengan menambahkan pemasangan pipa penyalir yang dinamakan Grommet. Apabila anda mencurigai terjadi penyumbatan telinga yang gejalanya menyerupai keterangan diatas sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter THT. Penanganan yang terlambat berpotensi menimbulkan tuli permanen.

  1. Dengan terapi Craniosacral

Pernahkah anda mendengar tentang terapi Craniosacral ? Jenis terapi ini merupakan sebuah terapi yang mengedepankan teknik penyembuhan penyakit dengan bantuan diri sendiri dikombinasikan dengan sentuhan dari terapist pada tubuh pasien. Terapi ini bertujuan  untuk memberikan rasa rileks, membantu membuka penyumbatan pada saluran – saluran tubuh tertentu, mengobati berbagai bentuk trauma khususnya yang bersifat emosional serta menjaga keseimbangan aura pada pasiennya. Terapi ini mulai dipperkenalkan semenjak abad ke 20 silam . Mengingat terapi ini telah banyak dipakai untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan dan penyakit keseimbangan, maka terapi ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki ketidakseimbangan tekanan pada saluran Eustachius.  Apabila Anda sudah lelah untuk mencari cara dan alternatif lain, terapi ini layak anda pertimbangkan karena sama sekali tidak berbahaya.

  1. Dengan akupunktur

Anda juga dapat mengobati telinga tersumbat dengan terapi akupunktur. Ketika anda sudah mencoba berbagai cara termasuk ke dokter namun tidak berhasil, pergilah ke ahli akupunktur dan berkonsultasilah mengenai masalah penyumbatan telinga Anda. Selain digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan otot dan syaraf akupunktur juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah radang telinga.

Demikian 21 cara mengatasi telinga tersumbat sesuai penyebabnya. Semoga bermanfaat dan membantu anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan