Sponsors Link

7 Cara Mengobati Tenggorokan Panas Secara Alami

Sponsors Link

Tenggorokan yang terasa panas sebenarnya bukanlah sebuah penyakit namun menjadi gejala dari sebuah penyakit yakni panas dalam sehingga akhirnya timbul rasa panas di area tenggorokan. Gejala yang terjadi pada saat tenggorokan panas ini bisa terjadi di area mulut seperti sariawan, bibir pecah pecah dna sampai gangguan pada sistem pencernaan seperti sembelit dan juga wasir.

ads

Penderita tenggorokan panas seringkali merasa haus dan selalu ingin minum lebih banyak yang bahkan jika semakin bertambah parah bisa mengakibatkan dehidrasi. Ada beberapa cara mengobati tenggorokan panas ini secara alami yang mudah untuk dilakukan seperti ulasan bermanfaat dari kami berikut ini.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau yang merupakan jenis polong polongan ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan sangat efektif untuk menghilangkan rasa panas di tenggorokan sekaligus melancarkan saluran pencernaan dan juga meningkatkan sistem imun tubuh supaya tenggorokan panas lebih cepat disembuhkan dan mengatasi penyebab tenggorokan panas.

  • Siapkan 2 genggam kacang hijau lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja.
  • Tambahkan dengan jahe dan gula batu lalu saring dan pisahkan dengan ampasnya.
  • Minum air rebusan kacang hijau tersebut setidaknya 1 kali sehari sampai sembuh.
  1. Rambut Jagung Muda

Dalam rambut jagung muda mengandung banyak nutrisi penting untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti salah satunya cara mengobati tenggorokan panas dan mengatasi gejala radang tenggorokan.

  • Siapkan 1 genggam rambut jagung muda segar lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja.
  • Saring air rebusan tersebut dan tambahkan dengan jahe dan gula batu lalu campur sampai rata.
  • Minum air rebusan tersebut secara teratur 1 kali sehari hingga sembuh.
  1. Bawang Putih Mentah

Dalam bawang putih mengandung sifat antiseptik yang sangat baik untuk melegakan tenggorokan yang panas. Saat bawang putih mentah dihaluskan, maka senyawa allicin yang mengandung anti bakteri, anti jamur dan anti viral akan dilepaskan sehingga bisa melegakan tenggorokan yang terasa seperti terbakar serta mengatasi pilek setiap bangun tidur.

  • Cara menggunakan bawang putih adalah dengan mengunyak bawang putih menta.
  • Cara lain adalah dengan menghisap irisan bawang putih mentah selama 15 menit.
  • Agar rasa getir dan pedas bawang putih bisa berkurang, tambahkan dengan sedikit madu atau minyak zaitun.
  1. Madu Mentah

Madu mentah yang ditambahkan dengan air lemon, teh atau air hangat sangat baik digunakan sebagai cara mengobati tenggorokan panas dan cara mengatasi suara hilang akibat batuk. Dalam madu mengandung sifat anti bakteri untuk meredakan infeksi tenggorokan dan melegakan tenggorokan yang panas.


  1. Menghisap Es Batu

Menghisap es batu sangat baik untuk mendinginkan tenggorokan, mengurangi rasa sakit tenggorokan dan mengatasi peradangan. Saat es mencair di dalam mulut maka juga sangat membantu menghidrasi tubuh sekaligus melembabkan tenggorokan.

  1. Sage dan Echinacea

Sage yang seringkali digunakan untuk memasak ini ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengobati tenggorokan panas, mengurangi gejala tenggorokan kering dan juga cara mengatasi tenggorokan gatal. Sage sudah banyak digunakan untuk berbagai peradangan dan meringankan rasa terbakar di tenggorokan. Sementara enchinacea terbukti ampuh dalam melawan bakteri dan juga mengurangi peradangan.

  • Siapkan 1 sendok teh sage, 1 sendok teh echinacea dan 1/2 gelas air.
  • Rebus air sampai mendidih lalu tuang ke dalam toples yang sudah diisi dengan sage dan echinacea dan tutup selama 30 menit.
  • Campurkan dengan 1/2 cangkir minuman beralkohol namun jika anda pecandu maka hindari alkohol tersebut.
  • Masukkan dalam botol semprot kecil dan semprotkan pada area tenggorokan setiap 2 jam sekali atau sesuai kebutuhan.

  1. Cuka Apel

Cuka apel merupakan tonik alami yang sudah digunakan sebagai pengobatan sejak lama seperti obat radang tenggorokan. Bahan aktif utama dalam cuka apel yakni asam asetat sangat baik untuk melawan bakteri penyebab tenggorokan panas. Cuka apel juga mengandung anti bakteri yang sangat baik untuk melegakan tenggorokan panas yang diderita.

  • Siapkan 1 cangkir air hangat dan campur dengan 1 sendok makan cuka apel murni.
  • Tambahkan dengan 1 sendok makan madu dan minum sampai habis.

Cara mengobati tenggorokan panas tidak harus selalu memakai obat obatan di apotik yang mengandung bahan kimia, namun juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang lebih aman dan mengandung banyak khasiat lain untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal