Sponsors Link

6 Cara Mengobati Tenggorokan Perih Cepat Dan Aman

Sponsors Link

Virus dan bakteri dapat menyerang kita kapan saja dan dimana saja. Virus tersebut dapat menyerang organ tubuh kita seperti rongga hidung, paru-paru dan tenggorokan. Saat virus tersebut menyerang tenggorokan, biasanya tenggorokan kita akan terasa perih dan gatal.

ads

Hal tersebut akan membuat kita kesulitan untuk menelan dan mengonsumsi apapun. Sebelum semakin parah, sebaiknya Anda melakukan pengobatan yang benar. Nah, berikut ini beb erapa cara mengobati tenggorokan perih yang dapat Anda lakukan.

1. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati tenggorokan perih dengan air garam, merupakan cara yang umum digunakan. Karena air garam tidak hanya mengatasi tenggorokan perih, namun juga mengatasi hidung tersumbat hingga paru-paru dan lendir. Mengapa dengan air garam? Karena saat cara cepat meredakan sakit tenggorokan Anda terasa perih, sel-sel selaput lendir di makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan menjadi bengkak atau meradang.

Air garam dapat mengobatinya dengan mengempeskan pembengkakan serta meredakan rasa sakit, cukup dengan berkumur saja. Hanya dengan 1 sendok teh garam dan 1 gelas air hangat cukup untuk mengatasi peradangan di tenggorokan Anda. Lakukan ini setiap pagi atau menjelang tidur hingga rasa perih nya mereda.

2. Dengan cuka apel

Selain dengan menggunakan air garam, Anda dapat menggunakan cuka apel. Mengapa cuka apel? karena cuka apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Tingkat keasaman yang tinggi inilah dapat mengatasi bakteri dengan efektif serta meredakan rasa gatal dan juga mengatasi rasa nyeri di pengobatan alami radang tenggorokan Anda.

Untuk mengonsumsinya, cukup dengan mengambil satu sendok cuka apel, satu sendok teh madu, dan juga satu gelas air hangat. Campurkan dan minumlah selagi hangat, karena kondisi hangat akan bekerja dengan efektif dan khasiatnya masih dapat bekerja dibandingkan dengan kondisi yang sudah dingin. Konsumsi cuka apel secukupnya hingga Anda merasa tenggorokan Anda tidak perih lagi.

3. Madu dan cabai merah

Cara menghilangkan sinus di hidung lainnya ialah dapat Anda lakukan dengan madu dan cabai merah. Cabai merah ini mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan dan mengempeskan pembengkakan di tenggorokan Anda. Dan madu akan membantu cabai merah agar dapat menempel di bagian belakang ciri radang tenggorokan pada anak.

Jadi khasiatnya dapat menjangkau keseluruhan pada tenggorokan Anda. Untuk menggunakannya, cukup mengoleskan campuran madu dan cabai merah ke tenggorokan. Gunakanlah cotton bud untuk dapat menjangkau keseluruhan tenggorokan Anda. Lakukan ini hingga rasa perih tidak lagi mengganggu.

4. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida ini merupakan antiseptik yang bersifat ringan dan bekerja untuk membunuh bakteri penyebab iritasi tenggorokan sehingga membuat tenggorokan terasa perih. Hidrogen peroksida ini dapat Anda temukan di Apotek atau di toserba yang juga menjual obat-obatan.


Cukup dengan tuangkan satu tutup botol hidorgen peroksida lalu campurkan dengan 1 sendok makan air dan  air lemon untuk menghilangkan sedikit rasa pahitnya. Gunakanlah campuran tersebut untuk berkumur dan pastikan cairan tersebut menjangkau bagian belakang tenggorokan Anda. Buanglah setelah berkumur selama 10 menit. Anda dapat melakukan ini setiap pagi ataupun sebelum tidur.

5. Mengonsumsi kaldu bawang putih

Walaupun terdengar asing, kaldu bawang putih ini cukup efektif untuk mengatasi iritasi tenggorokan Anda. Hal ini karena bawang putih mengandung anti septik dan anti bakteri yang dapat mengatasi iritasi. Serta bawang putih pun dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Untuk membuat kaldu bawang putih, perhatikan langkah-langkah ini: (1) Kupas dan tumbuk halus 2 siung bawang putih, (2) Tuangkan 240ml air yang mendidih, (3) Tambahkan sedikit garam. Setelah itu kaldu bawang putih siap dikonsumsi. Selain itu juga kaldu bawang putih ini efektif untuk mengencerkan dahak atau lendir. Konsumsi kaldu bawang putih sesuai kebutuhan saja hingga rasa perih yang Anda rasakan mereda,

6. Dengan Hot toddy

Hot toddy ini adalah minuman hangat yang biasanya dicampurkan alkohol. Minuman ini dapat Anda pilih seperit menggunakan kopi, sari apel, teh, cokelat panas atau air lemon hangat hingga air madu hangat. Biasanya beberapa orang menggunakan kayu manis sebagai perasa. 


Yang membuat hot toddy efektif ini ialah alkohol. Obat Tradisional sinusitis, biasanya menggunakan wiski, bredi atau dengan rum. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi tenggorokan Anda yang perih. Selain itu alkohol juga akan memberikan efek tenang ketika iritasi tersebut membuat Anda merasa gatal.

Selain itu ada beberapa cara mengatasi obat sirup radang tenggorokan anak Anda yang perih dengan mudah dan dapat Anda lakukan d rumah, seperti menggunakan cara-cara dibawah ini;

  1. Mengonsumsi air jeruk
  2. Mengonsumsi teh hangat
  3. Dengan sup hangat
  4. Dengan mengoleskan balsen di sekitar hidung dan dada dan juga leher
  5. Makan marshmallow yang dapat melindungi tenggorokan dari virus iritasi.
  6. Mengompres tenggorokan Anda dengan kompres hangat
  7. Menggunakan humidifier atau pelembab udara
  8. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan seperti strepsil
  9. Minum air mineral yang cukup

Dengan demikian cara mengobati tenggorokan perih dengan cepat dan aman, serta dapat Anda lakukan di rumah tanpa harus ke dokter untuk melakukan perawatan. Cara tersebut cukup efektif dan telah digunakan oleh banyak orang sehingga dipercaya dapat mengatasi iritasi pada tenggorokan Anda.

Jika hal tersebut tidak efektif dan menjadi berkepanjangan, ada baiknya Anda segera memeriksakan ke dokter. Gunakan masker saat keluar rumah, tetap jaga kesehatan Anda dan semoga artikel ini bermanfaat.

, ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan