Sponsors Link

7 Cara Mengobati Tinnitus Secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Selain bisa disebabkan karena rusaknya sistem pendengaran, tinnitus atau telinga berdengung bisa terjadi karena disfungsi sendi rahang dan juga ketegangan pada otot leher. Suara mendengung yang terjadi karena tinnitus ini bisa terjadi secara terus menerus, berselang dan bisa juga berkepanjangan. Pengaruh tinnitus dalam kehidupan penderita sendiri tergantung dari banyak faktor seperti volume, frekuensi, durasi kebisingan dan juga persepsi penderita terhadap salah satu penyakit telinga ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan tinnitus seperti cara medis, terapi dan juga cara mengobati tinnitus secara alami yang secara khusus akan kami ulas dalam kesempatan kali ini.

ads
  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan tembaga dan magnesium yang sangat tinggi. Magnesium berguna untuk meringankan stres dan kecemasan yang berkaitan dengan tinnitus dan juga cara mengatasi gangguan pendengaran lainnya. Sementara tembaga sangat baik untuk menguatkan tulang telinga. Biji bunga matahari mengandung antioksidan alami sehingga kombinasi sifat yang ada didalamnya sangat baik dikonsumsi untuk menyembuhkan tinnitus.

  • Rebus 2 sendok teh biji bunga matahari dengan 1 gelas air dan biarkan mendidih selama 5 menit.
  • Tambahkan dengan madu dan minum air rebusan ini sebelum dingin yang dilakukan sebanyak 2 kali sehari.
  • Cara lainnya adalah dengan menambahkan biji bunga matahari dalam makanan sehari hari atau dijadikan camilan.
  1. Daun Basil atau Kemangi

Basil atau kemangi mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang sangat tinggi yang baik digunakan untuk pengobatan tinnitus. Kedua jenis tanaman yang memiliki aroma khas ini juga mempunyai sifat anti bakteri sehingga efektif digunakan untuk melawan infeksi yang mendasari penyakit tinnitus. Basil dan kemangi juga bekerja sebagai adaptogen sekaligus meringankan stres serta kecemasan akibat tinnitus.

  • Haluskan 3 sendok makan daun basil atau kemangi hingga menjadi pasta lalu peras sarinya.
  • Tuangkan 2 tetes jus basil atau kemangi ini pada telinga yang terinfeksi dan biarkan hingga kering dengan sendirinya.
  • Lakukan cara ini secara teratur sebanyak 2 kali sehari selama 1 minggu.
  1. Yogurt

Yogurt merupakan minuman nikmat yang kaya akan potassium, magnesium, kalsium, vitamin B12 dan juga vitamin B2. Yogurt menjadi cara mengobati tinnitus secara alami yang paling sempurna untuk mencukupi kekurangan vitamin B yang biasanya dialami penderita gejala tinnitus. Sementara sifat anti inflamasi dan juga anti bakteri yogurt sangat baik untuk menyembuhkan tinnitus.

  • Konsumsi yogurt secara rutin setiap hari secara langsung.
  • Cara lainnya adalah mencampur yogurt dalam makanan atau minuman kesukaan anda.

  1. Nanas

Enzim bromelain yang ada dalam nanas merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, buah nanas yang segar ini juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa dikonsumsi secara teratur untuk cara mengobati telinga berdengung yang diakibatkan tinnitus. Akan tetapi jangan mengkonsumsi nanas terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan alergi.

  • Potong kecil kecil 1/4 buah nanas lalu haluskan dengan 1 gelas air menjadi jus.
  • Minum jus ini sebanyak 2 kali sehari secra teratur.
  • Cara lainnya adalah mengkonsumsi buah nanas secara langsung.
  1. Bawang Bombay

Dalam bawang bombay mengandung senyawa bernama quercetin yang kaya akan antioksidan. Bawang bombay memiliki sifat anti bakteri yang sangat tinggi sehingga bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala tinnitus dan juga cara mengobati telinga tersumbat.

  • Kupas bawang bombay beserta lapisan terluarnya.
  • Haluskan bawang bombay tersebut menjadi jus dan saring.
  • Teteskan sebanyak 1 hingga 2 tetes jus bawang bombay ini pada telinga yang terinfeksi dan biarkan selama 10 menit.
  • Lakukan cara ini sebanyak 3 hingga 5 kali seminggu untuk hasil terbaik.

  1. Oregano

Oregano memiliki sifat antioksidan alami dan juga anti inflamasi serta anti bakteri yang sangat baik untuk mengurangi peradangan penyebab telinga sakit dan juga cara mengobati tinnitus secara alami yang bisa anda lakukan.

  • Seduh 1 sendok teh oregano kering dalam 1 gelas air panas dan diamkan selama 15 menit.
  • Saring dan minum air ini sebelum dingin dan bisa ditambahkan madu untuk perasa.
  1. Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan antioksidan alami, mempunyai sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat baik untuk melawan infeksi dan juga radikal bebas sehingga bisa digunakan untuk mengatasi tinnitus beserta gejalanya sekaligus macam macam penyakit telinga lainnya.

  • Hangatkan 1 sendok teh minyak wijen dalam microwave.
  • Oleskan minyak ini di bagian belakang telinga sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Beberapa cara mengobati tinnitus secara alami yang sudah kami berikan telah terbukti ampuh dalam menyembuhkan penyakit telinga berdengung ini sekaligus bisa digunakan juga untuk mengatasi gangguan fungsi daun telinga lainya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal