Sponsors Link

8 Cara Mengobati Tuli Secara Alami Sudah Teruji Khasiatnya

Sponsors Link

Gangguan pendengaran atau tuli bisa terjadi pada siapapun tidak memandang jenis kelamin dan juga usia. Jika tuli yang merupakan satu dari sekian macam macam penyakit telinga ini dialami seseorang, maka akan banyak masalah yang dialami seumur hidup. Beruntungnya gangguan telinga atau tuli ini masih bisa disembuhkan dengan beberapa pengobatan rumahan. Selain itu, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa memperburuk keadaan telinga seperti produk susu, daging berlemak dan makanan yang tinggi akan gula karena bisa memperburuk kondisi telinga. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati tuli secara alami yang bisa anda lakukan di rumah.

ads
  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh menjadi cara mengobati tuli secara alami pertama yang bisa anda lakukan di rumah. Minyak pohon teh akan memberikan efek positif untuk mengatasi tuli dan bisa juga digunakan sebagai cara mengobati telinga berair.

  • Campurkan 3 tetes minyak pohon teh dengan 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok teh koloid dan 1 sendok teh cuka apel.
  • Panaskan campuran ini kemudian teteskan ke dalam telinga.
  • Diamkan selama 5 menit dan miringkan kepala untuk mengeluarkan cairan tersebut.
  • Lakukan cara ini sebanyak 4 kali sehari dan lakukan selama 2 hari untuk hasil terbaik.
  1. Antioksidan dan Beta Karoten

Segala makanan yang mengandung antioksidan dan juga beta karoten juga sangat efektif untuk mengatasi tuli. Makan kaya akan beta karoten serta karotenoid seperti brokoli, melon, bit, semangka, jeruk keprok, aprikot, ubi jalar, asparagus, wortel, jagung, melon, bayam, kangkung dan berbagai makanan lainnya bisa dikonsumsi secara teratur setiap hari untuk menyembuhkan tuli yang anda alami sekaligus cara menjaga kesehatan telinga secara alami.

  1. Sup Sumsum Tulang

Sup sumsum tulang menjadi cara mengobati tuli secara alami nikmat yang juga efektif untuk mengatasi telinga tuli yang juga bisa dikonsumsi sebagai obat radang tenggorokan.

  • Anda bisa membuat sup sumsum tulang dan tambahkan dengan kacang hitam, kacang merah serta kacang azuki.
  • Tambahkan juga dengan wortel, seledri, rumput laut serta irisan bawang dan minum kaldu tersebut namun hindari penambahan garam dalam sup tersebut.
  1. Hawthorn Berry

Hawthorn berry merupakan ramuan tradisional China yang sangat baik untuk mengaktifkan aliran darah di telinga dna menyembuhkan tuli. Hawthorn berry ini bisa dikonsumsi secara teratur bersama dengan ubi jalar dan magnetit setiap hari sampai tuli bisa disembuhkan.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih murni yang biasa digunakan untuk mengatasi pilek setiap bangun tidur juga bisa digunakan sebagai cara mengobati tuli secara alami. Untuk hasil terbaik, anda bisa memijat bagian depan dan belakang telinga dengan beberapa tetes minyak kayu putih agar pendengaran bisa lebih ditingkatkan sekaligus menyembuhkan tuli secara bertahap.


  1. Vitamin B12 dan Vitamin D

Dari penelitian membuktikan jika vitamin B12 merupakan vitamin yang sangat penting untuk sel dan juga saraf. Seseorang yang kekurangan vitamin B12 maka lebih rentan terhadap masalah pada telinga seperti tuli seiring bertambahnya usia. Sedangkan vitamin D juga sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi pendengaran manusia. Beberapa makanan yang tinggi akan kandungan vitamin B12 dan vitamin D yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah salmon, telur dan juga daging asap.

  1. Garam

Garam juga menjadi cara pengobatan telinga tuli yang sangat mudah dilakukan di rumah. Hasilnya juga terbilang instan apabila terus dilakukan secara teratur. Garam ini juga bisa digunakan untuk cara mengatasi telinga kemasukan air dimana garam akan menyerap air yang ada di dalam telinga.

  • Panaskan 1 cangkir garam meja dalam microwave selama 4 menit.
  • Sebarkan garam tersebut pada selembar kain yang bersih dan ikat bagian ujungnya.
  • Letakkan kain tersebut pada telinga dan diamkan selama 10 menit.
  • Ulangi cara ini sesering mungkin agar hasilnya maksimal.

  1. Bawang Merah

Bawang merah juga sudah sangat sering digunakan sebagai cara mengobati tuli secara alami yang hasilnya juga sudah terbukti sangat efektif serta bisa dilakukan juga untuk cara mengobati telinga berdengung.

  • Rebus 300 gram bawang merah dengan 1 liter air dan biarkan hingga berkurang sampai setengahnya.
  • Diamkan air rebusan tersebut selama 1/2 hari kemudian minum 3 gelas larutan ini setiap hari.
  • Cara lainnya, anda bisa membungkus beberapa siung bawang merah dengan kain dan letakkan pada telinga.

Cara mengobati telinga tuli secara alami yang sudah kami berikan diatas bisa anda praktekkan di rumah dan harus dilakukan secara teratur supaya hasilnya bisa maksimal. Semoga ulasan yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi telinga tuli yang anda alami.

, , , , ,