Sponsors Link

4 Cara Menjaga Kesehatan Hidung dengan Mudah dan Sederhana

Sponsors Link

Hidung adalah organ penting yang bisa membantu kita dalam beraktivitas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan hidung adalah salah satu hal yang penting, yang dapat kita lakukan. Jika hidung anda bermasalah, anda tidak dapat beraktivitas dengan hidung yang baik.

ads

Selain itu, jika hidung anda bermasalah, aktivitas pemasukan oksigen dari udara bebas ke dalam paru-paru dapat terganggu. Anda juga bisa lihat juga penyebab radang hidung yang harus dihindari yang bisa bermanfaat juga untuk anda.

Selain itu, jika hidung anda bermasalah hidung tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai indra penciuman dengan baik, yang tentunya bisa menghambat aktivitas anda sehari-hari.

Itu sebabnya menjaga hidung tetap dalam kebersihan, itu bisa memberikan kesehatan yang baik. Berikut kita akan lihat cara menjaga kesehatan hidung dengan baik:

  • Hindari polusi

Sebisa mungkin hindari menghirup polusi seperti debu, yang mungkin ada dalam lingkungan aktivitas anda. Asap rokok, dan asap kendaraan bermotor. Anda juga dapat mengatasi hal itu, dengan menggunakan masker untuk meminimalkan paparan polusi tersebut.

Jika hidung anda bisa di jaga dengan baik, terutama kesehatannya, ini akan mempermudah anda dalam beraktivitas nantinya. Anda juga bisa lihat cara mengobati hidung tersumbat untuk anak dan dewasa yang bisa bermanfaat juga untuk anda informasinya.

Seperti yang kita tahu, polusi yang ada di udara itu adalah, zat iritan yang bisa mengurangi efektivitas hidung untuk menyaring, menghangatkan, dan melembabkan udara. Akibatnya, sinus akan membengkak dan menyumbat serta memicu timbulnya gejala alergi yang lebih buruk.

  • Rajin membersihkan hidung.

 Jika anda suka mengupil, ini sebaiknya tidak di anjurkan untuk tetap menjaga kesehatan hidung anda jadi lebih baik. Karena itu, daripada di bersihkan dengan cara mengupil, sebaiknya anda menggunakan semprotan saline. Caranya cukup mudah:

  1. Siapkan semprotan saline dan cairan garam isotonik streril
  2. Posisikan kepala agak condong ke depan dan miringkan kepala sedikit ke arah kanan atau kiri
  3. Masukkan air saline pada lubang hidung posisi atas dalam kondisi kepala miring. Jika semprotan saline di masukkan ke arah kiri, maka kepala harus miring ke kanan, begitu pula sebaiknya.
  4. Lalu semprotkan cairan saline ke dalam lubang hidung pelan-pelan. Jangan di hirup, tapi biarkan air keluar melewati lubang hidung satunya lagi
  5. Keluarkan sisa air seperti membuang ingus, namun jangan terlalu kencang. Lakukan penyemprotan secara bergantian.

  • Jaga udara tetap lembap

Udara yang kering dapat memicu alergi dan menyebabkan hidung mudah mimisan. Selain itu, udara kering juga dapat mengurangi ketajaman kerja hidung untuk menjebak kotoran yang masuk bersama udara.

Anda juga bisa lihat cara menghilangkan sinus di hidung alami bagi kesehatan yang bisa bermanfaat juga bagi kesehatan hidung anda. Supaya udara tetap lembap, anda bisa menggunakan humidifier di kantor atau berendam air panas untuk melembapkan sinus.

  • Air garam

Bersihkan rongga hidung dengan air garam. Meskipun sebenarnya larutan ini dapat anda buat sendiri di rumah, terkadang agak sulit untuk mendapatkan konsentrasi yang tepat. Anda bisa dapat membeli larutan garam ini, di toko atau apotek, yang bisa membantu anda juga dalam hal ini.

Anda juga bisa lihat perawatan pada hidung patah agar tidak semakin parah yang bisa bantu anda dalam hal ini. Membersihkan hidung dengan air garam dapat membantu mengurangi keluhan akibat alergi, nfeksi, sinusitis, hidung tersumbat, dan mengorok.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung