Sponsors Link

7 Cara Menjaga Kesehatan Telinga  Secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Telinga merupakan indra penting yang berfungsi untuk menangkap gelombang suara agar kita bisa mendengar dengan baik. Oleh karena sangat penting fungsi daun telinga dan indra pendengaran tersebut, maka kesehatan telinga harus selalu dijaga dengan baik uang bisa dilakukan dengan menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak pendengaran sampai mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman sehat yang kaya akan nutrisi. Dalam kesempatan kali ini, secara khusus kami akan mengulas tentang cara menjaga kesehatan telinga secara alami yang bisa anda lakukan sehari hari dengan sangat mudah.

ads
  1. Hindari Memakai Cotton Bud

Meskipun cotton bud memang dibuat untuk membersihkan kotoran dalam telinga, akan tetapi penggunaannya harus dihindari sebisa mungkin. Kotoran yang dibersihkan dengan cotton bud ini terkadang tidak tertarik keluar akan tetapi semakin masuk ke dalam dan akan berpengaruh terhadap pendengaran. Memakai cotton bud juga bisa menjadi penyebab telinga sakit karena penggunaannya yang tidak baik dan benar.

  1. Kunyah Makanan Dengan Baik

Perlu diketahui jika kotoran yang ada di dalam telinga bisa keluar dengan sendirinya saat mengunyah makanan. Gerakan yang terjadi saat mengunyah menjadi cara baik dan aman untuk mendorong teinga untuk mengeluarkan kotoran, salah satu contohnya adalah dengan sesering mungkin mengunyah permen karet.

  1. Cukupi Kebutuhan Kalium dan Magnesium

Kalium dan magnesium adalah dua nutrisi penting untuk menjaga kesehatan telinga. Kedua mineral ini dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sekaligus menjaga kandungan cairan dalam darah yang ada di sekitar telinga dan beberapa jaringan dalam telinga. Dengan memenuhi dua mineral ini, maka fungsi telinga bisa berjalan dengan baik dan mencegah terjadinya berbagai masalah telinga seperti penyebab telinga berdengung, radang telinga, telinga tersumbat dan lain sebagainya.

Beberapa sumber magnesium yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah susu, aneka jenis daging, sayuran hijau serta ikan. Sedangkan sumber kalium alami bisa didapatkan dari jeruk, kentang, tomat, pisang, kismis, melon, bayam dan juga yogurt untuk mencegah macam macam penyakit telinga.

  1. Cukupi Vitamin A dan B1

Dua vitamin yang juga harus di konsumsi untuk meningkatkan kesehatan pendengaran adalah vitamin A dan juga vitamin B1. Vitamin A diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang terjadi karena suara bising. Suara bising berlebihan akan menghambat sirkulasi darah ke telinga bagian dalam sehingga terjadi penurunan fungsi pendengaran.

Sedangkan vitamin B1 atau cobalamine dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendengaran dengan cara mengatur pembentukan sel darah merah yang ada di sekitar telinga, meningkatkan proses metabolisme homosistein dan juga mencegah terjadinya masalah telinga berdengung atau tinnitus.

  1. Gunakan Teknologi Dengan Benar

berbagai pemakaian teknologi untuk alat bantu dengar seperti earphone, headset dan sebagainya sebenarnya memang diijinkan, akan tetapi harus selalu menjaga tingkat volume earphone dan jangka waktu pemakaian. Hindari memakai beberapa teknologi tersebut terlalu lama dan para ahli menyarankan untuk tidak memakai beberapa alat ini lebih dari 4 jam selama 1 hari. Ini dilakukan supaya tidak terjadi gangguan telinga seperti tuli dan tinitus yang disebabkan oleh suara terlalu keras. Bahkan suara terlalu keras yang diterima telinga juga bisa menjadi penyebab telinga berdarah.


  1. Jauhi Asap Rokok

Asap rokok tidak hanya berbahaya untuk paru paru, saluran pernapasan dan menjadi penyebab kanker saja, akan tetapi menurut penelitian di Journal of American Medical Association mengatakan jika semakin banyak berinteraksi langsung dengan asap rokok, maka ini menyebabkan peningkatan risiko gangguan pendengaran selain dipengaruhi juga dengan faktor usia seseorang.

  1. Cukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, akan tetapi makanan yang mengandung vitamin D juga sangat ampuh untuk mencegah pengapuran di bagian dalam telinga. Beberapa sumber vitamin D dari makanan yang baik untuk anda konsumsi diantaranya adalah minyak ikan omega 3, salmon, hati sapi, kuning telur dan juga makarel.

Itulah tadi pembahasan menarik dan penting mengenai cara menjaga kesehatan telinga secara alami yang bisa dilakukan dengan menghindari kebiasaan buruk dan juga lebih banyak mengkonsumsi makanan serta minuman sehat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pendengaran.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup