Sponsors Link

6 Cara Menyembuhkan Alergi Hidung Dengan Aman Dan Mudah

Sponsors Link

Alergi hidung dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak jarang alergi hidung mengharuskan Anda untuk beristirahat total supaya tidak bertambah parah dan menyebabkan komplikasi penyakit lain.

ads

Gejala alergi hidung yang dapat dirasakan diantaranya seperti hidung gatal, hidung meler, hidung tersumbat hingga bersin-bersin. Bahkan fungsi penciuman dapat menurun yang disertai dengan rasa tidak nyaman atau iritasi ringan di sekitar hidung. Oleh karena itulah, berikut disajikan cara menyembuhkan alergi hidung yang aman dan mudah.

  1. Obat Antihistamin dan Dekongestan

Obat antihistamin dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan alergi hidung karena berfungsi menghalangi masuknya zat histamin penyebab bersin-bersin dan hidung gatal. Sedangkan obat dekongestan dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan alergi hidung karena berkhasiat untuk melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat.  Namun, konsumsi kedua obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter karena termasuk dalam golongan obat keras. Jika alergi hidung semakin parah, Anda dapat mengonsumsi obat antibiotik untuk mengurangi rasa sakit. Tambahkan pula obat yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi peradangan saluran pernapasan dan hidung. Namun, jika alergi hidung masih bertambah parah maka Anda perlu memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter.

  1. Antihistamin Alami

Anda pun dapat mengonsumsi antihistamin alami untuk menyembuhkan alergi hidung yang terdapat pada buah-buahan bervitamin C. Diantaranya seperti buah jeruk, naga, pome dan wortel. Kandungan vitamin C pada buah-buahan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi senyawa jahat yang mencoba masuk. Vitamin C ini juga sangat baik dikonsumsi sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu.

  1. Bawang Putih

Bawang putih sudah dikenal dengan berbagai macam khasiatnya untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya alergi hidung. Di dalam bawang putih terdapat antivirus alami yang dapat mengantisipasi senyawa-senyawa penyebab alergi yang akan menyerang tubuh. Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih ini dalam keadaan mentah karena jika dimasak zat antivirusnya dapat hilang. Untuk mengurangi rasa pedas dan getir bawang putih mentah, Anda dapat mengonsumsinya bersama dengan madu. Bawang putih juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.

  1. Jahe

Hidung mampet serta gatal karena alergi juga dapat Anda sembuhkan dengan tanaman rempah berupa jahe ini.  Tidak hanya itu, jahe pun berkhasiat sebagai cara mengatasi suara hilang akibat batuk. Langkah membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu memasak jahe dengan air hingga mendidih. Setelah itu campurkan madu untuk mengurangi rasa pedas jahe sekaligus menambahkan rasa manis. Anda pun dianjurkan untuk meminum ramuan jahe ini dalam keadaan panas supaya lebih maksimal dalam mengobati alergi hidung. Selain itu, jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi suara hilang akibat batuk dan melegakan saluran pernapasan.


  1. Teh Hijau

Zat antihistamin dan anti oksidan alami juga terdapat dalam teh hijau sehingga dapat menyembuhkan alergi hidung dan gejala tenggorokan kering. Anda dapat mengonsumsi 2 cangkir teh hijau hangat setiap hari untuk menangkal senyawa penyebab alergi yang dapat menyerang tubuh. Selain itu, teh hijau juga dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

  1. Madu

Kandungan nutrisi dalam madu juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan alergi hidung. Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi madu jenis lokal karena mengandung serbuk sari tanaman yang berkhasiat melawan reaksi alergi. Selain itu, madu juga dapat Anda gunakan sebagai obat radang tenggorokan paling manjur dan cepat sembuh.

Itulah 6 cara menyembuhkan alergi hidung yang aman dan mudah. Kondisi alergi hidung perlu mendapat penanganan lebih lanjut jika menggunakan cara-cara di atas belum sembuh. Hal ini karena alergi hidung dapat menyebabkan komplikasi seperti faktor penyebab sinusitis, polip hidung dan macam-macam penyakit telinga. Untuk mencegah terjadinya alergi hidung, Anda dapat menghindari asap rokok dan lingkungan berpolusi.

, , ,