Sponsors Link

7 Cara Menyembuhkan Amandel Dengan Buah Paling Ampuh dan Aman

Sponsors Link

Amandel memang sangat mengganggu apalagi ketika terjadi peradangan dan muncul gejala seperti demam, gatal pada tenggorokan, dan rasa sakit ketika menelan makanan. Apalagi jika anda sedang ingin menikmati makanan favorit anda. Rasa sakit dan perih ketika menelan makanan akan sangat menyakitkan dan mengganggu.

ads

Solusinya pasti kita hanya bisa mengkonsumsi makanan lunak dengan rasa plain atau menghindari konsumsi penyedap rasa agar peradangan tidak semakin parah dan menghindari makanan penyebab amandel.

Taukah anda, bahwa sebenarnya amandel juga dapat di atasi dengan buah-buahan? Buah-buahan memang memiliki khasiat yang positif bagi tubuh. Kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan serta vitalitas tubuh kita.

Kali ini kami akan coba bahas cara menyembuhkan amandel dengan buah. Bahan yang alami, relatif mudah diperoleh dan cenderung ramah di kantong. Buah dapat menjadi cemilan sekaligus makanan yang sehat bagi kita khususnya bagi penderita amandel dibandingkan menggunakan antibiotik untuk amandel kronis.

Yuk kita simak buah apa saja yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan amandel berikut ini:

1. Buah Tin

Apakah anda familiar dengan nama buah ini? buah tin sendiri memang bukan buah lokal Indonesia tapi buah ini sudah dibudidayakan di Indonesia. Buah Tin sangat digemari masyarakat karena khasiatnya yang baik untuk tubuh.

Cara ampuh menyembuhkan amandel dengan buah tin adalah dengan merebus buah tin dengan air sampai masak lalu dihaluskan. Anda bisa tambahkan madu asli lalu dikonsumsi dua atau tiga kali dalam sehari. Konsumsi buah tin dapat mempercepat proses penyembuhan radang amandel.

2. Buah Nanas

Nanas juga merupakan salah satu cara ampuh menyembuhkan amandel dengan buah dengan membuat jus nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengatasi peradangan amandel. Konsumsi buah ini secara rutin untuk mencegah bahaya amandel pada tubuh anda.

3. Jambu Biji

Buah jambu biji juga baik untuk penderita amandel. Buah dengan kandungan vitamin C tertinggi ini cocok untuk dibuat jus dengan menambahkan sedikit madu dan es dapat mengurangi iritasi radang amandel. Vitamin C sendiri juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda.

4. Jeruk Nipis

Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi lainnya adalah jeruk nipis. Selain itu buah ini juga kaya akan antioksidan dan dapat menyembuhkan amandel yang membengkak.

Jeruk nipis diperas lalu ditambahkan madu dengan air hangat dan diminum dua kali sehari baik pagi maupun malam. 


5. Mengkudu

Anda dapat menyiapkan dua buah mengkudu yang telah dicuci bersih lalu parut dan saring ke dalam gelas. Air perasan dari mengkudu dapat ditambahkan madu dan air panas secukupnya. Ramuan tersebut diminum selagi hangat untuk menyembuhkan radang amandel.

6. Lemon

Selain jeruk nipis, lemon juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada amandel. Caranya juga hampir sama yakni peras lemon lalu tambahkan madu dan air hangat atau air panas secukupnya. Konsumsi dua atau tiga kali dalam sehari.

7. Kulit Manggis

Buah satu ini memang unik sekali karena selain buah, kulitnya juga berkhasiat bagi kesehatan. Salah satu cara ampuh menyembuhkan amandel dengan buah manggis adalah dengan cara merebus kulitnya dengan daun mint segar. Setelah panas anda dapat mengambil air rebusannya untuk digunakan berkumur sebanyak yang anda butuhkan. Berkumur dengan ramuan ini dapat mengurangi rasa sakit serta mempercepat proses penyembuhan.

Selain mengkonsumsi buah-buahan di atas anda juga perlu mengetahui tentang faktor penyebab amandel, ciri-ciri amandel kronis, serta menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan