Sponsors Link

8 Cara Menyembuhkan Gendang Telinga Yang Pecah dengan Cepat

Sponsors Link

Gendang telinga pecah merupakan robek pada gendang telinga yang membuat gendang telinga tersebut jadi berlubang yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan berair serta infeksi dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan yang menjadi satu dari macam macam penyakit telinga. Membran timpani atau gendang telinga adalah jaringan tipis yang menjadi pembatas diantara telinga tengah dengan saluran telinga luar.

ads

Saat terjadi masalah pada gendang telinga ini, maka gangguan pendengaran akan terjadi dan bahkan bisa menyebabkan gangguan pendengaran secara permanen. Hal utama yang menyebabkan gendang telinga pecah adalah infeksi dimana cairan akan menumpuk pada bagian belakang gendang telinga yang kemudian menekan membran timpani dan akhirnya pecah. Untuk cara menyembuhkan gendang telinga yang pecah ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti tindakan medis, obat obatan dan sebagainya seperti dibawah ini.

  1. Antibiotik

Antibiotik yang diberikan dalam bentuk pil atau obat tetes umumnya akan diberikan sebagai cara menyembuhkan gendang telinga yang pecah dimana antibiotik ini berfungsi untuk membersihkan infeksi dan juga melindungi telinga dari infeksi yang baru akibat terpapar telinga tengah dari robekan gendang telinga penyebab telinga sakit. Antibiotik ini akan diberikan jika gendang telinga pecah disebabkan karena infeksi.

  1. Penambalan Gendang Telinga

Apabila gendang telinga yang pecah tidak bisa menutup dengan sendirinya, dokter spesialis THT umumnya akan menambal gendang telinga tersebut dengan cara mengoleskan bahan kimia pada bagian tepi robekan yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan selaput baru sekaligus menutup robekan gendang telinga dengan tambalan dan juga cara mengobati telinga berair. Prosedur ini mungkin akan diulangi kembali sebanyak beberapa kali sampai lubang pada gendang telinga benar benar tertutup.

  1. Operasi

Cara menyembuhkan gendang telinga yang pecah selanjutnya adalah dengan tindakan operasi untuk memperbaiki fungsi daun telinga khususnya gendang telinga. Ini akan dilakukan jika tambalan tidak bisa mengatasi masalah gendang telinga yang pecah sehingga harus dilakukan operasi yang dinamakan dengan timpanoplasti. Pada operasi ini, dokter akan mencangkok sedikit kulit dari bagian tubuh pasien yang akan digunakan untuk menutup lubang pada gendang telinga. Sesudah prosedur bedah selesai dilakukan maka pasien sudah bisa langsung pulang pad ahari yang sama kecuali ada beberapa hal yang membuat pasien harus melakukan rawat inap.

  1. Terapi Medis

Terapi medis untuk gendang telinga pecah akan digunakan untuk mengendalikan otorrhea dengan cara memperhitungkan otoxicity dari media yang sudah dioleskan secara topikal untuk merawat infeksi telinga bersamaan dengan gendang telinga pecah tersebut sekaligus bisa digunakan untuk mengatasi penyebab telinga berdarah.

  1. Amoksisilin

Antibiotik sistemik juga terkandung akan diberikan untuk mengendalikan gendang telinga yang pecah dan otorrhea dan salah satunya adalah amoksisilin. Pemberian antibiotik ini bertujuan untuk mengurangi pertumbuhan pseudomonas aeruginosa atau staphylococcus aerus terlalu berlebihan.


  1. Pembersihan Cairan Telinga

Cara menyembuhkan gendang telinga yang pecah yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis THT adalah membersihkan atau menyedot cairan dalam telinga lewat spesimen kultur atau mikroskopik langsung dari telinga bagian tengah tempat gendang telinga pecah tersebut yang juga akan digunakan untuk cara membersihkan kotoran telinga.

  1. Asam Kaustik

Asam kaustik seperti asam trikloroasetat kemungkinan juga akan diberikan oleh dokter yang dilakukan dengan memberikan anestesi lokal untuk mengatasi bagian tepi gendang telinga yang pecah.

  1. Kompres Hangat

Untuk perawatan rumahan menghilangkan rasa sakit dari gendang telinga yang pecah sekaligus cara mengobati telinga tersumbat, anda bisa mengompres area telinga dengan kompres hangat yang benar benar sudah diperas kering dan diletakkan pada telinga selama beberapa kali sehari untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Cara menyembuhkan gendang telinga yang pecah haruslah dilakukan dengan hati hati dan lebih baik segera mengunjungi dokter spesialis THT sebab gendang telinga yang berada di dalam telinga sangat sensitif dan tidak boleh diobati dengan cara sembarangan.

, , , ,