Sponsors Link

10 Cara Menyembuhkan Hidung Meler Secara Alami

Sponsors Link

Hal yang paling mengganggu saat sedang pilek atau flu salah satunya adalah hidung meler atau berair sehingga harus selalu menyediakan tisu atau lap untuk membersihkan hidung tersebut. Penyebab dari hidung meler dan tersumbat umumnya adalah karena reaksi alergi pada beberapa hal seperti debu, kotoran dan juga bulu binatang serta serbuk bunga yang beterbangan tertiup angin. Untuk mengatasi ini, kami punya beberapa cara menyembuhkan hidung meler terbaik dan termudah yang bisa anda lakukan di rumah.

ads
  1. Menghirup Uap Menthol

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menggunakan baskom berisi air panas kemudian hirup uapnya untuk meredakan pembengkakan membran mukosa dalam hidung sehingga produksi lendir bisa dikurangi dan tidak terlalu encer yang juga merupakan cara mengobati polip tanpa operasi. Meskipun belum ada bukti ilmiah tentang hal ini, namun aroma menthol dan juga eucaliptus bisa menguatkan efek dari uap panas ini untuk melegakan hidung anda.

  1. Larutan Saline

Larutan saline atau air garam juga bisa digunakan digunakan untuk mengatasi hidung meler dan juga cara mengobati polip. Cara ini juga bisa digunakan untuk anak anak atau orang dewasa dengan mudah tanpa perlu pergi ke dokter. Membilas hidung dengan larutan air garam sangat baik untuk membuang lendir dalam hidung dan mengatasi iritasi yang mungkin terjadi pada hidung sehingga bisa bernapas lebih leluasa.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih atau eucalyptus juga bisa digunakan untuk mengatasi hidung merek dan juga gejala yang berhubungan dengan pilek pada anak atau orang dewasa. Minyak kayu putih ini akan bekerja sebagai dekongestan sehingga lendir di dalam hidung akan lebih mudah untuk disingkirkan yang juga menyingkirkan bakteri penyebab sinusitis.

  1. Kemangi atau Basil

Kemangi atau basil menjadi obat herbal selanjutnya yang sangat baik digunakan untuk mengatasi pilek serta hidung meler. Dalam kemangi dan juga basil mengandung anti bakteri, anti jamur dan juga anti virus yang sangat baik untuk melawan semua penyebab pilek dan hidung meler.

  1. Madu

Madu menjadi pengobatan alami lainnya yang sangat efektif untuk mengatasi hidung meler pada anak dan orang dewasa. Madu sangat baik dikonsumsi karena sifat menenangkan, anti bakteri dan juga anti virus yang sangat baik untuk mengurangi berbagai penyebab serta gejala hidung meler dan juga untuk batuk serta obat radang tenggorokan.

  1. Chamomile

Ramuan yang terbuat dari chamomile juga sangat baik digunakan untuk mengurangi gejala dan rasa tidak nyaman yang terjadi saat hidung meler. Ramuan chamomile ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami karena juga mengandung sifat antihitamin yang sangat bagus sehingga bisa juga digunakan untuk cara mengatasi suara hilang akibat batuk.

  1. Sup Ayam

Sup ayam bisa dikonsumsi untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat hidung sedang meler sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi di saluran pernapasan bagian atas tubuh anda. Selain itu, rasa hangat yang dihasilkan dari sup ayam ini juga akan melegakan hidung anda sehingga bisa bernapas dengan lebih lega dan mengatasi gejala tenggorokan kering.


  1. Minum Air Putih

Cara mudah selanjutnya untuk menghentikan masalah hidung meler adalah dengan minum air putih lebih banyak yang juga berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi sekaligus mempromosikan drainase seksresi hidung dan juga menenangkan rongga hidung anda.

  1. Humidifier Ruangan

Humidifier ruangan juga menjadi alternatif terbaik yang bisa digunakan dalam kamar tidur untuk menambah kelembaban udara sehingga bisa melegakan lendir dan melancarkan drainase untuk mencegah hidung meler terlalu lama dan juga meredakan gejala radang tenggorokan.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Jika hidung meler yang anda alami tidak disertai dengan demam dan juga lemas, maka anda bisa melakukan olahraga ringan untuk memicu pelepasan adrenalin yang sangat baik untuk melegakan pembengkakan membran mukosa yang menghasilkan lendir di saluran pernapasan anda sehingga hidung meler bisa disembuhkan.

Cara menyembuhkan hidung meler sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah di rumah dan tidak membutuhkan biaya yang besar seperti beberapa cara yang sudah kami berikan diatas. Hal terpenting lainnya adalah tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat lebih banyak untuk membantu proses penyembuhan hidung meler yang sedang anda derita.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan