Sponsors Link

3 Cara Menyembuhkan Kanker Tenggorokan Sampai Sembuh Total

Sponsors Link

Kanker tenggorokan merupakan kanker yang menyerang organ tenggorokan yang membantu anda untuk bernapas, berbicara, dan menelan. Kanker tenggorokan cenderung tumbuh dengan cepat. Oleh karena itu, ketika sudah didiagnosis mengidap kanker tenggorokan, anda haruslah menjalani pengobatan untuk dapat menyembuhkan penyakit ini.

ads

Kanker paru-paru memiliki penyebab yang sama dengan penyebab kanker laring. Oleh karena itu, pengobatan untuk kanker paru-paru hampir sama dengan pengobatan kanker laring, yaitu operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Berikut ini penjelasan mengenai pengobatan dan cara menyembuhkan kanker tenggorokan yang harus anda ketahui.

  • Operasi

Operasi menjadi salah satu cara menyembuhkan kanker tenggorokan yang banyak direkomendasikan. Operasi memang menjadi salah satu teknik pengobatan yang sudah terbukti menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Misalnya, operasi dipilih menjadi cara mengobati tuli campuran dan cara menyembuhkan sinusitis.

Operasi pada kanker tenggorokan dilakukan jika tumor kanker sudah sangat besar dan membahayakan. Selain itu, operasi juga dipilih bergantung pada lokasi letak tumor kanker tersebut. Ada beberapa jenis operasi yang akan dilakukan untuk menyembuhkan kanker tenggorokan.

Jika kanker masih berada pada stadium awal, maka akan dilakukan operasi dengan teknik endoskopi. Pengangkatan tumor dengan teknik endoskopi juga dilakukan jika letak tumor dapat dijangkau oleh peralatan operasi.

Jika lokasi kanker tidak bisa dijangkau dengan peralatan endoskopi, maka akan dilakukan operasi dengan teknik laringektomi atau faringektomi. Prosedur laringektomi dilakukan jika kanker berukuran kecil dan terletak di bagian laring. Prosedur ini akan mengangkat seluruh atau sebagian dari laring yang terinfeksi kanker.

Prosedur faringektomi dilakukan dengan cara melakukan pembedahan untuk mengangkat tumor kanker yang ada di tenggorokan. Bagian tenggorokan yang diangkat bisa separuh atau seluruhnya.

  • Radioterapi

Cara menyembuhkan kanker tenggorokan yang juga dianjurkan adalah radioterapi. Penyakit lainnya seperti presbikusis juga bisa disembuhkan dengan metode radioterapi. Radioterapi merupakan proses terapi dengan menggunakan radiasi yang diarahkan ke daerah di tubuh yang mengalami penyakit tersebut.

Radioterapi dapat menghambat, membunuh, dan menghentikan pertumbuhan sel kanker tenggorokan. Jika kanker masih berada pada stadium awal, maka radioterapi menjadi cara yang ampuh untuk menyembuhkan kanker.

Sedangkan pada kanker stadium lanjut radioterapi dapat membantu mengurangi ukuran tumor kanker. Hal ini umumnya dilakukan sebelum operasi pengangkatan kanker tenggorokan. Agar operasi dapat lebih mudah dilakukan, maka pengecilan ukuran tumor dilakukan dengan radioterapi.

  • Kemoterapi

Kemoterapi merupakan cara menyembuhkan kanker tenggorokan dengan menggunakan obat-obatan. Obat-obatan ini diberikan untuk membunuh sel kanker dan mengurangi komplikasi kanker tenggorokan.Kemoterapi dapat menjadi cara mengobati tenggorokan perih yang disebabkan oleh kanker tenggorokan. 


Kemoterapi sering dikombinasikan bersama dengan radioterapi dalam mengobati kanker tenggorokan. Padahal, obat yang digunakan dalam kemoterapi membuat sel kanker lebih sensitif terhadap proses radioterapi. Menggabungkan kedua jenis pengobatan ini dapat meningkatkan efek samping dari dua jenis pengobatan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum menggabungkan dua jenis pengobatan ini, pastikan anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Jika manfaat pengobatan lebih besar dari efek sampingnya, maka anda dapat mempertimbangkan penggabungan kedua teknik pengobatan ini.

  • Pengobatan dengan Obatan-Obatan Tertentu

Pengobatan dengan obat-obatan tertentu juga dipilih sebagai cara menyembuhkan kanker tenggorokan. Obat-obat di kemoterapi umumnya digunakan untuk membunuh sel kanker. Namun, pengobatan dengan obat-obatan tertentu dilakukan dengan suatu tujuan khusus. Obat-obatan ini akan bekerja dengan memanfaatkan situasi tertentu pada sel kanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Misalnya, obat jenis Cetuximab (Erbitux). Obat ini digunakan untuk mengobati kanker tenggorokan dalam situasi tertentu. Cetuximamb dapat menghentikan pertumbuhan pada protein yang sering ditemukan pada sel sehat. Namun, ternyata protein ini juga banyak terdapat pada sel kanker tenggorokan.

Obat-obat yang digunakan untuk menyembuhkan kanker tenggorokan juga diperuntukkan untuk mengurangi gejala serta komplikasi dari kanker tenggorokan. Penggunaan obat yang tepat sebagai obat kanker tenggorokan juga dapat menjadi obat tenggorokan gatal dan menjadi cara cepat meredakan sakit tenggorokan


Tenggorokan gatal dan sakit tenggorokan merupakan gejala serta komplikasi kanker tenggorokan. Jika tidak disembuhkan maka akan sangat mengganggu serta menyiksa

Itulah berbagai jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tenggorokan. Masing-masing pengobatan mungkin memiliki efek samping dan dampaknya sendiri.

Ketika anda berkonsultasi dengan dokter, anda akan mendapatkan prosedur pengobatan terbaik untuk menyembuhkan kanker tenggorokan. Selain menjalani pengobatan, anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan pereda sakit tenggorokan agar rasa sakit akibat kanker bisa lebih diminimalisir. Anda juga dilarang mengonsumsi makanan yang dihindari saat sakit tenggorokan agar penyakit anda tidak menjadi semakin parah.

Setelah menjalani berbagai pengobatan tersebut, anda juga akan diminta untuk menjalani beberapa treatment pasca pengobatan. Anda akan menerima perawatan untuk mengembalikan kemampuan menelan dan kemampuan berbicara yang terganggu selama proses pengobatan.

Anda juga akan mendapatkan perawatan untuk mengeringkan luka pasca kanker, menyembuhkan rasa sakit yang disebabkan proses pengobatan, dan berbagai komplikasi lainnya yang mungkin anda alami. Setelah semua proses penyembuhan ini, berkonsultasilah dengan dokter jika ada efek samping yang anda alami dari proses pengobatan.

Hal ini akan membuat anda benar-benar sembuh setelah semua proses pengobatan dilakukan. Harapan terbesarnya tentu anda dapat kembali menjalani kehidupan normal kembali setelah kanker tenggorokan anda sembuh.

, , ,