Sponsors Link

10 Cara Menyembuhkan Polip Secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Polip adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi oleh bakteri, jamur, atau virus. Penyakit polip ditandai dengana danya tumor kecil didalam atau menembel di tubuh, biasanya sering ditemukan di rongga hidung, rahim, tulang pipi, dan telinga. Namun berbeda dengan tumor lainnya, polip bukanlah tumor ganas ataupun berbahaya. Tumor polip bentuknya lebih menyerupai selaput lendiri yang berwarna bening. Selaput lendir tersebut tumbuh menempel dengan daging, sama halnya seperti buah anggur yang menempel dengan tangkainya. Polip pun dapat tumbuh lebih dari satu, hal inilah yang menyebabkan masalah. Karena pembengkakkan dari polip yang tidak dicegah, akan membuat polip menjadi semakin besar. Apabila polip tumbuh didalam rongga hidung, hal ini akan mempersulit penderita dalam bernafas dan menganggu indra penciumannya. Gejala yang akan dirasakan tidak hanya digangguan pernapasan, namun juga akan muncul gejala seperti kepala yang nyeri, kebiasaan mendengkur yang muncul secara tiba – tiba, Cairan lendir bening yang keluar dari hidung, rongga hidung yang menjadi tidak simetris, dan banyak hal lain.

ads

Penyebab utama polip karena apa, sebenarnya belum diketahui secara jelas, namun untuk berjaga dari penyakit ini hal yang paling utama adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena bakteri, irus, dan jamur berawal dari lingkungan yang kotor dan kebiasaan tidak menjaga kebersihan diri. Namun, bagi penderita penyakit polip anda tidak perlu khawatir. Polip masih bisa disembuhkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara – cara alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah dan tanpa biaya.

Tips untuk Menyembuhkan Polip

Cara menyembuhkan polip dengan menggunakan bahan bahan alami antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Teh Herbal

Sudahkah anda meminum teh herbal sebelumnya? Teh herbal tidak jauh berbeda cara pembuatannya dengan teh lainnya yang biasa anda minum sehari – hari. Perbedaannya hanya terletak dari bahan utama teh tersebut. Teh herbal dapat anda buat dengan menggunakan bahan bahan herbal yang anda miliki, salah satunya dari sayur-sayuran. Anda bisa menumbuk daun dandelion contohnya, dan menyeduhnya dengan air panas. Lalu meminumnya seperti biasa. Atau anda juga bisa juga membuat teh herbal dari ramuan air selada, hal ini sangatlah bermanfaat untuk menyembuhkan dan menghentikan pembengkakkan yang terjadi pada polip anda. Selain itu, teh herbal mengandung bentakoroten yang tinggi, ssehingga memberikan beragam khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Kunyit

Antioksidan yang tinggi terkandung didalam kunyit mampu membuat virus, bakteri dan jamur yang bersarang di polip dapat pergi seketika. Anti inflamasinya pun dapat menghentikan dan menurunkan proses pembengkakkan selaput lendir polip. Tidak banyak orang tahu pula, bahwa rempah rempah ini terkandung dekongestasn alami yang juga bermanfaat untuk mengatasi penmpukan air atau lendir berlebih yang terdapat didalam rongga hidung. Membuat ramuan dari bahan kunyit pun sangatlah mudah, cukup haluskan kunyit dan seduh menggunakan air panas hingga mendidih. Jangan rebus terlalu lama, cukup sekitar 2 hingga 3 menit saja. Dan terakhir anda bisa langsung meminum air saringannya. Metode ini bisa anda lakukan setiap hari, baik di pagi hari maupun malam hari untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal.

Selain direbus langsung, anda juga bisa memadukan ramuan bubuk kunyit ini dengan susu hangat. Resep ini cocok apabila anda merasa kurang nyaman apabila diharuskan hanya meminum larutan kunyit saja.


  1. Dandelion

Dandelion adalah salah satu tumbuhan herbal yang memiliki kandungan vitamin C dan beragam nutrisi lainnya yang sangat besar. Dandelion dapat anda konsumsi secara langsung ataupun dikonsumsi seperti cara membuat teh herbal. Dandelion dipercaya pula dapat mengurangi produksi lendir berlebih yang dialami oleh penderita penyakit polip. Lendir yang ada didalam selaput polip adalah lendir yang harus dikeluarkan, karena didalamnya ada banyak terkontaminasi bakteri dan jamur jahat. Jika tidak dikeluarkan, lendir akan membuat selaput polip semakin besar.

  1. Bawang Putih

Tidak banyak yang tahu ternyata bawang putih yang biasa kita gunakan sebagai bumbu wajib pada setiap masakan dapat memberikan khasiat dan manfaat unutk penyembuhan penyakit polip. Ternyata didalam bawang putih terkandung antibakteri, anti inflamasi, dan antioksidan yang bagus untuk daya tahan tubuh baik sebagai penangkal penyakit maupun untuk mengobati penyakit. Namun, mungkin bagi anda yang ingin menggunakan bawang putih sebagai obat, harus siap merasakan rasa yang tidak biasa saat mengkonsumsinya. Karena untuk mengobati atau menyembuhkan polip, sebaiknya bawang putih dikonsumsi dengan cara dicincang kecil kemudian langsung dimakan utuh. Meskipun mungkin rasanya tidak biasa, namun bawang putih sangatlah ampuh untuk melarutkan lendir berlebih pada penderita penyakit polip.

  1. Brokoli

Mendengar kata Brokoli tentunya sudah tidak asing lagi, terutama untuk para kaum ibu. Brokoli adalah salah stau jenis sayuran berwarna hijau yang memilikki bentuk yang unik. Selain bermanfaat dan memiliki nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak, siapa sangka Brokoli dapat anda jadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit polip.

Brokoli memiliki senyawa sulforaphane yang melindungi bagian usus dan bermanfaat untuk mengurangi pembengkakkan selaput polip. Brokoli juga mampu menghancurkan apoptosis, yaitu sel yang menjadi sumber tumbuhnya selaput polip. Namun, dalam mengkonsumsi Brokoli sebaiknya dimakan secara mentah setelah sebelumnya dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Menurut penelitian, jika Brokoli dimasak maupun direbus maka dapat merusak 90% kandungan sulforaphane didalamnya. Baca pula : 16 Cara Mengobati Polip Paling Aman dan Ampuh

  1. Paprika Merah

Bagi para kaum ibu, tentunya paprika tidaklah asing lagi. Paprika yang sering ditemukan diberbagai supermarket biasanya tersedia dalam dua warna, yaitu warna hijau dan warna merah. Mungkin akan sedikit lebih susah mencari keberadaan paprika merah, karena umumnya yang lebih mudah ditemukan adalah paprika hijau. Selain itu, paprika juga merupakan sayuran yang memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya.

Namun, dibalik itu ada Betakaroten , lycopene, dan karotenoid didalam paprika merah yang berkhasiat untuk menyembuhkan kanker. Selain itu senyawa N – acetylcysteine atau NAC juga berkhasiat sebagai senyawa anti kanker. Untuk mengkonsumsi paprika merah, anda bisa lakukan sesuka hati anda. Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian kecil, lalu menjadikannya aksen tambahan menu masakan anda sehari – hari.

  1. Daun Cemara dan Daun Sirih

Membuat ramuan untuk obat dari penyakit polip menggunakan daun cemara dan daun sirih tidaklah susah. Caranya cukup simple, sebelumnya siapkan dulu semua bahan untuk membuat ramuan ini. Anda membutuhkan beberapa helai daun cemaran dan daun sirih, selain itu lebih baik lagi siapkan pula beberapa ruas kunyit. Setelah semua bahan siap, cucilah dengan bersih. Kemudian parutlah hingga halus, dan rebus semuanya dengan air mendidih didalam panci tertutup. Biarkan setidaknya 8 hingga 10 menit. Buka penutup panci, dan hirup uapnya dalam dalam, dan lakukan metode ini sesering mungkin.

  1. Jeruk Nipis dan Jahe

Siapa sangka paduan dari jeruk nipis dan jahe dapat membantu anda menyembuhkan penyakit polip? Jeruk nipis sendiri adalah buah yang kaya akan vitamin C dan bersifat masam. Bagi anda yang mengalami penyakit polip, ada baiknya untuk lebih sering mengkonsumsi buah yang bersifat masam dibandingkan buah  yang rasanya manis. Sedangkan, jahe adalah salah satu rempah yang sudah sangat familiar di Indonesia yang dapat anda gunakan untuk mencegah tumbuhnya sel polip pada tubuh anda. Jahe juga sering dijadikan beberapa orang sebagai solusi untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena saat daya tahan tubuh atau imun anda dalam keadaan buruk, maka akan mempermudah mikroorganisme jahat dalam menyerang dan menyebarkan penyakit bagi tubuh.

Membuat ramuan darri jeruk nipis dan jahe sangatlah mudah. Siapkan perasan dari beberapa buah jeruk nipis yang sudah dicuci terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan jahe yang sudah dihaluskan. Aduk sejenak hingga terlihat merata antara kedua bahan. Tambahkan sedikit daun sirih, daun serai, dan cengkeh untuk membuat ramuan ini menjadi jauh lebih ampuh. Rebuslah semua bahan yang sudah tercampur selama kurang lebih 2 – 3 menit hingga air terlihat mendidih. Setelah mendidih, diamkan hingga larutan mendingin. Saringlah larutan tersbut kemudian diminum. Minumlah larutan ini setidaknya sehari sekali, sebaiknya minum setelah bangun tidur dipagi hari atau sebelum melakukan aktivitas.

  1. Mengkonsumsi Buah Masam

Saat orang lain banyak yang mencari buah yang emmiliki rasa manis, berbeda dengan para penderita penyakit polip. Penderita polip diharuskan lebih sering mengkonsumsi buah yang memiliki rasam, seperti jeruk, belimbing, dan sebagainya. Umumnya buah yang memiliki rasa masam memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih besar. Kandungan senyawa vioflavonoid didalamnya juga dapat bermanfaat dalam mengatasi permasalah yang terjadi di pembuluh darah dan bagian dalam jaringan rongga hidung.

Cara mengkonsumsinya pun juga dapat disesuaikan dengan selera anda, bisa dimakan secara langsung ataupun mau diolah menjadi jus. Apabila anda memilih untuk mengkonsumsi dengan cara jus, sebaiknya hindari penggunaan gula. Gunakan cara ini secara rutin, paling tidak selama sebulan. Cara ini akan berkhasiat lebih cepat apabila anda melakukan disetiap pagi hari sebelum beraktivitas dan setiap malam menjelang anda hendak tidur. Karena pada saat itu, sistem metabolisme tubuh berada pada titik proses yang sangat baik dalam mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh. simak pula : 10 Cara Mencegah Polip di Hidung Wajib Diketahui

  1. Benalu Teh dan Kunyit

Benalu teh dan kunyit adalah salah satu metode yang cocok untuk dijadikan obat guna menyembuhkan penyakit polip. Cara pembuatannya sederhana, cukup cuci semua bahan dengan bersih kemudian rebus dengan air mendidih. Pastikan anda memasukkan bahan untuk direbus saat air dalam keadaan mendidih. Rebuslah dalam waktu paling lam 3 menit saja. Saringlah hasil rebusan kemudian biarkan sejenak hingga dingin. Minumlah larutan tersebut setidaknya 2x sehari. Ramuan ini selain cocok untuk mengobati penyakit polip, sangat cocok juga dijadikan obat bagi anda yang menderita penyakit panas dalam dan sebagainya.

Berikut merupakan beberapa contoh obat untuk menyembuhkan penyakit polip. Namun, sebaiknya anda tetap menjaga kesehatan melalui penjagaan kondisi kebersihan diri dan kebersihan lingkungan. Karena berawal dari kondisi diri dan lingkungan yang kotorlah tumbuh mikoroorganisme jahat yang membawa bibit penyakit berupa jamur, bakteri, dan virus yang memungkinkan terjadinya infeksi pada organ tubuh. Hal ini diperkuat lagi apabila anda dalam keadaan yang tidak fit atau sistem kekebalan tubuh yang tidak baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal