Sponsors Link

4 Cara Menyembuhkan Radang Telinga secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Cara menyembuhkan radang telinga secara alami adalah berbagai upaya yang dapat anda lakukan untuk membantu anda kembali sehat dan sembuh dari penyakit radang yang menyerang telinga. Telinga adalah organ yang berfungsi untuk mendengar pada manusia. Tidak mungkin ada manusia yang dapat mendengar dengan jelas, jika tidak memiliki telinga yang sehat. Memiliki telinga yang sehat ini seringkali memiliki resiko kerusakan dan gangguan juga.

ads

Anda dapat misalnya mengalami radang telinga. Radang telinga merupakan kondisi di mana seseorang menderita peradangan di saluran eustachius pada telinga. Saluran eustachius ini mempunyai tanggung jawab dan fungsi penting, yaitu untuk menyalurkan setiap udara yang masuk ke telinga sehingga nantinya udara inilah yang membuat telinga dapat mendengar bersamaan dengan masuknya suara.

Namun, selain membawa suara masuk ke telinga udara pun membawa kemungkinan masuk bakteri ke dalam rongga telinga anda. Oleh sebab itu, jika tidak dijaga kebersihannya maka rongga telinga anda bisa mengalami infeksi dan  saraf pada gendang telinga anda mengalami banyak masalah seperti juga penyebab telinga berdengung.

Kondisi tersebut harus anda cegah apapun resikonya. Resiko ini dapat anda cegah dengan menghindari apa saja pemicunya. Pemicu dari penyakit radang telinga pada seseorang ini selalu mungkin dapat terjadi karena melakukan aktivitas di luar rumah yang cukup sering.

Sehingga nantinya telinga mengalami kemasukan kotoran melalui udara, akhirnya terjadilah peradangan yang membuat anda mengalami gangguan fungsi telinga seperti kesulitan untuk mendengar dan perlu anda lakukan cara mengobati radang telinga. Selain itu, radang telinga juga dapat terjadi sebagai akibat dari seringnya anda mencolok-colokan telinga dengan memakai ujung dari salah satu benda tajam sampai mengenai rongga dan gendang telinga.

Hal ini sangat berbahaya karena nantinya akan terjadi iritasi juga peradangan yang tampak pada telinga bagian dalam dan sangatlah gatal, mungkin juga mengalami nyeri telinga secara terus-menerus, dan banyak gejala lainnya. Jika anda tidak segera mengatasinya pun menjadi masalah jadi segera upayakan cara menyembuhkan radang telinga secara alami di bagian berikutnya.

Cara Menyembuhkan Radang Telinga secara Alami

Anda sudah mengetahui bahwa radang telinga bisa anda sembuhkan. Namun jika anda terbatas mengetahui cara medis saja, maka cara menyembuhkan radang telinga itu cukup berbahaya jika untuk anak anak. Itulah mengapa anda sebaiknya menggunakan cara yang alami saja. Ada beberapa cara alami untuk menyembuhkan radang telinga anda. Berikut ini penjelasan beberapa di antaranya.

  1. Mengobati Radang Telinga dengan Madu Alami

Obat yang pertama untuk dapat menyembuhkan radang telinga anda dapat digunakan madu alami. Madu adalah hasil lebah yang baik untuk apapun jenis masalah kesehatan anda. Termasuk juga masalah berupa penyebab pendengaran kurang jelas karena telinga yang mengalami peradangan.

Peradangan pada telinga anda ini ternyata dapat diatasi dengan menggunakan madu. Madu ini dapat anda teteskan ke kedua telinga anda yang sakit karena radang. Jadi cobalah anda obati dengan madu dan pastikan untuk membersihkannya juga dengan rutin.


  1. Mengobati Radang Telinga dengan Bawang Putih

Selanjutnya cobalah anda menggunakan bawang putih untuk mengobati radang telinga anda. Caranya anda dapat meneteskan sari-sari dari air rebusan bawang putih ke dalam telingan anda secara teratur. Hal ini akan membantu proses penyembuhan radang tersebut dan membuat telinga anda dapat kembali berfungsi normal seperti sebelumnya dan tidak lagi mengalami permasalahan seperti radang lagi.

  1. Mengobati Radang Telinga dengan Kunyit

Anda juga dapat menggunakan khasiat kunyit untuk mengembalikan kesehatan dari telinga anda. Radang identik dengan luka pada bagian telinga. Kunyit mampu membantu proses penyembuhan luka tersebut menjadi lebih cepat.

Anda hanya perlu menggunakan sari kunyit yang telah anda haluskan kemudian campurkan dengan air untuk direbus. Gunakan air rebusan yang telah dingin untuk dimasukkan ke lubang telinga sebanyak dua kali dalam sehari untuk menghindari akibat infeksi telinga yang dipengaruhi radang ini.


  1. Mengobati Radang Telinga dengan Tea Tree Oil

Terakhir gunakanlah khasiat dari minyak pohon teh. Pohon teh diketahui memiliki minyak yang sangat bermanfaat untuk mengatasi radang di sepanjang saluran telinga anda. Saat ini, sudah tersedia produk siap pakai yang dapat anda oleskan ke bagian dalam telinga anda menggunakan cotton bud.

Namun, anda tetap harus berhati hati dan jangan sampai membuat anda mengalami bahaya gendang telinga pecah dan rusak seperti yang lainnya.

Demikianlah informasi menarik mengenai apa saja cara menyembuhkan radang telinga secara alami yang bahannya pun mudah anda gunakan dan dapatkan. Jadi bagaimana menurut anda? Sangat bermanfaat bukan? Semoga kesehatan telinga anda tetap terjaga selamanya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan