Sponsors Link

6 Cara Menyembuhkan Rhinitis Dijamin Cepat Sembuh

Sponsors Link

Alergi dan juga macam macam rhinitis alergi sebenarnya sudah menjadi topik yang diselidiki selama ratusan tahun.Pengertian rhinitis alergi digambarkan sebagai respons alergi yang ada pada hidung sesudah menghirup zat tertentu. Rhinitis alergi tersebut akhirnya menyebabkan hidung terasa gatal, sakit pada tenggorokan, bersin dan juga batuk. Semakin sering anda menghirup berbagai partikel alergi dari udara yang ada di sekitar, maka sistem kekebalan tubuh juga semakin menurun. Cara menyembuhkan rhinitis sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti yang akan kami berikan berikut ini.

ads
  1. Quercetin

Quercetin merupakan bioflavonoid alami yang bisa membuat sel mast lebih stabil dan menghambat pelepasan histamin. Quercetin juga merupakan antioksidan ampuh yang bisa membantu mengurangi radang. Quercetin baik digunakan untuk pengobatan jangka panjang. Namun, jika anda memiliki masalah pada organ hati, sedang dalam masa kehamilan atau memakai alat kontrasepsi hormonal, maka konsultasikan dengan dokter lebih dulu.

Quercetin alami dapat ditemukan dalam jeruk dan brokoli sehingga bisa dikonsumsi untuk mencegah ciri ciri rhinitis timbul kembali serta gejala akut. Namun, penggunaan quercetin sebagai cara menyembuhkan rhinitis tidak dianjurkan pada masa kehamilan dan menyusui.

  1. Probiotik

Rhinitis terjadi karena ketidakseimbangan pada sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh bereaksi  terhadap rangsangan. Penelitian terbaru mengaitkan hubungan dari bakteri yang menguntungkan usus dengan berkurangnya gejala rhinitis. Keseimbangan bakteri usus yakni dengan cara mengkonsumsi probiotik terbukti ampuh sebagai cara menyembuhkan rhinitis  seperti cara mengobati rhinitis vasomotor secara alami dengan cara mengkonsumsi makanan serta minuman berfermentasi seperti kefir yang akan meningkatkan bakteri baik di usus.

  1. Madu

Mengkonsumsi madu lokal tidak hanya baik digunakan untuk obat radang tenggorokan, namun juga sangat membantu tubuh untuk beradaptasi dengan alergen penyebab rhinitis. Cara menggunakan madu sebagai cara menyembuhkan rhinitis adalah dengan mengkonsumsi 1 sendok teh atau lebih madu mentah dan lakukan setidaknya 1 kali sehari untuk menghilangkan gejala rhinitis.

  1. Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6

Omega 3 tidak hanya ampuh digunakan sebagai cara menyembuhkan rhinitis dan peradangan, namun juga ampuh melawan alergen dengan cara teratur mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan omega 3. Sedangkan sebuah penelitian lain membuktikan jika seseorang yang mengkonsumsi ikan secara teratur akan menurunkan risiko rhinitis lebih baik.

Sementara omega 6 yang juga merupakan obat alami segala jenis alergi khususnya menurunkan demam. Omega 6 akan membantu tubuh untuk menghasilkan bahan kimia kuat yakni prostaglandin. Ini merupakan hormon yang bisa menghambat histamin kimia tubuh yang menjadi penyebab utama rhinitis. Sebuah penelitian juga menghubungkan tingkat prostaglandin normal dalam tubuh akan merileksasikan otot di paru paru dan juga meningkatkan aliran lebih baik.


  1. Makanan Pedas

Mengkonsumsi beberapa jenis makanan pedas seperti cabai dan paprika sangat baik untuk membersihkan sistem pernafasan dan meredakan gejala radang tenggorokan. Beberapa makanan pedas ini adalah dekongestan alami yang juga bertindak sebagai pembersih bakteri penyebab sinusitis dan hampir semua masalah pernafasan termasuk rhinitis. Makanan pedas juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan jantung.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya bagus dikonsumsi sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal, namun juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus dan sangat penting untuk pencegahan alergi seperti rhinitis. Minyak kelapa akan menenangkan usus sekaligus mendorong pertumbuhan bakteri baik. Jika kesehatan usus tidak dijaga dengan baik, maka histamin yang merupakan musuh dari alergi akan semakin banyak dihasilkan. Minyak kelapa akan membantu probiotik usus agar bisa berkembang dan membunuh bakteri jahat sehingga produksi histamin bisa dikurangi.

Minyak kelapa murni bisa di konsumsi sebanyak 1 sampai 2 sendok makan atau lebih setiap harinya untuk anak anak dan untuk orang dewasa bisa mengkonsumsi minyak kelapa kapan saja tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Minyak kelapa tidak akan membuat seseorang overdosis sehingga aman untuk di konsumsi.

Cara menyembuhkan alergi bisa dilakukan dengan memakai beberapa bahan alami yang terbukti aman dan efektif dibandingkan dengan obat obatan kimia. Selain itu, hindari juga beberapa pemicu alergen yang bisa memperparah rhinitis seperti polusi, debu, tungau, bulu binatang dan lain sebagainya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Rhinitis