Sponsors Link

15 Cara Menyembuhkan Sinusitis dengan Cepat dan Ampuh

Sponsors Link

Sinusitis adalah gangguan hidung yang paling umum terjadi selain polip. Bakteri penyebab sinusitis sesungguhnya bisa dicegah akan tetapi gangguan yang disebabkannya tidak bisa tertahankan oleh seseorang dengan sistem imun yang sedang menurun.

ads

Dengan demikian, tidak ada cara lain untuk mengatasi sinusitis selain dengan mencari cara yang tepat untuk menyembuhkannya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter THT Anda dalam rangka menyembuhkan sinusitis yang Anda derita. Namun umumnya, cara menyembuhkan sinusitis yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat adalah sebagai berikut.

  1. Kompres Air Hangat

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi sinusitis dalam jangka yang pendek namun tidak temporer adalah dengan melakukan kompres hangat di sekitar hidung. Suhu hangat bisa membuat hambatan di dalam hidung mencair yang kerap membuat kepala Anda pusing. Anda hanya memerlukan kain katun atau handuk bersih dan satu baskom air hangat. Celupkan dan peras hingga tidak lagi menetes. Selain melakukan kompresan di hidung, Anda juga bisa mengompresnya di kening.

  1. Tetap terhidrasi

Selain melakukan kompresan, membuat tubuh Anda tetap terhidrasi juga adalah cara yang praktis untuk mengatasi sinusitis yang Anda derita. Meski tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan sinusitis, membuat tubuh terhidrasi bisa meminimalkan dampak penyakit sinusitis yang Anda dapatkan. Jangan coba-coba untuk minum air es. Anda disarankan untuk mengonsumsi air hangat atau dingin saja. Cairan akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda dengan mengonversikannya ke dalam bentuk urin.

  1. Minum Air Jahe

Agar Anda bisa terhidrasi sekaligus mendapatkan nutrisi yang cukup, cobalah untuk menambahkan bahan lain ke dalam minuman Anda. Sebagai saran, Anda bisa menambahkan jahe dalam bentuk perasan. Jahe memiliki banyak manfaat terutama dalam mengatasi radang yang terjadi pada hidung Anda karena sinusitis. Untuk mendapatkan perasan jahe, Anda bisa menumbuknya atau rebus saja hingga mendidih dalam beberapa gelas air bersih.

  1. Obat Tetes Hidung Steroid

Salah satu cara menyembuhkan sinusitis dengan menyentuh langsung area yang bermasalah adalah dengan menggunakan obat tetes hidung steroid. Obat tetes ini digunakan dengan cara disemprotkan langsung pada rongga hidung.

Akan tetapi, obat ini termasuk obat yang digunakan ketika Anda mendapatkan resep dari dokter. Selain sinusitis, obat tetes ini juga bagus untuk mengatasi masalah tenggorokan namun akan memberikan efek samping yang tidak menyenangkan saat Anda bernapas. Obat tetes ini barangkali akan doker THT Anda sarankan jika menemukan ciri-ciri sinusitis parah.

  1. Suntikan Imunoterapi

Selain obat tetes steorid, tindakan lain yang memerlukan saran dari dokter adalah suntikan imunoterapi. Selain itu, tindakan ini juga hanya bisa dilakukan oleh dokter dan praktisi kesehatan, tidak oleh sembarang orang. Umumnya, suntikan imunoterapi dilakukan untuk mengatasi sinusitis yang disebabkan oleh alergi dan dilakukan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tindakan ini bisa mengatasi bahaya sinusitis kronis yang Anda derita.


  1. Steaming dengan Campuran Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan sinus di hidung yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan melakukan steaming. Steaming umumnya dilakukan dengan cara membiarkan hidung menghirup uap air dari air hangat. Tindakan ini bisa membantu Anda melegakan rongga hidung dan tidak hanya diperuntukkan bagi penyakit sinusitis.

Anda dengan keluhan flu dan hidung tersumbat juga bisa melakukannya. Agar mendapat manfaat yang lebih banyak, cobalah untuk menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Dengan begitu, masalah infeksi di hidung Anda akan diminimalkan.

  1. Memasang Filter Udara

Jika Anda sudah melakukan berbagai jenis cara menyembuhkan sinusitis, dorong proses penyembuhan Anda dengan memasakan filter udara. Filter udara akan membuat udara di dalam ruangan Anda cenderung bersih dan terjaga dari berbagai jenis bakteri dan kotoran. Dengan begitu, kemungkinan  faktor penyebab sinusitis bertambah parah yang terdapat di dalam udara bisa dicegah. Pemasangan filter udara juga berfungsi untuk mencegah Anda kembali mendapatkan sinusitis jika sudah sembuh.

  1. Tindakan Operasi

Jika Anda menginginkan cara menyembuhkan sinusitis yang memberikan dampak permanen, maka tidak ada lagi cara lain selain memilih tindakan operasi. Tindakan operasi penyembuhan sinusitis bisa Anda diskusikan terlebih dahulu dengan dokter THT Anda sebab untuk kasus sinusitis yang tidak begitu parah, penyembuhan dengan obat dan terapi tentu akan lebih praktis dan sesuai. Sebab, bagaimana pun juga ada efek samping pasca operasi sinusitis yang menjadi risiko dari pengambilan tindakan ini.


Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum melakukan operasi. Beberapa jenis operasi yang biasanya dilakukan adalah endoskopi dan pengangkatan jaringan polip jika penyebab sinusitis adalah polip hidung. Sementara itu, endoskopi adalah tindakan membuat cairan di dalam hidung mengalir dengan lebih lancar untuk menghindari penumpukan yang menjadi penyebab sinusitis.

Selain 8 cara menyembuhkan sinusitis di atas, Anda masih punya banyak cara lainnya yang bisa Anda pilih ketika merasa ciri-ciri terkena sinusitis sudah Anda alami. Ada pun 7 cara menyembuhkan sinusitis berikutnya adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Sistem Imun,
  2. Pijat Akupuntur,
  3. Teknik Pot Neti,
  4. Mengonsumsi Bromelain,
  5. Makanan dengan Komposisi Rempah-Rempah,
  6. Perbanyak Makan Buah, serta
  7. Memakai semprotan dekongestan.

Anda memiliki kehendak untuk memilih jenis pengobatan yang paling sesuai. Namun agar penyembuhan bisa berjalan dengan cepat dan efektif, jangan lupa untuk mengonsultasikannya dengan dokter THT pribadi Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan