Sponsors Link

8 Cara Menyembuhkan Telinga Tersumbat Karena Flu Paling Efektif

Sponsors Link

Telinga yang tersumbat bisa terjadi karena berbagai hal seperti menumpuknya lilin serta kotoran pada telinga dan juga bisa diakibatkan karena berada di area ketinggian seperti saat sedang naik pesawat. Namun sumbatan pada telinga juga bisa terjadi karena penyakit seperti flu yang bisa menimbulkan gejala gangguan fungsi daun telinga seperti pusing, demam, alergi dan sensasi berdengung di dalam telinga. Jika penyumbatan telinga yang anda alami terjadi karena penyakit seperti flu, maka anda bisa menggunakan beberapa cara menyembuhkan telinga tersumbat karena flu seperti berikut ini.

ads
  1. Gunakan Gravitasi

Penyumbatan yang terjadi di telinga karena flu bisa saja terjadi karena cairan yang terperangkap di dalam telinga sekaligus cara mengatasi telinga berdengung. Untuk mengatasi penyumbatan telinga tersebut, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Berdiri dengan 1 kaki dan miringkan kepala ke sisi telinga tersumbat.
  • Lompat secara perlahan dengan 1 kaki dan jaga keseimbangan agar tidak terjatuh.
  • Cara kedua adalah berbaring miring denga kepala yang menempel pada bantal.
  • Jaga agar telinga yang tersumbat tetap menghadap ke bawah selama 1 jam supaya cairan bisa keluar dari telinga.
  1. Gunakan Neti Pot

Neti pot merupakan alat khusus yang berbentuk teko kecil yang bisa digunakan untuk mengaliri hidung agar penyumbatan di telinga bisa teratasi dan juga bisa digunakan untuk cara mengobati telinga berdarah. Siapkan 450 ml air hangat steril yang dicampur dengan 1 sendok teh garam lalu isi neti pot dengan cairan tersebut. Miringkan kepala 45 derajat dan letakkan ujung neti pot pada lubang hidung dan biarkan larutan mengalir di rongga hidung dan keluar dari lubang hidung lainnya. Apabila masuk ke dalam mulut maka bisa dibuang saja.

  1. Pakai Obat Dekongestan

Penyumbatan telinga yang disebabkan karena flu juga bisa diatasi dengan obat obatan dekongestan sekaligus untuk mengatasi penyebab telinga sakit. Jenis obat obatan ini juga berguna untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi di telinga. Anda juga bisa mengkonsumsi obat dekongestan dengan antihistamin secara bersamaan namun ikuti aturan pakai dengan baik.

  1. Menggunakan Jari

Jari juga bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan telinga tersumbat karena flu dengan cara menciptakan ruang hampa udara di dalam telinga yang juga bisa digunakan sebagai cara mengobati telinga berdengung. Masukkan jari telunjuk ke dalam telinga dan gerakan jari secara perlahan ke arah atas. Putar juga jari dengan lembut sampai ruang hampa bisa dihasilkan di dalam telinga dan cobalah untuk mengeluarkan cairan di dalam telinga dengan bantuan udara tersebut.

  1. Terapi Uap

Terapi uap juga bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan telinga tersumbat karena flu dengan menggunakan air panas dan juga handuk. Tuang air mendidih dalam mangkuk dan tutup kepala dengan handuk lalu tundukan kepala ke arah mangkuk tersebut. Untuk hasil yang terbaik tambahkan juga chamomile sebab memiliki sifat anti radang dan antiseptik sehingga bisa melegakan penyumbatan telinga sekaligus mengatasi infeksi yang terjadi dan cara mengatasi telinga bau.


  1. Cuka dan Alkohol Isopropil

Larutan yang terbuat dari cuka dan alkohol juga bisa digunakan untuk mengatasi telinga tersumbat karena flu dan juga cara mengatasi telinga kemasukan air. Larutan ini sangat ampuh untuk mengatasi telinga tersumbat dengan cara mencampurkan cuka apel dengan alkohol isopropil memakai perbandingan yang sama. Teteskan secara perlahan ke dalam telinga memakai penetes mata atau telinga lalu diamkan sebentar dan miringkan kepala untuk mengeluarkan cairan itu kembali.

  1. Kompres Hangat

Kompres hangat juga bisa digunakan untuk cara menyembuhkan telinga tersumbat karena flu sekaligus menghilangkan sensasi nyeri di dalam telinga yang juga bisa digunakan sebagai cara mengobati tinnitus secara alami. Anda bisa menggunakan kain yang dihangatkan atau botol yang diisi dengan air hangat dan tempelkan pada telinga yang tersumbat.

  1. Minum Obat Flu

Selaput yang ada dalam tabung eustachius merupakan saluran yang menghubungkan antara telinga dengan tenggorokan belakang dan selaput lendir pada hidung. Untuk itu, telinga bisa tersumbat saat anda sedang mengalami sakit flu. Cara terbaik untuk mengatasi penyumbatan di telinga karena flu adalah dengan mengkonsumsi obat flu untuk meringankan inflamasi yang terjadi pada selaput telinga tersebut.

Cara menyembuhkan telinga tersumbat karena flu bisa dilakukan dengan cara mengatasi penyakit flu terlebih dahulu yang menjadi penyebab utamanya dan juga bisa menggunakan beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah seperti yang sudah kami berikan diatas. Semoga bisa bermanfaat.

, , , ,