Sponsors Link

7 Cara Menyembuhkan Tinnitus Paling Efektif

Sponsors Link

Tinnitus atau sensasi telinga berdengung bisa terjadi di 4 bagian telinga yakni telinga bagian luar, telinga tengah telinga dalam dan juga otak. Selain menimbulkan dering atau dengung di dalam telinga, ada beberapa gejala lainnya yang ditimbulkan tinnitus sepertisakit telinga, stres, penyebab telinga sakit, depresi, susah tidur, gelisah, penurunan daya konsentrasi dan penurunan pendengaran.

ads

Sayangnya penyakit tinnitus ini sebagian besar kasusnya sulit disembuhkan dan bahkan tidak bisa disembuhkan sama sekali untuk kasus tinnitus berat sehingga menyebabkan kerusakan permanen dan ireversibel di telinga dan saraf akan terjadi. Ada beberapa cara menyembuhkan tinnitus terbaik yang bisa anda lakukan seperti yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Obat Antidepresan

Obat antidepresan bisa dikonsumsi untuk menurunkan intensitas tinnitus dan mengatasi suara mendengung yang terjadi di dalam telinga. Antidepresan juga merupakan obat yang sangat baik untuk mengatasi depresi dan cara mengatasi gangguan pendengaran yang berkaitan dengan tinnitus terus menerus dan juga kronis.

  1. Yogurt

Yogurt memiliki nutrisi yang sangat tinggi seperti kalsium, magnesiun, potassium dan beberapa jenis vitamin seperti B2 dan B12. Penderita tinnitus umumnya kekurangan vitamin B sehingga yogurt menjadi obat yang sempurna sebagai cara menyembuhkan tinnitus. Nutrisi yang ada dalam yogurt juga mengandung sifat anti inflamasi serta anti bakteri akan sangat berguna digunakan sebagai pengobatan tinnitus cara alami. Anda hanya perlu mengkonsumsi semangkuk yogurt setiap hari atau dicampur dengan makanan atau minuman kesukaan anda.

  1. Obat Anti Kecemasan

Beberapa jenis obat anti depresan atau anti kecemasan bisa memperbaiki tinnitus hingga mencapai 76% jumlah penderita. Obat ini akan mengurang suara bising yang ditimbulkan tinnitus sekaligus membuat penderita bisa tidur dengan baik.

  1. Daun Kemangi

Selain memiliki sifat anti inflamasi dan juga antioksidan, kemangi juga mempunyai sifat anti bakteri yang bisa melawan infeksi berhubungan dengan gejala tinnitus. Kemangi juga bertindak sebagai adaptogen yang bisa menurunkan stres dan rasa cemas.

  • Haluskan 2 hingga 3 sendok kemangi lalu blender hingga menjadi pasta halus.
  • Masukkan pasta kemangi ke saringan dan peras sarinya.
  • Masukkan jus kemangi ini ke dalam telinga yang bermasalah dan biarkan hingga mengering dengan sendirinya.
  1. Gliserin dan Garam

Sifat asin yang dihasilkan dari garam akan sangat ampuh digunakan untuk cara mengobati telinga berdengung yang disebabkan karena menumpuknya cairan terlalu banyak di sinus sehingga bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan tinnitus.

  • Campur 1 sendok teh garam dengan 1 sendok teh gliserin dan aduk hingga merata.
  • Tuang larutan dalam wadah semprot dan semprotkan cairan ini pada lubang hidung yang dilakukan setiap hari.

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan tembaga dan magnesium tinggi yang bisa menurunkan stres dan kecemasan berkaitan dengan tinnitus dan tentunya sangat ampuh digunakan sebagai cara menyembuhkan tinnitus yang mengganggu fungsi daun telinga. Tembaga tidak hanya baik untuk menguatkan tulang telinga dan sumber antioksidan.

  • Masukkan 2 sendok teh biji bunga matahari ke dalam secangkir air lalu panaskan sambil diaduk aduk hingga mendidih.
  • Biarkan mendidih selama 5 menit lalu tambahkan dengan madu dan minum ramuan ini selagi hangat yang dilakukan 2 kali sehari.
  1. Minyak Lavender

Minyak lavender mengandung antiseptik, analgesik dan juga anti inflamasi yang sangat baik untuk mengatasi tinnitus dan meringankan gejala secara bertahap dari waktu ke waktu sekaligus sebagai pengobatan macam macam penyakit telinga.

  • Berikan 3 tetes minyak lavender pada kapas lalu gunakan untuk menyumbat telinga dan biarkan selama semalam.
  • Lakukan cara ini setiap malam selama 2 minggu untuk hasil cepat.

Beberapa cara menyembuhkan tinnitus diatas merupakan pilihan terbaik dan termudah yang bisa anda gunakan untuk mengatasi telinga berdengung dan juga mengatasi segala gejala yang ditimbulkan tinnitus seperti sakit kepala, sakit pada telinga dan sebagainya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tinnitus