Sponsors Link

10 Cara Merawat Hidung Agar Sehat dan Terawat

Sponsors Link

Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kesehatan hidung dan menimbulkan masalah pada saluran pernafasan. Belajar lebih baik mengenai cara merawat hidung agar sehat bisa sangat membantu untuk membebaskan anda dari rasa sakit, gejala sakit hidung dan juga berbagai masalah lainnya. Hidung dan sinus sangatlah berhubungan erat satu sama lain sehingga dengan menjaga kesehatan hidung secara baik berarti juga memperbaiki kesehatan sinus anda. Supaya hidung bisa tetap sehat dan bisa berfungsi untuk menyaring partikel dari jalan nafas secara baik, maka anda sangat disarankan untuk merawat kesehatan hidung dengan beberapa cara berikut ini.

ads
  1. Jaga Kelembaban Udara

Menjaga kelembaban udara di rumah merupakan cara merawat hidung agar sehat terbaik dan termudah yang bisa anda lakukan. Kelembaban cukup akan menghindari anda dari terbangun saat tengah malam karena masalah pada hidung dan meningkatkan kemampuan hidung untuk bernafas sekaligus mengurangi dengkuran saat tidur sekaligus mencegah bakteri penyebab sinusitis.

  1. Jaga Kebersihan Hidung

Menjaga kebersihan hidung juga harus dilakukan secara rutin dan benar. Hindari menggaruk dan mengorek area hidung karena bisa merusak selaput sensitif yang ada pada hidung untuk menurunkan faktor penyebab sinusitis. Gunakan kapas dan air hangat yang sudah dicampur garam untuk membersihkan area hidung anda. Cara ini tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan hidung namun juga baik untuk meningkatkan kemampuan hidung dalam menyaring partikel.

  1. Hindari Merokok

Merokok tidak hanya merusak tubuh secara menyeluruh namun juga akan menurunkan kesehatan hidung anda. Rokok bisa menyebabkan iritasi, kekeringan dan meningkatkan kepekaan hidung terhadap alergen jangka panjang sekaligus menjadi penyebab macam macam rhinitis. Cara merawat hidung agar sehat adalah jauhi rokok sehingga kerusakan selaput hidung bisa dikurangi.

  1. Bernafas Dengan Uap

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan hidung adalah dengan bernafas dalam uap hangat selama 2 hingga 4 kali sehari yang akan membantu melembabkan hidung dan mencegah kekeringan pada hidung dan juga mengatasi komplikasi rhinitis alergi. Gunakan mangkuk yang diisi dengan air panas lalu letakkan handuk di kepala dan hirup uap panas yang dihasilkan dari air tersebut.

  1. Gunakan Minyak Kelapa

Mengurapi lubang hidung dengan minyak kelapa sangat baik dilakukan untuk cara merawat hidung agar sehat sekaligus mencegah kekeringan dan sakit pada hidung. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan menuangkan 1 hingga 2 tetes minyak kelapa murni pada setiap lubang hidung anda sebanyak 1 kali sehari. Minyak kelapa ini juga sangat baik digunakan untuk mengobati hidung sakit saat flu.


  1. Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E sangat baik digunakan untuk melembabkan mukosa hidung dan juga mengurangi hidung kering secara efektif. Sifat anti inflamasi dan juga antioksidan tinggi dalam vitamin E akan menjaga kesehatan hidung secara menyeluruh. Gunakan kapsul vitamin E lalu miringkan kepala dan masukkan 2 hingga 3 tetes minyak tersebut dalam lubang hidung.

  1. Minyak Wijen

Kandungan vitamin E tinggi dalam minyak wijen sangat baik digunakan untuk cara merawat hidung agar sehat karena bisa menjaga kelembaban hidung sekaligus membunuh berbagai bakteri yang ada dalam saluran hidung dan juga cara mudah mencegah polip di hidung. Miringkan kepala ke belakang dan masukkan 1 tetes minyak wijen dalam setiap lubang hidung lalu tarik nafas hingga minyak tersebut sampai pada nasal internal.

  1. Gunakan Humidifier

Keadaan kering di sekitar hidung akan memperburuk kesehatan hidung dan bisa menyebabkan hidung tersumbat. Untuk mempertahankan kelembaban area hidung, anda bisa menggunakan humidifier dimana uap yang dihasilkan sangat baik untuk menjaga kesehatan hidung anda.


  1. Petroleum Jelly

Petroleum jelly sangat baik digunakan untuk cara merawat hidung agar sehat sekaligus mengencerkan lendir pada hidung untuk mencegah kekeringan penyebab sinus. Ambil sedikit petroleum jelly kemudian oleskan pada bagian dalam hidung cukup sedikit saja yang juga bisa digunakan untuk cara mengatasi hidung berdarah akibat benturan.

  1. Sauna

Sauna juga merupakan kebiasaan baik untuk dilakukan tidak hanya baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, namun juga baik untuk menjaga kesehatan hidung. Anda bisa duduk selama 10 hingga 20 menit dalam sauna secara teratur namun hindari sauna terlalu lama karena bisa menyebabkan hidung jadi beringus atau berlendir.

Cara Merawat Hidung Agar Sehat juga bertujuan untuk mencegah macam macam penyakit hidung yang sangat berbahaya. Lakukan beberapa cara diatas secara teratur agar kesehatan hidung selalu terjaga dengan baik dan juga sehat.

, ,