Sponsors Link

8 Cara Merawat Telinga Agar Tidak Tuli Sejak Dini

Sponsors Link

Mendengarkan berbagai musik kesukaan memang menjadi hobi yang hampir dilakukan semua orang dengan bantuan headphone atau earphone. Kegiatan ini sangat menyenangkan khususnya saat melakukan perjalanan jauh atau mengisi waktu senggang dan istirahat.

ads

Meskipun begitu, namun pemakaian berbagai alat tersebut haruslah dipakai dengan benar supaya tidak terjadi macam macam penyakit telinga seperti kerusakan pada indra pendengaran anda.Berikut ini adalah beberapa cara merawat telinga agar tidak tuli yang sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Pakai Penyumbat Telinga

Perlu anda ketahui jika semakin keras suara dan lama mendengarkan suara keras tersebut, maka semakin meningkatkan kerusakan telinga anda dan menjadi penyebab telinga sakit. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka gunakan alat khusus yang digunakan untuk menutup telinga dan jauhi berbagai sumber suara bising tersebut sebisa mungkin.

  1. Istirahatkan Telinga

Pemakaian headphone atau earphone juga tidak boleh digunakan sembarangan. Pakai beberapa alat tersebut seperlunya dan luangkan waktu anda untuk memberikan istirahat pada telinga dari berbagai suara bising tersebut.

  1. Kurangi Dampak Tekanan

Perubahan tekanan yang terjadi secara tiba tiba bisa memecahkan gendang telinga anda. Langkah penting dalam merawat telinga dna mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan menyiapkan tabung eustachian atau cara mudahnya dengan mengunyah permen karet sebelum perubahan tekanan seperti saat naik pesawat terbang terjadi. Konsumsi juga dekongestan beberapa hari sebelum anda melakukan perjalanan apabila anda sedang menderita flu atau baru saja sembuh. Untuk perubahan tekanan yang terjadi karena menyelam, maka pastikan anda naik ke permukaan dengan kecepatan yang stabil agar telinga bisa menyesuaikan dengan perubahan tekanan tersebut.

  1. Minimalisir Kerusakan Karena Air

Telinga kemasukan air saat berenang atau mandi dan bisa menyebabkan infeksi pada telinga dan langkah paling tepat untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menggunakan topi khusus renang. Namun, apabila air sudah terlanjur masuk ke dalam telinga, maka miringkan telinga anda untuk mengeluarkan air tersebut.

  1. Hindari Membersihkan Telinga

Meskipun membersihkan telinga dikatakan baik untuk dilakukan, namun menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga tetap harus dihindari. Merawat telinga hanya perlu dilakukan dengan cara membersihkan daun telinga saja dan tidak perlu sampai ke bagian dalam. Cara membersihkan kotoran  telinga, sangat disarankan untuk mengunjungi dokter THT yang sudah ahli dalam bidang tersebut dan untuk meminimalisir kerusakan pada telinga anda.

  1. Terapi Totok Telinga

Terapi totok telinga juga baik untuk dilakukan untuk merawat telinga anda agar tidak tuli. Totok telinga ini bekerja dengan cara membuka saraf pendengaran di beberapa titik tertentu sehingga kesehatan telinga akan selalu terjaga dan terhindar dari tuli.


  1. Obati Infeksi Telinga Secepat Mungkin

Saat anda merasakan jika terjadi infeksi dalam telinga, maka segera lakukan langkah pengobatan untuk menyembuhkan infeksi tersebu t meskipun dalam taraf yang ringan. Infeksi telinga yang tidak segera diobati akan menyebabkan gangguan telinga seperti telinga bernanah, sakit telinga, penyebab telinga berdarah bahkan menyebabkan tuli.

  1. Perhatikan Efek Samping Obat

Saat anda ingin mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu untuk menyembuhkan penyakit, ada baiknya anda melihat terlebih dulu apa sajakah efek samping yang mungkin ditimbulkan dari obat tersebut. Beberapa efek samping yang bisa anda lihat dalam kemasan obat seringkali bisa menyebabkan gangguan telinga seperti penyebab telinga berdengung dimana jika digunakan dalam jangka panjang juga akan meningkatkan tuli pada telinga anda.

Cara merawat telinga agar tidak tuli menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin agar terhindar dari banyak masalah telinga dan yang terparah adalah tuli. Jangan pernah sepelekan beberapa kebiasaan buruk untuk telinga sebelum terlambat dan membuat anda menyesal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan