Sponsors Link

10 Cara Mencegah Polip di Hidung Wajib Diketahui

Sponsors Link

Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya terkena polip di hidung dan menganggapnya hanya seperti gejala flu biasa yang membuat hidung tersumbat serta gatal. Meski banyak yang mengatakan bahwa polip tidak berbahaya, namun ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya polip yang dibiarkan terus menerus akan dapat membahayakan diri karena polip dapat bertambah besar. Akibatnya kita pun akan kesulitan untuk bernapas.

ads

Terlebih di tengah pola hidup yang serba instan seperti sekarang ini, tentunya polip dapat menyerang tidak hanya orang tua maupun orang yang punya keturunan penyakit polip. Sekarang ini remaja juga bisa terkena polip karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, lakukan 10 hal ini untuk menghindarkan diri dari risiko terkena penyakit polip.

Cara Pencegahan Polip

Berikut adalah beberapa tips agar terhindar dari polip hidung:

  1. Biasakan cuci tangan sebelum melakukan sesuatu

Dalam satu jam tanpa kita sadari kita sudah memegang banyak benda yang kebanyakan disentuh banyak orang, seperti gagang pintu, remote TV, ponsel, dsb.  Sehabis memgang benda tersebut, kita tidak sadar lalu memegang atau memasukkan tangan ke lubang hidung karena merasa gatal. Hal tersebut tentunya membuat kuman yang ada di berbagai benda tersebut berpindah ke lubang hidung kita.Oleh sebab itu, biasakanlah mencuci tangan usai melakukan atau memegang benda-benda yang sering dipegang orang lain.

  1. Perbanyak makan-makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C

Bukan hanya baik untuk kesehatan mata, makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel atau bayam juga baik untuk mencegah datangnya polip. Pasalnya vitamin A membantu melindungi lapisan membran sinus. Tidak cukup sampai disitu, vitamin A juga akan melindungi kita dari radang kronis karena kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan beta carotene dalam sayur atau buah yang berwarna hijau atau oranye lainnya juga baik untuk mencegah kita terkena polip.

Vitamin C juga dikenal baik untuk memperkuat imunitas tubuh. Oleh karena itu, banyak makan-makanan yang mengandung vitamin C dapat memperkecil risiko anda terkena penyakit polip. Kandungan vitamin C tersebut akan berperan sebagai antioksidan yang nantinya akan menetralkan kandungan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C sendiri bisa anda peroleh dalam buah jeruk, lemon, jambu, kiwi, maupun brokoli.

  1. Kurangi minum-minuman bersoda

Minum-minuman bersoda rasanya tentu menyegarkan, terutama di siang hari. Sayangnya, rasa minuman soda yang menyegarkan tidak membawa pengaruh baik untuk tubuh. Minuman bersoda rupanya bisa menyebabkan seseorang terkena polip. Rupanya kandungan kimia dalam minuman bersoda seperti benzoate, tartrazin, ataupun zat pemanis buatan dapat menyebabkan alergi dan menimbulkan peradangan sehingga menyebabkan polip.

Mengkonsumsi minuman bersoda juga membuat tubuh kita mengalami dehidrasi, yang ujungnya akan memicu polip di hidung. Itu sebabnya gantilah kebiasaan minum-minuman bersoda dengan banyak mengkonsumsi air putih, atau jika ingin minuman yang menyegarkan serta manis lebih baik ganti dengan mengkonsumsi jus buah.


  1. Banyak konsumsi makanan yang mengandung omega 3

Banyak yang menyebut jika ingin terhindar dari risiko penyakit jantung maka orang tersebut harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, makanan yang mengandung omega 3 rupanya juga dapat mencegah penyakit polip. Omega 3 dapat mengurangi peradangandi hidung yang merupakan penyebab munculnya polip.

Untuk itu, sering-seringlah mengkonsumsi ikan salmon, sarden, atau makarel yang terbukti memiliki banyak kandung omega 3 di dalamnya. Jika anda tidak menyukai ikan, anda dapat mengkonsumsi kacang walnut, kacang kedelai, maupun bayam. Pasalnya 3 makanan tersebut juga kaya akan kandungan omega 3.

  1. Jangan menghirup asap rokok

Tidak hanya dapat menyebabkan anda terkena penyakit pernapasan, asap rokok rupanya juga dapat memicu munculnya polip karena dapat menimbulkan peradangan maupun iritasi pada sinus. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari diri anda dari menghirup asap rokok. Tidak hanya asap rokok, hindari juga menghirup bau dari zat kimia, debu maupun serbuk halus. Meski bentuk partikelnya sangat kecil hingga tidak terlihat, namun semuanya merupakan penyebab anda dapat terkena polip.

  1. Hindari makanan yang membuat alergi

Telur, kacang kedelai, ataupun susu merupakan makanan yang biasa memicu timbulnya reaksi alergi pada sebagian orang. Jika ternyata anda memang memiliki alergi pada makanan-makanan tersebut, segera hindari mengkonsumsi makanan tersebut. Pasalnya mengkonsumsi makanan yang dapat memicu reaksi alergi dapat mengakibatkan hidung menjadi tersumbat. Itulah yang kemudian menjadi awaln munculnya polip.

Bagi anda yang belum yakin makanan apa yang menjadi pemicu alergi pada tubuh anda, bisa anda ketahui dengan melakukan eksperimen singkat. Caranya hindari makanan yang menurut anda merupakan penyebab alergi selama 2-4 minggu. Setelah 2-4 minggu berhenti mengkonsumsi makanan tersebut, coba makan makanan yang menurut anda menjadi pemicu munculnya alergi. Jika terjadi reaksi, itu artinya tubuh anda alergi terhadap makanan tersebut.

  1. Tambahkan cabai rawit pada menu makanan

Bagi anda pecinta makanan pedas, tentunya cara ini adalah cara termudah yang dapat anda lakukan untuk mencegah munculnya penyakit polip. Rupanya dalam bumbu yang rasanya pedas  ini terkandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin E, antioksidan, beta karotin, dan masih banyak lagi. Vitamin A seperti yang kita ketahui dapat mencegah peradangan dalam hidung dan juga alergi. Kandungan vitamin C serta atioksidan di dalam cabai rawit juga dapat memperkuat imunitas tubuh. Menambahkan cabai rawit ke dalam masakan anda tentu akan memperkecil kemungkinan anda terkena penyakit polip.


  1. Banyak latihan menarik napas

Cara mencegah penyakit polip yang satu ini sangat mudah dilakukan dimana pun juga. Dengan banyak menarik napas dalam-dalam, risiko anda terhindar dari penyakit polip akan semakin besar. Coba tarik napas dalam-dalam selama 2x sehari minimal 10 menit. Latihan tersebut akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Jadi tidak hanya dapat melepaskan stres dan menurunkan tekanan darah, menarik napas yang panjang dan dalam juga akan mencegah anda terkena polip.

  1. Lakukan penguapan

Sama seperti cara sebelumnya, cara yang satu ini juga cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menguapi wajah anda diatas air panas. Jika ingin, anda dapat menambahkan sedikit minyak esensial dalam wadah berisi air panas tersebut agar anda merasa rileks. Melakukan penguapan dapat membantu membuka saluran pernapasan sehingga akan mudah untuk bernapas. Bagi anda yang sudah terkena polip, melakukan penguapan dapat membantu untuk menyingkirkan polip.

  1. Rajin mencuci hidung

Hidung merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia sebab digunakan untuk bernapas. Dalam rongga hidung terdapat bulu-bulu yang berguna untuk menyaring kotoran. Meski kotoran yang masuk ke dalam hidung akan tersaring oleh bulu-bulu di hidung, bukan berarti kita tidak perlu membersihkan bagian dalam hidung. Oleh sebab itu, kita perlu ikut membersihkan dengan cara mencuci hidung. Anda hanya perlu pergi ke apotek untuk membeli alat pencuci hidung. Alat ini biasanya dikemas dalam bentuk botol spray, sehingga anda tidak perlu memasukkan jari anda ke dalam lubang hidung. Dengan rajin membersihkan bagian dalam hidung, tentu risiko anda terkena polip akan semakin kecil.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan