Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Batang Hidung Patah yang Harus Segera Ditangani

Sponsors Link

Jangan anggap sepele benturan atau kecelakaan yang terjadi pada bagian wajah, apalagi jika benturan tersebut membuat hidung Anda cedera. Jika terasa sangat sakit di area hidung dengan pendarahan yang tidak kunjung berhenti, segeralah memeriksakan diri pada dokter di rumah sakit terdekat.

ads

Anda akan diberitahu cara mengobati radang hidung serta mengatasi batang hidung yang patah. Namun jika keadaan tidak memungkinkan maka kenalilah 9 ciri-ciri batang hidung patah berikut ini yang harus Anda waspadai untuk segera ditindalanjuti sendiri.

  1. Sakit Tidak Tekira di Sekitar Hidung

Rasa sakit tidak hanya terjadi sebagai efek samping dari bahaya operasi polip hidung dan bahaya operasi sinus. Patah tulang hidung secara tidak langsung akan mengirimkan informasi rasa sakit pada otak lewat saraf-saraf di sekitarnya.

Oleh karena itu, ciri-ciri paling umum dari batang hidung yang patah adalah rasa sakit yang tidak terkira di area hidung. Rasa sakit yang muncul akan terasa berdenyut-denyut dan tidak akan berhenti dengan sendirinya jika tidak segera diobati.

  1. Pendarahan Hebat

Jenis pendarahan yang terjadi karena patah tulang hidung adalah pendarahan hebat, bukan hanya sekadar mimisan. Sebab patahnya batang hidung mengindikasikan benturan yang teramat keras. Benturan yang keras sudah pasti membuat area hidung terluka bahkan sobek hinga terjadi pendarahan.

Pendarahan di area hidung harus segera ditindaklanjuti dengan benar agar darah tidak masuk ke dalam sistem pernapasan.

  1. Hidung Bengkak

Patahnya batang hidung atau fraktur membuat tulang hidung tidak pada tempatnya. kondisi ini biasanya dibarengi dengan bengkakanya area hidung dan sekitar wajah. Bengkak yang terjadi juga bisa diakibatkan karena peradangan dan gumpalan darah di sekitar luka.

Akan tetapi beberapa kondisi kesehatan lainnya juga bisa menyebabkan pembengkakak di area hidung, oleh karena itu Anda harus tahu cara merawat hidung agar sehat.

  1. Kesulitan Bernapas

Sebagai tokoh utama dalam sistem pernapasan luar, hidung tentu memegang peranan penting dalam lalu lintas pernapasan. Patahnya batang hidung bisa mengakibatkan lubang hidung tertutup sehingga napas menjadi sesak karena terblokir. Jika begitu, cobalah untuk melakukan pernapasan via mulut. Sebab, bahaya dari batang hidung yang patah lebih besar dari pada bahaya rhinitis.

  1. Hidung Kemerahan atau Memar

Ciri-ciri batang hidung yang patah juga bisa ditandai dengan adanya perubahan warna di area hidung. Perubahan warna tersebut diakibatkan oleh memar atau pecahnya pembuluh darah kapiler atau pembuluh-pembuluh darah kecil di area kulit karena benturan. Pecahnya pembuluh darah membuat darah bocor dan membuat kulit berwarna kemerahan hingga biru keungan.


  1. Tulang Hidung Bengkok

Batang hidung yung patah bisa menyebabkan tulang-tulang hidung tidak pada tempatnya. Hal inilah yang membuat hidung kemudian tampak bengkok atau asimetris.

Bengkoknya hidung merupakan kondisi di mana tulang hidung atau deviasi septum yang cenderung menonjol pada satu sisi saja. Cara meluruskan tulang hidung yang bengkok bisa dilakukan dengan tindakan closed reduction atau septoplasti.

  1. Suara Berderit Ketika Digerakkan

Jangan pernah mencoba untuk menyentuh atau menggerakkan hidung ketika tampak cedera. Sebab, kondisi batang hidungnya yang patah akan mengeluarkan suara berderak atau berderit ketika digerakkan. Hal tersebut akan merangsang luka menjadi semakin sakit atau posisi tulang semakin parah. Maka dari itu, segeralah lakukan perawatan pada hidung patah agar cepat sembuh.

  1. Keluarnya Cairan Serebrospinal

Keluarnya cairan serebrospinal adalah ciri-ciri dari batang hidung patah yang paling buruk. Dengan kata lain jika batang hidung Anda yang patah sampai menyebabkan cairan serebrospinal keluar dari hidung maka seluruh kepala Anda sepatutnya sudah terbentur dengan sangat keras. Cairan serebrospinal adalah cairan yang terdapat di dalam otak dan sum-sum tulang belakang.

Mengalami benturan di hidung sudah selayaknya mendorong Anda untuk memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika 8 ciri-ciri batang hidung patah di atas sudah teridentifikasi. Patahnya batang hidung adalah insiden yang besar. Kelainan ini bisa menjadi penyebab polip dan komplikasi rhinitis dengan sinusitis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung