Sponsors Link

11 Ciri Ciri Gendang Telinga Robek yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Gendang telinga memiliki tugas penting untuk pendengaran dan juga pelindung telinga bagian dalam. Gendang telinga sendiri memiliki struktur yang sangat rapuh dan juga rentan cedera terhadap macam macam penyakit telinga. Beberapa jenis cedera yang bisa terjadi pada gendang telinga atau timpani ini diantaranya adalah pecahnya gendang telinga atau robek. Ada beberapa ciri ciri gendang telinga robek yang bisa dikenali dan harus diwaspadai seperti beberapa hal berikut ini.

ads
  1. Keluar Air Dari Telinga

Gendang telinga yang robek bisa terlihat dari keluarnya cairan dari dalam telinga. Cairan ini bisa berwarna bening, putih, kuning atau bahkan menjadi penyebab telinga berdarah.

  1. Telinga Terasa Sakit

Telinga yang terasa sakit juga menjadi ciri ciri gendang telinga robek atau pecah yang sangat umum terjadi. Intensitas rasa sakitnya sendiri bervariasi mulai dari ringan sampai parah. Nyeri tersebut juga mungkin berfluktuasi yakni meningkat secara tiba tiba dan langsung hilang kembali.

  1. Gatal di Telinga

Gatal yang terjadi pada telinga juga bisa menjadi indikasi jika gendang telinga mengalami perforasi atau robek penyebab telinga berdarah. Gatal tersebut bisa terjadi karena cairan yang menumpuk di telinga bagian belakang sudah bercampur dengan virus atau bakteri sehingga menimbulkan rasa gatal di bagian dalam telinga.

  1. Timbul Vertigo

Vertigo yang dalam bahasa Latin disebut dengan verto memiliki arti gerakan berputar. Vertigo merupakan bentuk sakit kepala dimana penderita akan mengalami persepsi gerakan yang tidak seharusnya seperti berputar atau melayang yang disebabkan karena gangguan pada sistem vestibular. Gangguan yang terjadi pada sistem vestibular ini terjadi karena robeknya gendang telinga yang mengalami infeksi dan akhirnya berkembang menuju otak dan timbul vertigo.

  1. Muncul Gejala Seperti Flu

Ciri ciri gendang telinga robek selanjutnya bisa berupa gejala pilek atau hidung sakit saat flu biasa seperti sakit kepala, demam dan juga sinus yang tersumbat dimana gejala ini tidak hanya bisa disebabkan karena flu namun juga bisa ditimbulkan saat gendang telinga robek.

  1. Sulit Tidur

Apabila anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, maka ini juga bisa dijadikan jika gendang telinga bermasalah seperti berlubang atau robek. Kesulitan tidur ini akan terjadi tiba tiba meskipun anda bukanlah pengidap insomnia sebelumnya. Kesulitan tidur akan semakin memburuk saat membaringkan badan karena tekanan yang terjadi pada infeksi telinga.

  1. Iritabilitas

Iritabilitas dari rasa sakit dan juga sakit kepala seperti komplikasi rhinitis alergi juga menjadi ciri ciri gendang telinga robek yang umum terjadi. Iritabilitas ini akan semakin terasa saat makan atau minum sesuatu dan gerakan mengunyah serta menelan makanan tersebut akan menimbulkan rasa sakit karena tekanan yang terjadi di telinga.


  1. Demam

Demam juga bisa terjadi dan sering menyertai infeksi yang terjadi karena gendang telinga robek. Bahkan demam bisa semakin meningkat sangat tinggi jika tidak segera ditangani tenaga medis profesional.

  1. Bengkak

Tekanan yang terjadi pada saluran telinga seperti gendang telinga robek juga seringkali disertai dengan pembengkakan seperti tanda tanda amandel kambuh. Selain itu, sensasi panas juga biasanya timbul di sekitar telinga serta warna kemerahan pada bagian belakang telinga serta saluran telinga.

  1. Nafsu Makan Menurun

Infeksi yang terjadi karena gendang telinga robek juga seringkali membuat penderita kehilangan nafsu makan yang tidak hanya bisa terjadi karena penyebab radang tenggorokan. Rasa tidak nyaman dan nyeri yang terjadi pada telinga seringkali menghambat penderita saat makan, tidur atau melakukan kegiatan lainnya.

  1. Timbul Iritasi

Rasa gatal juga biasanya menyertai saat gendang telinga mengalami masalah seperti robek. Rasa gatal tersebut tidak bisa dihilangkan karena terjadi di area tengah telinga tempat gendang telinga robek. Rasa gatal ini nantinya akan meningkat karena tekanan yang terus terjadi di telinga dan akhirnya menjadi penyebab telinga sakit.

Ciri ciri gendang telinga robek jika dilihat secara sekilas memang terlihat seperti penyakit ringan seperti flu atau demam. Jika anda mengalami beberapa gejala diatas khususnya sesudah terbentur atau mengorek telinga terlalu dalam, ada baiknya segera diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

, , , ,