Sponsors Link

10 Ciri Ciri Infeksi Tenggorokan yang Mudah di Kenali

Sponsors Link

Infeksi yang terjadi tenggorokan bisa disebabkan karena bakteri atau virus sehingga perlu disembuhkan dengan antibiotik. Infeksi tenggorokan akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman seperti gatal, sakit, terasa kering dan juga nyeri. Umumnya, infeksi tenggorokan tersebut bisa sembuh dengan sendirinya asalkan mendapat istirahat yang cukup. Namun, daya tahan tubuh orang yang berbeda beda membuat kondisi tubuh bisa semakin buruk dan akhirnya menimbulkan beberapa ciri ciri infeksi tenggorokan seperti berikut ini.

ads
  1. Sakit Saat Menelan

Rasa tidak nyaman yang terjadi pada tenggorokan menimbulkan rasa sakit khususnya saat sedang menelan makanan bahkan ketika menelan ludah saja sudah menyebabkan rasa sakit seperti halnya gejala radang tenggorokan. Dengan ini, maka nafsu makan juga akan menurun dan akhirnya nutrisi dalam tubuh tidak bisa terpenuhi dengan baik. Untuk mengatasinya, usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan namun dalam bentuk yang lebih lembut supaya mengurangi sakit saat menelan.

  1. Batuk dan Pilek

Ciri ciri infeksi tenggorokan selanjutnya adalah batuk dan pilek setiap bangun tidur. Kondisi batuk serta pilek umumnya terjadi pada saat tenggorokan terinfeksi khususnya saat cuaca sedang buruk. Hal ini akan membuat infeksi tenggorokan terasa semakin menyakitkan dan batuk serta pilek juga bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

  1. Demam

Demam juga menjadi ciri ciri infeksi tenggorokan sebab terjadi mekanisme alami dalam tubuh karena kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh yang juga bisa menjadi tanda tanda amandel kambuh. Demam adalah peningkatan suhu tubuh yang menandakan jika sudah terjadi infeksi dalam tubuh seperti pada area tenggorokan. Jika tubuh melakukan perlawanan dengan baik, maka demam tidak akan berlangsung lama yakni dengan memperbanyak asupan cairan ke dalam tubuh.

  1. Perubahan Pangkal Tenggorokan

Selain bisa melihat tanda dan gejala yang dirasakan, ciri dari infeksi tenggorokan juga bisa terlihat secara fisik yakni terjadinya perubahan pada pangkal tenggorokan dan juga bisa terjadi pada gejala tenggorokan kering. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan sendiri dan harus dengan anamnesa pemeriksaan fisik oleh dokter. Jika ingin mengamati gejala ini, anda bisa membuka mulut selebar lebarnya dan berkaca pada cermin meskipun tidak terlalu terlihat dengan jelas.

  1. Kelenjar Getah Bening Bengkak

Ciri ciri infeksi tenggorokan selanjutnya adalah terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening penyebab tenggorokan sakit saat menelan ludah. Untuk memeriksa apakah kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, anda bisa meraba kelenjar getah bening yang ada di sisi kanan dan kiri bagian atas leher dibawah rahang yang akan terasa membesar.

  1. Tenggorokan Kering, Gatal dan Nyeri

Tenggorokan yang terasa kering, gatal dan nyeri menjadi pertanda umum yang dialami orang saat terjadi infeksi pada tenggorokan. Untuk mengatasi gejala ini, maka disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C dan beristirahat cukup.


  1. Menimbulkan Gejala Seperti Flu

Tenggorokan yang terinfeksi juga bisa terlihat dari timbulnya gejala seperti flu. Setiap sistem kekebalan tubuh merespon pada infeksi, maka tubuh kemungkinan besar akan menimbulkan beberapa gejala seperti saat terjadi flu dan diantaranya adalah sakit kepala, mulut kering dan sering haus, timbul ruam, kelelahan, sakit perut dan nyeri di seluruh bagian tubuh.

  1. Perubahan Suara

Terjadinya infeksi pada tenggorokan khususnya jika sudah meningkat dimana infeksi menyebabkan kanker, maka akan terjadi perubahan pada suara atau karena radang tenggorokan tidak sembuh sembuh. Apabila terjadi ciri perubahan suara yang bukan terjadi dalam masa pertumbuhan maka harus diwaspadai sebab bisa menandakan jika infeksi sudah menjalar dan menyebabkan kanker.

  1. Telinga Sakit dan Berdengung

Meskipun infeksi terjadi pada tenggorokan, namun juga bisa berdampak pada telinga sebab masih berada dalam satu saluran yang sama. Infeksi tenggorokan akan menjadi penyebab telinga sakit dan selalu berdengung.

  1. Permukaan Laring Kasar

Permukaan laring yang lebih kasar akan terasa seperti ada yang mengganjal pada permukaan tenggorokan dan untuk melihat ciri ciri infeksi tenggorokan ini maka dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Ciri Infeksi Tenggorokan yang dapat penulis sampaikan semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca dirumah.

, , ,