Sponsors Link

Kenali 8 Ciri Ciri Kanker Pita Suara Sebelum Semakin Parah

Sponsors Link

Sebagai bagian penting dari tubuh, pita suara haruslah dijaga dengan baik. Jangan sampai kanker atau penyakit lainnya menghampiri pita suara anda. Namun, jika ternyata anda menemukan ada kelainan pada pita suara anda, anda harus lekas melakukan pengobatan.

ads

Salah satu kelainan atau penyakit yang dapat menyerang pita suara adalah kanker. Kanker pita suara bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab paling umum adalah rokok yang juga menjadi penyebab kanker laring. Karena letak pita suara dan laring berdekatan, gejala atau ciri ciri kanker pita suara juga serupa dengan gejala kanker laring.

Guna deteksi dini, anda harus mulai mengenali ciri kanker pita suara. Berikut ini 8 ciri ciri kanker pita suara yang harus anda ketahui:

  1. Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Batuk menjadi reaksi alami dari tubuh ketika ada benda asing, bakteri, atau virus yang masuk ke saluran pernapasan. Tumor kanker pita suara akan dianggap tubuh sebagai benda asing di dalam tubuh. Hal ini akan membuat anda batuk karena tubuh ingin mengeluarkan tumor kanker pita suara.

Karena tumor kanker tidak menghilang, maka anda akan batuk secara terus menerus dalam waktu yang lama. Kondisi ini akan serupa dengan ciri-ciri terkena kanker tenggorokan dan ciri-ciri terkena sinusitis.

  1. Benjolan atau Bengkak Pada Leher

Adanya tumor kanker pada bagian pita suara akan membuat leher anda menjadi membengkak. Anda akan merasakan ada benjolan atau pembengkakan pada bagian tersebut. Benjolan ini bisa terlihat dengan jelas jika kanker sudah cukup besar.

Namun, pada kanker yang masih ringan, benjolan ini akan terasa jika anda menekan bagian pita suara di leher anda. Benjolan pada leher anda akan anda rasakan sama seperti ciri-ciri amandel kronis yang menginfeksi bagian leher anda.

  1. Dahak Berupa Darah

Dahak berupa darah bisa menjadi salah satu ciri ciri kanker pita suara. Ketika anda batuk, bagian pita suara akan mengalami getaran dan luka. Hal ini tentu akan mengeluarkan darah sehingga darah ini akan keluar bersama dengan dahak batuk yang anda keluarkan.

Anda bisa mengalami batuk dengan warna darah merah kental atau merah muda. Hal ini bergantung pada parahnya kanker yang anda derita. Batuk darah ini mungkin tidak akan selalu muncul. Hanya sekali-sekali ketika anda batuk akan disertai dengan darah.

  1. Mudah Mengalami Kelelahan

Daya tahan tubuh anda akan berkurang ketika anda mengidap kanker. Ini disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker yang mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Ketika anda mengalami kanker laring dan kanker lainnya di tubuh, anda juga akan mudah mengalami kelelahan meskipun tidak beraktivitas berat.


  1. Aroma Napas yang Tidak Sedap

Aroma napas yang tidak sedap juga mengindikasikan adanya kelainan pada sistem THT anda. Aroma napas yang tidak sedap dapat menjadi ciri radang tenggorokan pada anak. Adanya sel kanker di bagian pita suara anda akan membuat bagian tersebut menghasilkan napas beraroma kurang sedap. Aroma ini muncul dari gas yang dihasilkan sel kanker, luka pada pita suara karena sel kanker, aktivitas antibiotik melawan sel kanker dan aktivitas lainnya di bagian pita suara.

  1. Nyeri pada Bagian Leher

Ciri ciri kanker pita suara berikutnya adalah nyeri pada bagian leher. Sel kanker yang tumbuh dengan tidak normal akan mengganggu kinerja sel-sel lainnya di bagian leher anda. Salah satunya adalah sel saraf. Adanya tumor kanker pada pita suara akan membuat sel saraf menjadi tertekan dan mengirimkan pesan rasa sakit ke otak anda. Anda akan merasakan rasa sakit ini ketika anda menelan atau ketika anda menekan bagian pita suara yang terinfeksi sel kanker. 

  1. Perubahan Suara

Ketika ada sesuatu terjadi pada pita suara anda, otomatis suara anda akan berubah. Pita suara menjadi organ utama yang digunakan untuk memproduksi suara. Kanker dapat membuat suara yang anda hasilkan lebih serak, parau, ataupun perubahan-perubahan lainnya.  


Anda juga akan mengalami perubahan suara ketika menderita penyakit THT lainnya, seperti presbikusis. Perubahan suara ini juga bisa diikuti dengan hilangnya suara anda selama kurang lebih 3 minggu. Ketika anda menderita kanker pita suara, anda juga akan mengalami kesulitan berbicara dan perasaan sakit ketika berbicara.

  1. Nyeri Pada Bagian Telinga

Telinga bisa menerima dampak dari kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem THT. Penyakit seperti maniere dan tuli saraf akan mempengaruhi kinerja telinga anda. Ciri ciri kanker pita suara juga bisa anda amati pada telinga anda.

Adanya pertumbuhan sel kanker pada bagian pita suara bisa membuat bagian telinga dalam juga merasakan rasa sakit. Hal ini karena bagian telinga dalam berada dekat dengan tenggorokan, laring, dan pita suara.

Selain berbagai ciri di atas, anda juga akan mengalami sakit tenggorokan, sulit menelan, sakit saat menelan, dan adanya sesuatu yang mengganjal di tenggorokan anda. Jika anda mengalami semua gejala ini, anda bisa pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi anda. Semakin cepat anda mendatangi dokter, maka akan semakin baik. Anda bisa melakukan pengobatan kanker pita suara lebih dini. Dengan begitu, kemungkinan sembuh akan lebih besar.

, , ,