Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Sinusitis Parah yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Tahukah Anda, pada dasarnya sinusitis terbagi atas beberapa tingkatan seperti sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kronis serta sinusitis berulang atau sinusitis parah. Sinusitis berulang adalah tingkatan sinusitis yang paling parah dilihat dari skala datangnya sinusitis bagi penderitanya, ini biasanya terjadi lebih sering dalam kurun waktu satu tahun.

ads

Lalu bagaimana mengetahui seperti apa sinustis yang sudah sangat parah? berikut mengenai ciri-ciri sinusitis parah yang perlu diketahui agar Anda dapat segera memeriksakannya ke dokter.

1. Sakit Kepala

Sakit kepala ini merupakan salah satu ciri-ciri sinusitis parah. Ini berbeda dengan sakit kepala karena migrain. Sakit kepala karena sinusitis biasanya ditandai dengan rasa sakit dan adanya penekanan di dahi dan kepala bagian atas. Dan juga dapat dirasakan saat penderitanya membungkuk, akan menimbulkan rasa sakit di bagian kepala.

2. Demam dengan suhu 38 derajat celcius

Demam ini biasanya dibarengi dengan keringat dingin dan menggigil. Demam ini umunya berlangsung selama 10 hari jika sinusitis disebabkan oleh virus. Namun, akan berlangsung lebih lama jika penyebab dari sinusitis tersebut adalah bakteri.

3. Hidung tersumbat dan berair

Ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada sakit dalam rongga hidung, namun terkadang penyebab hidung gatal dan cara mengatasinya tidak akan mengeluarkan cairan. Namun, bagi beberapa orang akan mengalami hidung yang berair. Cairan ini biasanya berwarna hijau seperti lendir.

4. Nyeri dibagian wajah dan terasa sakit saat ditekan

Nyeri wajah terkadang dirasakan penderita sinusitis, ini dapat dikaitkan pula dengan gangguan gigi. Hal ini dirasakan ketika area sinusitis berada di area hidung dan pipi sehingga rasa sakit akan dengan cepat menyebar dan merasakan penekanan yang sering datang tiba-tiba.

5. Batuk-batuk

Batuk biasanya terjadi akibat ingus yang ke bagian belakang tenggorokan. Batuk karena sinusitis biasanya terjadi pada malam hari hingga dini hari sehingga penderita nya akan merasa sulit untuk tidur. Untuk lebih memudahkan ketika hal ini terjadi, Anda sebaiknya tidur dalam posisi setengah duduk dengan kepala tegak, ini akan membantu mengurangi intensitas batuk yang dialami. Segeralah periksakan ke dokter jika batuk tidak kunjung mereda.

6. Kehilangan Indera Penciuman

Gejala tinnitus ini umumnya disebut anosmia. Penderita sinusitis akan mengalami hal ini selama sepuluh hari atau lebih selama terserang sinusitis. Ini disebabkan karena penderita sinusitis terutama pada ibu hamil tidak diperolehkan mengonsumsi obat pelega hidung-tenggorokan. Anosmia akan kembali membaik saat sinusitis mulai mereda.


7. Masalah Penglihatan

Hal ini dikarenakan infeksi penyebab sinusitis pada kondisi yang parah dapat menyebar ke mata dan mempengaruhi penglihatan. Penggunaan obat-obatan sinusitis dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Periksalah ke dokter jika penglihatan Anda semakin memburuk.

8. Infeksi Pada Telinga

Hal ini disebabkan oleh rongga sinus yang berisi cairan lendir mengalir ke area sanofaring pada efek samping infeksi telinga. Dengan demikian, cairan tersebut yang memicu radang pada telinga. Jika tetap dibiarkan, telinga bagian tengah akan ikut memproduksi cairan yang akan menyebabkan infeksi berkelanjutan pada telinga.

Segeralah cek ke dokter, jika Anda merasakan ketidak nyamanan sebagai langkah awal pengobatan dan tidak membiarkan kondisi ini lebih lama untuk mencegah infeksi yang lebih parah.


9. Bau Mulut

Nafas dari hidung Bau mulut biasanya ditemukan oleh penderita sinusitis yang sudah berada di tingkatan yang sangat parah. Ini ditandai ketika Anda sudah lama mengalami sinusitis lebih dari 2 tahun. Bau mulut dikarenakan infeksi oleh bakteri pada rongga sinus itu sendiri. Untuk menghilangkan bau mulut, segeralah konsultasikan ke dokter .

10. Leher yang kaku

Leher yang kaku ini biasanya dibarengi dengan sakit kepala. Ini dikarenakan sakit di kepala akan menyebar hingga leher dan membuat leher  Anda terasa kaku untuk digerakkan. Jika ini terjadi, Anda dapat mengkonsumsi obat radang telinga pada anak pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

Selain itu, Anda dapat mengompres dengan air hangat pada leher dan bahu untuk mengurangi ketegangan otot. Jika selama 3 hari atau lebih rasa sakit yang Anda alami tidak mereda, segeralah periksakan ke dokter.

Demikianlah ciri-ciri sinusitis parah yang perlu Anda ketahui dan agar Anda dapat membedakan gejala-gejala sinusitis dan gejala penyakit yang biasanya di alami oleh bahaya operasi polip hidung. Tetap periksakan ke dokter tentang gejala yang Anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sinusitis