Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Telinga Bermasalah yang Perlu Anda Waspadai

Sponsors Link

Telinga merupakan indera pendengaran yang memegang peranan vital dalam kelangsungan hidup manusia. Jika telinga Anda mengalami dengingan atau keluar cairan berwarna kekuningan, menandakan kesehatan telinga Anda sedang terganggu atau sedang bermasalah. Jangan menganggap kesehatan telinga adalah hal sepele, karena dapat berpengaruh pada pendengaran Anda. Berikut disajikan ciri-ciri telinga bermasalah yang perlu Anda waspadai.

ads
  1. Pendengaran Berkurang

Penyebab pendengaran kurang jelas dapat dibagi menjadi dua kategori yaknni konduktif dan sensorineural. Pada kondisi konduktif, fungsi daun telinga untuk menghantarkan udara dari telinga luar ke telinga tengah menjadi terganggu. Kondisi ini disebabkan karena gendang telinga pecah, infeksi serta terjadinya sumbatan oleh kotoran telinga. Sementara itu kondisi sensorineural terjadi karena kelainan bawaan atau stroke. Kondisi ini mempengaruhi telinga bagian dalam dan otak yang terganggu fungsinya.

  1. Berdenging

Gejala tinnitus atau telinga berdenging juga menjadi indikasi bahwa telinga Anda sedang bermasalah. Kondisi ini disebabkan karena terjadi kerusakan organ sensorik pada telinga bagian dalam. Pemicunya adalah sumbatan berupa kotoran telinga, mendengar suara yang terlalu keras hingga infeksi telinga. Selain itu, kondisi ini juga dapat diakibatkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, hipertensi, penyakit jantung serta penyakit hipertiroid.

  1. Nyeri Tiada Henti

Ciri-ciri telinga sedang dalam masalah adalah jika Anda mengalami nyeri tiada henti yang diikuti dengan sakit kepala. Kondisi ini disebabkan karena infeksi pada saluran luar telinga atau otitis eksterna dan infeksi telinga tengah atau otitis media. Selain itu, penyebab lainnya dapat berupa telinga yang kemasukan benda asing atau serangga serta adanya infeksi tulang mastoid. Untuk mencegah nyeri tiada henti yang menjadi akibat telinga bermasalah ini, Anda dapat menerapkan cara menjaga kesehatan telinga secara alami.

  1. Keluar Cairan

Jika telinga mengeluarkan cairan kekuningan maka kesehatan telinga Anda sedang bermasalah. Hal ini disebabkan karenanya pecahnya gendang telinga atau terjadi infeksi. Dalam kasus yang lebih parah, cairan yang keluar dapat berupa darah. kondisi ini terjadi karena terdapat pembuluh kecil di telinga dalam yang pecah.

  1. Pusing

Gejala pusing yang dialami juga dapat mengindikasikan terjadinya masalah pada telinga. Hal ini terjadi karena terganggunya keseimbangan pada telinga. Akibatnya Anda akan mengalami perasaan berputar serta sensasi melayang bahkan mual serta muntah untuk keadaan yang lebih parah. Kondisi semacam ini disebut vertigo perifer.

  1. Merasa Bagian Telinga Penuh atau Tersumbat

Penyebab telinga sakit atau telinga yang bermasalah juga dapat ditandai dengan perasaan telinga penuh atau tersumbat. Biasanya hal ini terjadi karena terjadi penyumbatan saluran telinga akibat earwax atau kotoran telinga. Apabila Anda memiliki saluran telinga yang terlalu kecil atau bentuknya yang tidak wajar memiliki risiko lebih besar terjadinya penumpukan earwax. Penyebab lainnya diantaranya mempunyai kebiasaan mengorek telinga memakai cotton bud, menggunakan alat bantu dengar dan sering memakai penyumbat telinga (earplug).


  1. Bagian Luar Telinga dan Saluran Telinga Terlihat Kemerahan dan Bengkak

Ciri-ciri telinga bermasalah berikutnya adalah jika warna kemerahan mulai tampak pada bagian luar dan saluran telinga. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya infeksi saluran telinga luar dan merupakan salah satu penyebab telinga berdarah yang perlu Anda waspadai. Penyebabnya adalah adanya infeksi bakteri, iritasi jamur serta alergi.

Anda juga lebih berisiko mengalami gangguan telinga ini jika terlalu sering mengorek telinga sehingga merusak bagian dalam kulit telinga. Tidak hanya itu, keadaan ini juga dapat dipicu karena telinga kemasukan air sehingga memudahkan bakteri berkembang biak dalam saluran telinga. Hal inilah yang menyebabkan infeksi saluran telinga luar juga disebut sebagai swimmer’s ear.

Itulah 6 ciri-ciri telinga bermasalah yang perlu Anda waspadai. Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang cepat dan tepat. Apabila Anda membiarkannya, maka dapat menyebabkan macam-macam penyakit telinga yang lebih serius hingga tuli permanen.

, , , ,