Sponsors Link

Kenali 8 Ciri-ciri Tumor Hidung Berikut Ini!

Sponsors Link

Tumor hidung adalah benjolan yang muncul pada dan tumbuh pada rongga hidung. Pada dasarnya tumor hidung terbagi menjadi dua kategori yakni :

ads
  1. Tumor Sinus Paranasal. Dimana tumor tersebut muncul dan tumbuh di rongga sinus.
  2. Tumor Sinonasal. Dimana tumor tersebut muncul dan tumbuh di rongga hidung dan area sinus.

Selayaknya tumor pada umumnya, tumor hidung juga dapat bersifat jinak atau non-kanker dan juga tumor yang bersifat kanker. Jika tumor tersebut bersifat kanker maka dapat menyebar serta membahayakan jiwa penderitanya. Tumor yang bersifat kanker pada hidung biasa disebut juga dengan kanker Nasofaring.

Kita perlu berhati-hati jika terkena penyakit ini karena pada stadium awal gejala yang timbul tidak terlalu terlihat. Perhatikan pulan pantangan kanker Nasofaring, gejala kanker Nasofaring dan juga bahaya kanker Nasofaring.

Oleh karena itu tim kliniktht kali ini akan menyampaikan ciri-ciri tumor hidung yang perlu kita waspadai. Berikut ini ulasannya:

1. Hidung tersumbat dan meler

Jika anda sering mengalami hidung tersumbat atau meler yang terjadi berulangkali maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter atau tenaga medis. Karena hal tersebut merupakan ciri-ciri tumor hidung yang paling umum baik non-kanker maupun kanker.

2. Mengalami sakit kepala

Terkadang hidung tersumbat juga diikuti dengan rasa sakit pada kepala. Rasa sakit yang timbul mungkin bisa bersifat kambuhan.

3. Rasa nyeri pada area wajah

Selain menyebabkan rasa sakit pada kepala, biasanya ciri-ciri tumor hidung yang mudah dikenali juga adalah timbulnya rasa nyeri pada area wajah. Area seperti hidung, dahi, pipi, dan juga mata akan mengalami rasa nyeri yang konstan padahal tidak terkena benturan sebelumnya.

4. Pembengkakan wajah

Ciri-ciri tumor hidung lainnya adalah pembengkakan pada wajah. Selain nyeri jika wajah juga terlihat bengkak tanpa sebab yang jelas sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk memastikan apakah anda terkena tumor hidung atau tidak.

5. Nyeri pada telinga dan gigi

Syaraf yang terdapat pada hidung memiliki banyak cabang, bisa ke gigi dan telinga. Jika tumbuh tumor dan mengganggu tentu akan berdampang ke gigi dan juga telinga salah satunya akan timbul rasa nyeri pada gigi dan telinga.

Namun perhatikan pula bahwa ada penyebab telinga tidak bisa mendengar lainnya yang dapat disebabkan oleh hal lain seperti infeksi.


6. Sering mimisan

Hidung yang menderita tumor juga biasanya akan sering mengalami mimisan atau mengeluarkan lendir yang bercampur dengan darah. Mimisan ini dapat terjadi karena tumor dapat membuat pembuluh darah di sekitar rongga hidung melemah dan jika terkena benturan timbul mimisan.

7. Kesulitan membuka mulut

Akibat timbul nyeri pada area wajah, bengkak, serta nyeri pada telinga dan gigi menyebabkan penderita tumor hidung akan kesulitan untuk membuka mulut.

8. Gangguan pendengaran dan penglihatan

Seperti telah disampaikan sebelumnya bahwa tumor hidung dapat menyebabkan nyeri telinga dan mata bengkak. Akibatnya adalah ciri-ciri tumor hidung yang dapat dirasakan ketika pendengaran dan penglihatan kita mengalami gangguan.

Lebih baik untuk mengenali gejala suatu penyakit sejak dini, agar kita dapat melakukan perawatan intensif sehingga tumor dapat segera teratasi sebelum menyebar.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung