Sponsors Link

10 Dampak Radang Tenggorokan Jangan Dianggap Remeh !

Sponsors Link

Streptococcus pyogenes adalah bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Radang tenggorokan adalah penyakit menular. Penularan biasanya akibat bersin akibat flu atau batu yang dialami oleh individu yang terjangkit radang tenggorokan mengenai individu lain.

ads

Penularan juga bisa terjadi saat bertukar peralatan minum dan makan. Oleh karena itu, seringkali orang tua melarang anak-anaknya untuk tidak membeli makanan di sembarang tempat , itu termasuk salah satunya cara mengatasi tenggorokan gatal.

Terutama jika tempat tersebut tidak terjamin kebersihan makanan dan minumannya. Hal ini akan sangat berbahaya mengingat makanan dan minuman adalah benda yang langsung masuk ke tubuh melalui mulut. Radang tenggorokan tidak hanya sekedar rasa sakit pada tenggorokan. Simak, dampak radang tenggorokan berikut ini.

  1. Panas Tinggi

Suhu tubuh normal manusia adalah 36,5 hingga 37,5. Namun saat mengalami radang tenggorokan, suhu badan penderita bisa mencapai lebih dari 38  hingga 40. Dimana hal ini bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan keringat terus mengucur, detak jantung yang cepat, kram otot, sakit kepala, hingga step, dan bahkan pingsan.  Flu juga dapat menyebabkan tubuh demam bersuhu tinggi dan sakit tenggorokan, namun ada cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu.

  1. Bercak Merah di Sekitar Amandel

Tidak semua sakit di amandel adalah radang tenggorokan. Tanda – tanda amandel kambuh  yang sering dialami adalah susah menelan. Salah satu yang memastikannya adalah timbulnya bercak merah. Bercak ini dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang kering, pedas, serpihan yang melekat pada tenggorokan.

  1. Pembekakan Amandel dan Kelenjar Limpa 

Pembengkakan amandel dan pemebesaran serta inlfamasi kelenjar limpa menyebabkan bengkak pada leher dan lidah penderita. Namun bila lebih parah lagi, pembekakan kelenjar limpa dapat menyebabkan sumbatan pada saluran napas sehingga penderita mengalami sesak nafas.

  1. Kaku Leher

Tenggorokan sakit yang disertasi dengan leher yang menjadi kaku adalah gejala dari meningitis, yaitu penyakit yang menyerang selaput otak dan tulang belakang. Untuk itu, kita harus mengetahui cara mengobati radang tenggorokan  supaya penderitaan kita cepat berakhir.

  1. Ruam

Yang dimaksud ruam adalah munculnya bercak – bercak merah pada kulit. Bercak tersebut juga bisa disebabkan tenggorokan panas. Jangan bersedih, banyak cara mengobati tenggorokan panas.

  1. Air Liur Berlebih

Tidak hanya karena keinginan tidak terpenuhi yang menyebabkan sering mengeluarkan air liur dengan jumlah banyak, penderita radang tenggorokan juga. Hal ini disebabkan karena sudah tidak bisa menahan air liur di mulut karena sudah terlalu sakit akibat radang.


  1. Suara Serak atau Hilang

Disebabkan karena saat radang, akan sangat sakit ketika terus mengeluarkan suara atau bahkan suara tidak bisa keluar akibat pembengkakan. Kita harus memperhatikan pembengkakan tersebut, bisa jadi itu termasuk ciri-ciri amandel kronis atau ciri-ciri infeksi tenggorokan.

  1. Penurunan Nafsu Makan

Hilang atau menurunnya nafsu makan juga termasuk salah satu dampak radang tenggorokan. Saat radang tenggorokan, makan terasa tidak enak. Akibatnya tidak nafsu makan dan tubuh kehilangan banyak tenaga sehingga lemas pun tidak terhindarkan. Ada makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan, sehingga tubuh kita tidak lemas, karena efek lemas pun beragam, mulai dari konsentrasi hilang, bahkan pingsan.


  1. Indikasi Berbagai Penyakit

Radang tenggorokan tidak hanya menyerang tenggorokan saja. Radang tenggorokan merupakan gejala dari berbagi penyakit yang tergolong parah seperti penyakit kuning, campak, sinusitis, bronchitis, radang ginjal, dan klep jantung yang rusak.

  1. Laryngopharyngeal reflux (LPR)

LPR adalah keadaan dimana isi lambung, asam lambung naik ke faring dan laring / tenggorokan.

Sebenarnya, tidak ada dampak radang tenggorokan yang tidak berarti. Semuanya adalah hal yang mengganggu tubuh dan membuat tubuh tidak nyaman. Oleh karena itu, radang tenggorokan harus segera disembuhkan dengan cara mencegah radang tenggorokan.

, , , ,
Oleh :