Sponsors Link

9 Faktor Penyebab Amandel yang Harus Dicegah Sejak Dini

Sponsors Link

Penyakit anak yang tidak boleh dibiarkan adalah radang amandel. Karena selain bisa menimbulkan rasa sakit di area tenggorokan, nafsu makan anak juga berkurang, sehingga anak bisa mengalami masalah dengan gizi. Akibatnya, berbagai penyakit berbahaya siap menyerang termasuk penyakit akibat dampak hidung terbentur. Semua narasinya kami rangkum dalam beberapa faktor penyebab amandel yang berbahaya bagi anak.

ads

Sampai saat ini, pengobatan radang amandel sudah dilakukan. Sedangkan yang paling lazim adalah pengobatan dengan operasi. Mengobati penyakit ini akan lebih maksimal jika diketahui asal penyebabnya. Bukan itu saja, dengan mengetahui penyebab amandel, pencegahan sejak dini juga bisa dilakukan.

Maka dari itu pada artikel berikut ini kami list faktor penyebab amandel yang harus anda waspadai. Sebuah rilis gangguan yang tidak bisa dianggap remeh dan harus segera diberikan makanan untuk penderita radang tenggorokan.

Faktor Penyebab Amandel

  1. Infeksi Bakteri

Amandel juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri yang dimaksud bernama streptococcus. Sebuah bakteri golongan inflames yang memang pekerjaannya adalah melakukan serangan pada pembelahan sel sehingga sel menjadi rusak dan pembengkakan organ pun terjadi.

Penyebab ini tergolong yang paling sering terjadi. Jika tidak terlalu parah, biasanya diobati dengan obat anti bakteri dan dilakukan cara mencegah tuli konduktif, penyebab sudah hilang dengan sendirinya.

  1. Virus Herpes

Virus herpes merupakan mikroba penyebab gangguan pada kelenjar lunak termasuk amandel. Jika virus ini menyerang, maka postur organ menjadi bengkak akibat tidak lancarnya sirkulasi darah di dalamnya. Inilah alasan pembengkakan disebut juga dengan istilah darah beku.

Gejala amandel akibat virus herpes biasanya berupa warna amandel merah menyala. Bahkan ada kasus di mana amandel sampai menimbulkan borok yang berisi darah dan nanah yang tidak bisa dihilangkan dengan pengobatan kanker laring.

  1. Makanan Tidak Steril

Amandel merupakan ciri-ciri kanker pita suara yang sebagian besar menyerang anak-anak. Hal ini disebabkan oleh kesukaan mereka makan makanan yang tidak sehat. Akibatnya sisa makanan yang menempel pada amandel menjadi racun tertentu yang merusak permukaannya. Jika tidak terjadi infeksi amandel, paling tidak amandel akan mengalami pembengkakan yang disebut radang amandel.

Maka dari itu, senantiasa awasi pola makan anak anda di luar rumah. Jangan sampai makanan yang mereka konsumsi jauh dari kata sehat. Ini semata untuk kesehatan tubuhnya termasuk kesehatan amandel yang dia punya.


  1. Kekurangan Cairan

Tubuh manusia sebagian besar adalah cairan. Mineral ini membantu fungsi metabolisme tubuh. Jika mineral ini tidak mumpuni, tentu metabolisme menjadi terhambat. Akibatnya berbagai macam gangguan akibat pengeringan terjadi pada organ.

Tanpa aliran mineral yang cukup, amandel akan mengalami pengeringan ekstrem, sehingga berbagai sisa makanan yang menempel padanya akan mudah dihinggapi bakteri. Ini yang menjadikan amandel meradang bahkan menjadi penyebab gendang telinga bengkak parah.

  1. Asap Rokok

Faktor penyebab amandel selanjutnya adalah asap rokok. Anak kecil memang tidak merokok akan tetapi kalau orang tuanya perokok, maka risiko anak mengalami radang amandel sangat besar. Karena asap yang terhirup oleh sang anak akan menempel pada amandel dan sebagiannya lagi masuk ke dalam tubuh.

Jika peristiwa ini terus berlanjut, tentu penumpukan asap di amandel membuatnya tidak bisa berfungsi secara maksimal. Mineral menjadi kering dan sel tidak bisa bekerja dengan baik. Sehingga virus menyerang amandel secara membabi buta.

  1. Batuk Kronis

Batuk merupakan aktivitas untuk mengeluarkan senyawa asing dari dalam tubuh. Jika aktivitas batuk tidak disertai dengan minum air yang rutin, benda-benda asing yang naik ke tenggorokan akan menempel di dalamnya sehingga batuk semakin kuat.

Jika diobati dengan cara menjaga kesehatan telinga secara alami yang benar, tumpukan kotoran tersebut akan dikeluarkan bersama dahak. Namun sisanya terkadang masih menempel pada amandel. Ini yang beresiko dimanfaatkan oleh bakteri untuk melakukan serangan.

  1. Asam Lambung

Penyebab radang amandel yang ketujuh adalah dilanggarnya pantangan makanan radang tenggorokan penyebab terjadinya asam lambung berlebihan sehingga senyawa ini naik ke permukaan melumeri amandel dengan zat asam. Perlu diingat zat asam merupakan satu tempat paling disukai oleh bakteri. Jika zat asam ini bertumpuk pada amandel tanpa diberikan obat tradisional telinga tersumbat, tentu bakteri juga ikut di dalamnya sehingga berbagai gangguan peradangan bisa menyerang amandel.

  1. Udara

Amandel bisa ditularkan dari udara. Biasanya penyakit ini ditularkan oleh orang yang mengalami radang amandel lalu batuk tanpa menutup mulut. Akibatnya, berbagai bakteri menyeruak di udara berpindah pada anak yang imunnya lebih rendah. Jika si anak menghirup udara yang sudah tercemar virus tersebut, maka dia pun akan mengalaminya manakala gejala yang muncul tidak segera dilakukan pencegahan.

  1. Gonta Ganti Alat Makan Dan Minum.

Penyakit amandel juga disebabkan oleh kebiasaan buruk gonta ganti alat makan dan minum. Jika kebersihan alat tersebut tidak steril maka ludah yang menempel di permukaannya bisa menjadi alat penularan virus penyebab radang amandel. Maka dari itu, hentikan kebiasaan gonta ganti alat makan atau dengan mencucinya sebersih mungkin pasca digunakan.

Itulah beberapa faktor penyebab amandel yang harus diwaspadai oleh para orang tua dan segera dilakukan semua cara mencegah tuli saraf jika gejala penyakit sudah bermunculan. Jangan sampai penyebab diatas menyerang anak anda sehingga amandel yang dia punya bermasalah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Amandel