Sponsors Link

7 Fungsi Gendang Telinga Pada Manusia Paling Menakjubkan

Sponsors Link

Gendang telinga merupakan selaput tipis yang menjadi pemisah dari beberapa bagian telinga luar dengan telinga dalam. Gendang telinga terbagi menjadi 2 bagian yakni pars tensa serta pars flaksida. Meski gendang telinga hanya merupakan selaput tipis yang ada di dalam telinga, namun ada banyak fungsi gendang telinga pada manusia yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui. Lapisan tipis ini merupakan jaringan melingkar yang menjadi tanda antara telinga tengah dengan telinga luar dengan ketebalan 0.1 mm, berdiameter antara 8 hingga 10 mm serta memiliki masa berat sekitar 14 mg. Membran timpani atau gendang telinga yang fleksibel ini tetap sulit untuk dikenali karena menyatu dengan bagian telinga lainnya dan akan mengganggu fungsi daun telinga seperti gejala tinnitus jika mengalami masalah. Untuk lebih jelas tentang fungsi dari gendang telinga, silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

ads
  1. Membantu Pendengaran Manusia

Fungsi gendang telinga pada manusia yang pertama adalah membantu pendengaran manusia. Pada saat gelombang suara masuk ke dalam telinga maka akan diterima gendang telinga dan membran tersebut akan bergetar kemudian mentransmisikan getaran menuju ke dalam yakni bagian tulang telinga tengah. Jika seseorang mengalami masalah seperti gendang telinga pecah maka timbul masalah kesulitan mendengar dan menjadi salah satu penyebab telinga sakit.

  1. Memperjelas Suara

Kegunaan dari gendang telinga selanjutnya adalah untuk memperjelas suara yang melewati serangkaian lapisan seluler. Gendang telinga yang berukuran mikro ini merupakan membran tipis yang berada di antara kanal pendengaran eksterior dan telinga tengah sehingga kegunaan dari gendang telinga ini adalah untuk memperjelas suara yang diterima dari bagian luar telinga dan nantinya akan diteruskan ke otak dan jika terganggu maka akan timbul macam macam penyakit telinga.

  1. Menghasilkan Getaran Khusus

Fungsi gendang telinga pada manusia berikutnya adalah sebagai penghantar getaran khusus pada saat gelombang suara menyentuh gendang telinga sehingga setiap manusia bisa mendengar getaran tersebut. Gelombang suara akan bergerak lewat saluran telinga kemudian menyentuh gendang telinga sehingga gendang telinga menjadi bergetar. Getaran ini nantinya akan memicu ossicles untuk kemudian masuk ke bagian telinga tengah dan diteruskan menuju koklea di bagian telinga dalam. Apabila area kepala mengalami benturan keras, maka bisa menyebabkan gendang telinga robek dan menjadi penyebab telinga berdarah.

  1. Mengubah Gelombang Mekanik

Fungsi selanjutnya dari gendang telinga adalah untuk menyampaikan gelombang suara yang diterima gendang telinga dari bagian luar telinga. Nantinya gelombang suara yang diterima tersebut akan diubah oleh gendang telinga menjadi gelombang mekanik.

  1. Menghantarkan Gelombang Suara ke Ossicles

Fungsi gendang telinga pada manusia selanjutnya juga berperan sebagai pengambil gelombang suara sampai fragmen tulang yang berada di telinga bagian tengah dimana semua jaringan tulang ini disebut dengan ossicles.


  1. Memperjelas Suara di Lapisan Seluler

Gendang telinga yang terdiri dari 3 lapisan ini juga berfungsi untuk memperjelas suara yang nantinya akan di terima lapisan seluler yang kemudian akan diteruskan menuju otak sehingga dihasilkan berbagai jenis suara dari mulai nada tinggi, rendah dan bertempo lambat ataupun cepat. Apabila terjadi masalah di bagian telinga kanan, maka bisa menjadi penyebab telinga berdenging sebelah kanan dan bisa berujung dengan tuli permanen.

  1. Sebagai keseimbangan Tubuh

Gendang telinga yang berukuran kecil dan tipis ini ternyata juga sangat vital kegunaannya yakni untuk menyeimbangkan tubuh. Saat terjadi masalah atau kerusakan pada gendang telinga atau membran timpani, maka menyebabkan genangan cairan berwarna putih atau kuning dan juga darah serta kotoran menumpuk di bagian gendang telinga belakang dan menjadi penyebab telinga berdengung. Jika tidak segera dibersihkan, cairan yang menumpuk ini akan bertambah dan akhirnya mengganggu keseimbangan tubuh sehingga manusia tidak bisa berjalan secara lurus, berjalan zig zag atau bahkan mudah terjatuh tanpa sebab yang jelas.

Mengingat betapa pentingnya fungsi gendang telinga pada manusia, maka sudah seharusnya kita menjaga kesehatan gendang telinga dengan tidak membersihkan secara sembarangan, meminimalisir benturan di area kepala, tidak mendengarkan suara terlalu keras dalam waktu lama dan berbagai hal buruk yang bisa merusak gendang telinga.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi