Sponsors Link

8 Fungsi Selaput Gendang Telinga yang Mengesankan

Sponsors Link

Gendang telinga, membran timpani, eardrum atau tympanic membrane merupakan selaput atau membran yang letaknya ada di antara telinga bagian luar dan telinga bagian tengah. Gendang telinga ini memiliki bentuk seperti selaput dan gendang sehingga disebut gendang telinga. Fungsi selaput gendang telinga ini sangatlah vital khususnya untuk proses mendengar. Selaput ini akan meneruskan impuls ke tulang tulang pendengaran berikutnya yang kemudian akan di kirim ke saraf pendengaran. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang fungsi selaput gendang telinga bisa anda lihat dalam ulasan berikut ini.

ads
  1. Menghantarkan Getaran Suara

Fungsi selaput gendang telinga yang pertama adalah untuk menghantarkan getaran suara. Getaran membran timpani dibagi menjadi 3 yakni sentral, intermidiet dan juga perifer. Saat proses getaran sedang terjadi, maka zona sentral akan bergerak maju dan mundur seperti piston dengan bentuk kerucut. Zona perifer akan bergerak seperti engsel di pertemuan anulus timpanikus. Zona intermidiet kemudian akan bergetar dengan amplitude terbesar dibandingkan 2 zona lainnya yang kemudian akan menghantarkan getaran suara ke otak. Saat ini terganggu, maka macam macam penyakit telinga bisa terjadi.

  1. Melindungi Telinga Bagian Tengah

Fungsi selaput gendang telinga adalah melindungi telinga bagian tengah dari liang telinga luar dan juga melindungi mastoid untuk mencegah refluks sekresi yang tidak diinginkan dari nasofaring lewat tuba eustachius yang bisa menjadi penyebab telinga berdengung.

  1. Menghantarkan Getaran ke Koklea

Pada selaput gendang telinga terdapat beberapa tulang pendengaran yang berguna untuk menghantarkan getaran dari membran timpani menuju koklea. Membran timpani yang melekat pada anulus timpanikus akan meneruskan getaran suara yang di terima ke bagian tengah yang kemudian akan diterima prosesus longus maleus. Setelah itu, catenary lever akan menguatkan energi suara tersebut sebanyak 2 kali lipat saat sampai di maleus yang jika mengalami gangguan maka bisa menimbulkan penyebab telinga berdarah.

  1. Mengumpulkan Suara

Sesudah gelombang suara ditangkap oleh fungsi daun telinga yang dihasilkan dari berbagai sumber bunyi, nantinya gelombang suara tersebut akan dialurkan ke telinga bagian tengah lewat saluran auditory. Dari saluran auditory tersebut, gelombang suara yang didapat dari luar akan dikumpulkan oleh gendang telinga yang nantinya akan dialirkan kembali agar bisa di proses dalam otal.

  1. Memantulkan Suara

Pada saat gelombang suara menyentuh daun telinga, maka gelombang suara tersebut akan dipantulkan kembali  dan diarahkan ke telinga bagian dalam yang nantinya akan diterima selaput gendang telinga. Selaput gendang telinga ini akan menjalankan fungsinya untuk memantulkan suara yang di dapat menuju saluran penghubung ke beberapa bagian lainnya.


  1. Memperbesar Suara

Fungsi selaput gendang telinga adalah untuk memperbesar suara atau amplifikasi  dimana selaput gendang telinga bisa memperbesar desible [db] gelombang suara yang berasal dari sumber bunyi. Ini menjadi sangat penting dalam proses pendengaran sehingga manusia bisa mendengar berbagai macam bunyi bunyian yang berasal dari luar sehingga cara menjaga kesehatan telinga secara alami harus dilakukan sedini mungkin untuk menjaga kesehatan telinga.

  1. Mengatur Tekanan Udara

Selaput gendang telinga juga memiliki fungsi lain yakni mengatur tekanan udara. Saluran eustachius yang menjadi penghubung antara telinga dan rongga hidung serta tenggorokan akan menghantarkan dan mengatur tekanan udara di selaput gendang telinga penyebab telinga berdengung untuk menurunkan tekanan yang terjadi dengan cara membuang kelebihan tekanan ke luar tubuh yang nantinya akan dialirkan lewat rongga hidung dan juga tenggorokan.

  1. Mengubah Getaran

Selaput gendang telinga juga memiliki tugas untuk mengubah getaran menjadi impuls saraf yang nantinya akan diteruskan ke bagian pusat pendengaran pada otak. Koklea atau rumah siput adalah penyusun di telinga bagian dalam dengan bentuk yang memang serupa cangkang siput. Koklea dan selaput gendang telinga nantinya akan bekerja sama sebab dalam rumah siput terdapat fonoreseptor yakni sel reseptor peka terhadap gelombang suara yang harus selalu dijaga kesehatannya supaya faktor penyebab sinusitis juga bisa dicegah.

Fungsi selaput gendang telinga bagi manusia cukup banyak khususnya dalam masalah pendengaran. Jika selaput gendang telinga ini mengalami masalah seperti robek atau bocor, maka fungsi daun telinga akan terganggu sehingga kesulitan untuk mendengar. Hindari kebiasaan buruk pada telinga agar selaput gendang telinga ini bisa tetap terjaga dengan baik.

, , , , ,