Sponsors Link

19 Gejala Amandel Membesar secara Tiba-tiba

Sponsors Link

Amandel yang mulai membesar atau biasa kita kenal peradangan amandel, adalah kondisi di mana amandel mengalami radang atau infeksi. Itu sebabnya, berikut gejala-gejala yang menunjukkan amandel anda membesar:

ads
  1. Radang tenggorokan
  2. Kesulitan atau sakit saat menelan
  3. Suara yang serak
  4. Batuk
  5. Napas bau
  6. Kehilangan nafsu makan
  7. Sakit kepala
  8. Leher kaku
  9. Nyeri pada rahang dan leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening
  10. Amandel yang tampak berwarna merah dan bengkak
  11. Amandel yang memiliki bercak putih atau kuning
  12. Kesulitan membuka mulut
  13. Mudah lelah
  14. Demam
  15. Lemas
  16. Sakit kepala
  17. Benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening
  18. Nyeri telinga
  19. Sakit perut

Jika peradangan amandel di sebabkan oleh infeksi virus, gejala-gejala yang muncul di jilai lebih ringan dari infeksi bakteri, dan sering di sertai gejala batuk dan pilek. Anda juga bisa lihat tanda-tanda amandel yang wajib diperhatikan yang bermanfaat juga untuk kita.

Sebagian besar kasus peradangan amandel atau amandel yang membengkak bisa sembuh dalam waktu satu minggu. Dan jarang sekali berlanjut menjadi kondisi yang serius. Itu sebabnya, yang bisa di lakukan adalah:

  • Minum banyak air putih
  • Istirahat yang cukup
  • Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari
  • Mengonsumsi pelega tenggorokan
  • Gunakan humidifier untuk melembabkan udara di ruangan
  • Hindari tempat-tempat yang banyak asap, debu, dan polusi.

Gejala-gejala yang paling awal atau paling sering di alami adalah, demam, timbulnya rasa sakit pada tenggorokan dan rasa sakit saat menelan, serta warnanya yang memerah. Amandel yang bengkak ini dapat terjadi karena di sebabkan oleh virus, ataupun bakteri.

Anda juga bisa lihat cara mengobati amandel tanpa operasi paling aman dan cepat sembuh yang bermanfaat juga untuk anda. Virus yang menyebabkan peradangan pada amandel adalah virus yang sama dengan virus yang menyebabkan batuk dan flu.


Itu sebabnya, radang amandel adalah peradangan yang terjadi pada kelenjar tonsil, yaitu salah satu kelenjar yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh untuk menangkap dan membunuh kuman pada saluran pernapasan. Penyebab umunya adalah infeksi virus dan selebihnya di sebabkan karena bakteri.

Beberapa infeksi virus yang sering menyebabkan amandel membengkak seperti influenza, coronavirus, adenovirus, Epstein-Barr virus, dan herpes simplex virus. Namun, kondisi ini juga bisa di sebabkan, oleh banyak virus lainnya. Dan yang perlu di ingat juga adalah, bahwa radang amandel, atau amandel yang membengkak ini, bisa terjadi di saat daya tahan tubuh yang benar-benar lemah, dan dengan mudahnya terkena virus atau bakteri yang menyerang.

Anda bisa lihat juga bahaya amandel yang menyakitkan bagi anak yang ada hubungannya juga. Radang amandel ini pun terjadi karena adanya infeksi pada amandel. Hal inilah yang menyebabkan sakit pada tenggorokan.

Bahkan saat anda mengalami infeksi atau radang pada amandel, anda bisa mengalami demam juga. Terkena radang amandel ini karena adanya pembengkakan pada tonsil atau amandel karena adanya kuman penyakit.

Amandel sendiri memiliki fungsi untuk mendukung sistem imun pada tubuhmu. Akan tetapi, saat sistem imun tubuh mulai turun, biasanya gejala amandel ini pun akan muncul. Anda juga bisa lihat faktor penyebab amandel yang harus dicegah sejak dini yang bisa bermanfaat juga bagi anda.

Gejala amandel ini pun sebenarnya cukup umum untuk di alami banyak orang. Itu sebabnya, jika anda tidak mau mengalami radang atau membengkak nya amandel anda, yang pertama perlu anda lakukan adalah dengan menjaga imun tubuh anda, dengan baik agar terhindar dari segala penyakit.

, , ,
Oleh :
Kategori : Amandel