Sponsors Link

Identifikasi dan Kenali 8 Gejala Kanker Laring yang Mengerikan ini

Sponsors Link

Salah satu jenis kanker yang dapat terjadi pada area THT adalah kanker laring. Kanker ini dapat diidentifikasi dengan melihat berbagai gejala yang ditunjukkan. Ketika anda menderita kanker laring, anda akan mengalami gejala-gejala seperti berikut ini:

ads
  1. Suara berubah menjadi serak

Kanker pada laring akan mempengaruhi pita suara yang berada di dekatnya. Laring yang terinfeksi oleh sel-sel kanker akan menjadi membesar. Kanker laring juga akan membuat radang tenggorokan tidak sembuh. Laring yang membesar dan radang tenggorokan akan mempengaruhi proses produksi suara.

Suara penderita kanker laring akan lebih serak daripada biasanya. Anda dapat mendengar suara serak ini seperti pada penderita presbikusis. Suara akan terdengar kurang jelas dan parau.

Bahkan penderita dapat kesulitan berbicara karena rasa sakit yang disebabkan sel kanker. Ketika pita suara bergetar dan menyentuh laring dapat memicu reaksi bagian laring yang terinfeksi kanker. Hal inilah yang akan menimbulkan rasa sakit pada bagian laring.

  1. Batuk yang mengeluarkan darah

Sel kanker yang menginfeksi bagian laring dapat membuat laring menjadi bengkak atau luka. Sel kanker ini juga dapat memicu tenggorokan terasa gatal. Tubuh akan spontan batuk sebagai bentuk reaksi terhadap kerja sel kanker ini.

Batuk yang dikeluarkan ini akan bercampur dengan darah. Darah ini keluar dari bagian laring yang terkena sel kanker. Bagian ini menjadi sangat mudah terluka jika mengalami getaran atau guncangan. Guncangan batuk dapat membuat luka yang mengeluarkan darah.

Darah yang dikeluarkan mungkin tidak akan banyak. Namun, anda tetap harus waspada jika mengalami gejala seperti ini.

  1. Sakit pada bagian dalam telinga

Gejala kanker laring berikutnya yang akan anda rasakan adalah sakit pada bagian dalam telinga. Sebenarnya bagian yang akan terasa sakit adalah pangkal telinga. Bagian ini merupakan bagian yang berada dekat dengan laring. Laring yang bentuknya berubah karena sel kanker dapat mempengaruhi area ini.

Selain itu, sel-sel kanker di laring kemungkinan juga bisa menyebar ke daerah lainnya. Salah satunya adalah bagian dalam telinga.

Telinga anda hanya akan terasa sakit ketika menderita sel kanker. Jika sel kanker ini belum menjalar hingga ke telinga kemampuan mendengar anda tidak akan terpengaruh.

Jika kemampuan mendengar juga berkurang, maka anda wajib mewaspadai gejala ini.  Sel kanker laring dapat masuk ke bagian telinga dan membuat anda terkenal tuli kondusif, tuli sensorineural, tuli saraf, atau tuli campuran.


  1. Sakit pada tenggorokan

Kanker laring juga akan menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Ciri-ciri infeksi tenggorokan yang disebabkan kanker laring ialah rasa sakit yang muncul pada area tenggorokan.

Rasa sakit ini bisa jadi salah satu bentuk pertahanan bagian tenggorokan dari sel kanker laring. Selain itu, rasa sakit ini dapat juga diakibatkan bagian yang membengkak karena kanker laring mencapai bagian tenggorokan. Rasa sakit ini akan dirasakan sama seperti ciri-ciri amandel kronis. Anda dapat merasakan sakit ini ketika bernapas atau menelan.

  1. Berat badan turun drastis dalam waktu singkat

Sel kanker akan memakan banyak nutrisi dari tubuh anda. Selain itu, anda yang merasakan sakit pada bagian laring akan mengalami kesulitan menelan. Hal ini akan membuat makanan sulit masuk ke dalam tubuh anda.

Padahal, ketika mengalami penyakit kanker tubuh anda membutuhkan banyak asupan gizi. Gizi ini digunakan untuk melawan sel kanker yang tumbuh. Banyaknya kebutuhan gizi yang tidak sebanding dengan asupan gizi akan membuat tubuh anda cepat kurus. Anda bisa mengalami penurunan bobot tubuh secara drastis dalam waktu yang singkat. 

  1. Muncul benjolan atau bengkak pada leher

Gejala kanker laring berikutnya yang harus anda ketahui adalah munculnya benjolan atau bengkak pada bagian leher. Hal ini akan terasa di bagian leher tepat di bawah dagu atau di tempat pita suara berada. Sel kanker yang tumbuh dan sel laring yang melakukan perlawanan dapat membentuk benjolan.

Benjolan ini akan terasa sakit jika dipegang. Anda bisa merasakan benjolan ini dengan meraba bagian leher anda. Jika kankernya sudah parah benjolan ini bisa terlihat dengan jelas di leher anda. 


  1. Disfagia atau kesulitan menelan 

Laring yang terletak di pangkal tenggorokan juga berada dekat dengan kerongkongan. Laring yang membengkak dan terasa sakit sudah pasti menyulitkan banyak proses metabolisme tubuh. Salah satunya adalah proses pencernaan.

Kanker laring dapat membuat tenggorokan kering dan sakit untuk menelan. Rasa sakit ini muncul dari bagian laring yang membengkak. Rasa sakit ini tentu akan membuat makanan sulit masuk ke kerongkongan. Selain sakit, laring yang membengkak juga dapat menghalangi makanan untuk masuk ke saluran pencernaan.

  1. Mengalami kesulitan bernapas

Laring yang membengkak karena kanker juga akan menghalangi pertemuan area THT (telinga, hidung, tenggorokan). Area yang terletak antara hidung dan tenggorokan akan tertutup oleh laring yang membengkak.

Hal ini akan membuat anda kesulitan bernapas. Laring yang bengkak menghalangi masuknya udara dari hidung ke tenggorokan atau dari mulut ke tenggorokan.

Itulah beberapa gejala kanker laring yang umumnya dirasakan penderita kanker laring. Jika anda sudah mengalami beberapa gejala di atas, lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter THT. Akan lebih baik jika anda mendapatkan penanganan lebih cepat.

, , , ,