Sponsors Link

Kenali dan Waspadai 8 Gejala Kanker Nasofaring yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Kanker nasofaring menjadi salah satu penyakit yang saat ini banyak menyerang masyarakat Indonesia. Letak nasofaring yang tersembunyi membuat banyak orang masih tidak terlalu peduli dengan area ini. Sehingga, ketika bagian nasofaring terinfeksi kanker, kadang gejala yang ditimbulkan dianggap sebagai flu biasa.

ads

Jika sudah begini, pengobatan yang dilakukan tentu tidak maksimal. Sel kanker akan tumbuh semakin parah dan semakin membahayakan. Oleh karena itu, kini penting bagi anda untuk mengidentifikasi gejala kanker laring di tubuh anda sehingga anda dapat segera melakukan pengobatan ketika mengetahui penyakit ini. Berikut ini gejala-gejala kanker nasofaring yang perlu anda waspadai:

  1. Pembengkakan Pada Area Leher

Ketika anda mengalami masalah, penyakit, dan kelainan pada area leher, anda mungkin akan mengalami pembengkakan pada area tersebut. Misalnya, pembengkakan pada area leher menjadi salah satu ciri-ciri terkena kanker tenggorokan.

Ketika anda mengalami kanker nasofaring, maka area leher anda juga bisa mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini dikarenakan sel kanker nasofaring menginfeksi kelenjar getah bening yang ada banyak di area nasofaring. Kelenjar getah bening yang terinfeksi kanker ini akan menyebar dengan cepat di bagian leher. Penelitian membuktikan bahwa 60-80 pasien kanker nasofaring mengalami penyebaran sel kanker di kelenjar getah bening yang ada di leher.

  1. Mimisan Dalam Waktu Lama

Anda perlu mewaspadai jika mengalami mimisan yang tidak berhenti dalam waktu lama. Misalnya, anda mengalami mimisan selama satu bulan. Mimisan ini memang tidak mengeluarkan banyak darah, namun terjadi dalam waktu yang berdekatan. Mimisan menjadi salah satu gejala yang paling sering ditemui pada penderita kanker nasofaring.

  1. Darah Pada Dahak dan Air Liur

Kanker nasofaring juga akan memunculkan gejala lainnya, yaitu darah yang ditemukan pada dahak dan air liur atau saliva. Darah ini bisa muncul karena adanya luka pada bagian nasofaring anda. Pertumbuhan sel kanker akan membuat area nasofaring menjadi mudah terluka.

Bila anda batuk sedikit saja, bagian ini akan terguncang dan terluka. Akan tetapi, ini merupakan gejala yang sangat umum kanker nasofaring dan penyakit lainnya. Anda perlu memeriksakannya lebih lanjut jika mengalami gejala ini. Darah di dahak atau air liur juga menjadi gejala kanker laring.

  1. Hidung Tersumbat

Gejala kanker nasofaring yang juga dirasakan banyak pasien kanker nasofaring adalah hidung yang tersumbat. Pertumbuhan sel kanker nasofaring akan membuat ukuran tumor semakin besar. Nasofaring yang terletak di pangkal rongga hidung akan menghambat jalur udara masuk dari hidung.

Inilah yang akan membuat anda merasakan ada sumbatan di dalam hidung. Sebenarnya, selain kanker nasofaring, hidung tersumbat juga dapat menjadi gejala polip dan ciri-ciri sinusitis parah.


  1. Pendengaran Berkurang

Anda umumnya akan mengalami masalah pada pendengaran ketika ada masalah pada telinga anda. Beberapa penyakit dan kelainan di telinga, seperti tuli konduktif dapat menyebabkan anda kesulitan mendengar. Akan tetapi, selain penyakit pada telinga anda juga akan mengalami gangguan pendengaran ketika mengidap kanker nasofaring. Pertumbuhan tumor di bagian nasofaring akan membuat pendengaran menjadi berkurang.

Hal ini karena rongga hidung (nasofaring) dan daerah telinga dalam berada pada daerah yang berdekatan. Ada suatu saluran yang menghubungkannya langsung. Tumor kanker dapat menyumbat saluran ini. Hal ini akan membuat hidung tersumbat dan dalam waktu bersamaan juga akan menyumbat telinga. Proses pemrosesan suara yang masuk akan menjadi terganggu dengan adanya sumbatan ini.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala dapat menjadi gejala dari penyakit yang terjadi pada organ yang ada di kepala, seperti Otosclerosis. Sakit kepala juga bisa menjadi ciri-ciri terkena sinusitis atau penyakit lainnya. Termasuk menjadi gejala kanker nasofaring. Bagaimana sakit kepala bisa mengidentifikasikan kanker nasofaring?

Sel kanker nasofaring akan membuat tumor kanker tumbuh semakin membesar. Karena nasofaring berada di area kepala, maka tumor kanker nasofaring sudah pasti akan menekan area kepala ketika tumbuh semakin besar. Tekanan ini akan membuat anda merasakan sakit kepala.


  1. Mudah Mengalami Kelelahan

Pertumbuhan sel kanker di area nasofaring akan membuat proses metabolisme di dalam tubuh anda menjadi terganggu. Anda akan sangat mudah mengalami kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Kelelahan seperti ini juga akan anda rasakan ketika anda mengalami sinusitis.

Karena gejala sinusitis dan kanker nasofaring hampir sama, maka jika mudah mengalami kelelahan dan gejala lainnya, anda sebaiknya langsung memeriksakan kesehatan anda ke dokter. Anda bisa mendapatkan perawatan sesuai dengan masalah yang anda hadapai.

  1. Perubahan Pada Suara

Nasofaring yang terletak di bagian hidung tentu berdekatan dengan pita suara. Hal ini akan membuat proses peroduksi suara menjadi terganggu ketika nasofaring mengalami masalah. Anda akan merasakan suara anda parau, serak, dan tidak jelas seperti seseorang yang terkena flu.

Ketika anda mengalami perubahan pada suara dan diikuti gejala kanker nasofaring yang lainnya, ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan. Hal ini akan memastikan penyebab suara anda berubah. Karena selain kanker nasofaring, penyakit seperti presbikusis dan kanker laring juga dapat menyebabkan perubahan pada suara anda.

Itulah 8 gejala kanker nasofaring yang mudah diidentifikasi. Segera setelah anda menemukan gejala penyakit ini di tubuh anda, anda harus mendatangi dokter. Pastikan anda mendapartkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyakit yang anda derita.

, , , ,